5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Bersolo Karir

Sedang berpikir untuk keluar dari kerjaan di kantormu sekarang? Yakin sudah mantap untuk bersolo karir di luar dengan menjadi entrepreneur? Ini sebenarnya langkah yang bagus, tapi harus kamu pahami juga beberapa poin berikut sebelum memutuskan bersolo karir.

1. Seberapa Kuat Mimpi yang Mau Dikejar

Pikirkan lagi dalam-dalam mimpimu yang mau dikejar ketika bersolo karir via pixabay.com

Setiap orang punya mimpi. Selama masih hidup, harapan untuk mewujudkan mimpi itu akan selalu ada. Mungkin kamu tengah dirundung galau apakah akan mengejar mimpi membuka usaha sendiri dan meninggalkan posisi nyamanmu sebagai karyawan kantoran.

Pastinya hal ini sangat mengganggu pikiranmu. Jadi pastikan dulu seberapa kuat mimpimu saat ini yang mau dikejar. Jika mimpi bertahun-tahun lamanya itu semakin membuncah, silakan ambil langkah untuk membuat surat resign dari pekerjaan sekarang.

2. Cukupkah Modal dan Tabungan untuk Mewujudkannya?

Hitung dulu berapa tabunganmu? Apakah cukup untuk memulai bisnis dan bersolo karir? via pixabay.com

Mimpi saja tidak cukup jika kamu tidak memikirkan modal dan tabunganmu untuk mewujudkannya. Sebelum kamu benar-benar keluar dan memutuskan bersolo karir, cek dulu berapa modal yang kamu butuhkan untuk membangun usaha sendiri, dan bagaimana kondisi tabunganmu untuk minimal satu tahun ke depan setelah resign!

3. Persiapkan Plan B Jika Bisnis A Gagal

Sudahkah kamu pikirkan plan b? via pixabay.com

Plan B harus selalu ada dalam hidup ini. Begitupun ketika kamu memutuskan untuk keluar dari kantor dan memilih bersolo karir. Katakanlah mimpimu membangun bisnis usaha rental mobil, tapi ternyata untuk saat ini resikonya masih terlalu besar.

Sebaiknya kamu pikirkan juga rencana kedua, apakah tetap pada bisnis rental mobil tapi dengan meminjam modal di bank atau mengontak beberapa kawan yang bisa dijadikan penyumbang saham atau tidak.

4. Belajar dari Ahlinya

Kamu juga perlu belajar dari yang ahli via pixabay.com

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Ini juga yang harus kamu tanamkan baik-baik ketika mantap memutuskan bersolo karir. Carilah teman atau orang yang ahli di bidang bisnis yang mau kamu geluti dan raihlah sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman dia selama ini.

Kadang ada pengusaha yang tak mau berbagi ilmu karena takut tersaingi atau merasa kamu tidak selevel dengannya, tapi ada juga yang murah hati dengan membagikannya. Jika kamu masih kesulitan mendapatkan mentor, carilah di internet, buku, atau seminar yang akan mengulas tentang bisnis yang akan kamu geluti ketik bersolo karir.

5. Percayalah Kesungguhan Akan Berbuah Manis

Percayalah bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil via pixabay.com

Proses tidak akan mengkhianati hasil. Begitu kira-kira pepatah bijak berkata yang menunjukan pada kita selama masih mau berusaha, pasti dikasih jalan. Ini juga yang harus kamu pahami ketika memutuskan bersolo karir.

Percayalah apapun bisnis yang mau kamu geluti, selagi itu halal, aman, dan tidak merugikan orang lain, termasuk perhitungan yang mau kamu buat, pasti membuahkan hasil.

Jadi kapan mantap bersolo karir?


 

Leave a Reply