Do’s & Don’ts dalam Keuangan Pribadi

Agar memiliki kondisi keuangan yang sehat bukan berarti kamu hanya perlu mencari penghasilan yang tinggi. Setelah mendapatkan pemasukan, masih banyak hal-hal lain yang perlu kamu lakukan agar keuangan pribadi kamu tetap stabil. Mau hidup nyaman dan pikiran tenang? Berikut adalah 7 Do’s & Don’ts dalam mengelola keuangan pribadimu:

DO’s

Do’s & Don’ts dalam Keuangan Pribadi
Do’s

1.      Bayar dirimu sendiri

Ketika mendapatkan pemasukan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membayar dirimu sendiri. Dengan begitu kamu akan belajar bagaimana kamu menghargai semua waktu dan usaha yang kamu keluarkan dalam bekerja.

2.      Hemat

Kamu bisa memilih gaya hidup apapun yang kamu mau. Namun gaya hidup yang paling disarankan adalah gaya hidup yang enggak melebihi kemampuan atau pendapatanmu.

3.      Investasi

Jangan cuma menabung, tapi investasikanlah uangmu. Bisa dalam bentuk saham, bisnis, deposito dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menginvestasikan uangmu pada dirimu sendiri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang karirmu.

4.      Membuat anggaran yang efektif

Jika selama ini kamu belum pernah membuat anggaran, maka buatlah anggaran yang efektif. Dengan begitu kamu akan mengetahui peruntukan uangmu dan bagaimana kamu menggunakannya.

5.      Beli kebutuhan, jual yang tidak dibutuhkan

Belilah segala sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Jika semua kebutuhan kamu terpenuhi maka kamu akan menghemat uangmu. Jika ada barang-barang yang enggak digunakan, sebaiknya kamu jual agar enggak menumpuk.

6.      Gunakan kartu kredit dengan bijak

Gunakan kartu kredit hanya untuk pembelian besar saja. Dengan begitu kamu enggak akan keteteran melakukan pembukuan dan bisa mengambil keuntungan dari pembayaran cicilan. Kalaupun kamu ingin menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran sehari-hari, hanya lakukan jika menguntungkan karena ada diskon atau promo.

7.      Siapkan dana darurat

Selalu sisihkan dana untuk membuat dana darurat. Pos ini akan sangat berguna pada saat kamu memerlukan uang untuk kebutuhan yang harus kamu keluarkan secara mendadak. Sama halnya seperti ketika banmu bocor di jalan, kamu sudah punya ban cadangan di bagasi.

 

DON’Ts

Do’s & Don’ts dalam Keuangan Pribadi
Don’ts

1.      Menunda-nunda menabung

Jika kamu menghabiskan uangmu sekarang dan menunda-nunda untuk menabung, berarti kamu belum tahu caranya mengelola keuangan. Kamu enggak akan tahu apa yang terjadi di masa depan. Dengan menabung maka kamu bertanggung jawab akan masa depanmu.

2.      Membeli sesuatu tanpa perencanaan

Berbelanja tanpa membuat perencanaan adalah seperti menghambur-hamburkan uang tanpa jejak. Buatlah daftar barang yang kamu butuhkan dan belanjakan sesuai daftar tersebut.

3.      Hobi mampir di mini market

Apakah kamu hobi mengunjungi  mini market atau supermarket? Kamu harus hati-hati akan hobimu yang satu ini. Bisa-bisa perilaku ini dapat menyebabkan kantongmu bolong dengan pengeluaran Latte­mu.

4.      Berhutang

Jika kamu membutuhkan suatu barang, pertimbangkan kembali sebelum membelinya. Apakah kamu membutuhkannya atau hanya menginginkannya? Apakah danamu cukup atau enggak untuk membeli barang tersebut?

Hindari berhutang. Dengan berhutang maka kamu mempunyai komitmen untuk melunasinya. Pertimbangkan kembali bunga atau denda yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan kartu kredit.

5.      Melakukan pembelian besar diluar kemampuan

Jika kamu sedang membutuhkan kendaraan atau rumah, ukurlah kemampuanmu untuk membelinya. Dengan membeli aset yang tergolong mahal ini, maka pengeluaran yang wajib kamu sisihkan akan berdampak sangat signifikan terhadap pendapatanmu. Buatlah sebuah anggaran yang masuk akal dan sesuai dengan kemampuanmu.

6.      Terlalu mementingkan pekerjaan

Bekerja dengan tekun sangat bagus untuk kelangsungan karirmu. Namun apabila selalu bekerja dengan enggak mengindahkan hal-hal lain seperti keluarga, bahkan kesehatan diri sendiri, dampaknya akan jelek pada hidupmu dan tentu saja keuanganmu.

Bekerja untuk mendapatkan uang yang banyak sah-sah saja. Namun buat apa uang yang banyak jika kamu hanya akan menghabiskannya untuk berobat? Luangkanlah waktu dan dana untuk diri sendiri serta orang-orang terkasihmu.

7.      Hidup sederhana tapi murahan

Hidup sederhana selain sehat di kantong juga sehat di tubuh dan pikiran. Namun jangan pikir bahwa hidup sederhana itu harus murah. Hidup sederhana adalah hidup yang enggak berlebihan dan semua kebutuhan terpenuhi. Contohnya, jika kamu membutuhkan kendaraan, kamu bisa membeli mobil bekas yang masih bisa digunakan dibandingkan dengan membeli mobil baru yang harganya sangat mahal.

Nah, tadi adalah Do’s & Don’ts dalam mengelola keuangan pribadimu. Dari daftar tersebut, mana Do’s & Don’ts yang kamu lakukan?


 

Leave a Reply