5 Alasan Kenapa Entrepreneur Harus Belajar Menulis

Industri kreatif adalah sesuatu yang enggak akan pernah habis dilibas teknologi. Pasalnya sampai saat ini enggak ada teknologi yang dapat menghasilkan kretifitas seperti halnya manusia. Menulis sebagai bagian dari industri kreatif yang paling dicari ternyata adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Selain sebagai alat komunikasi, menulis juga bisa memberikan dampak positif bagi mentalitas dan kreatifitas entrepreneur. Berikut adalah 5 alasan kenapa entrepreneur harus belajar menulis.

1.      Menulis Sebagai Terapi

Alasan Kenapa Entrepreneur Harus Belajar Menulis
Menulis sebagai terapi via pixabay.com

Banyak hal terjadi di awal pembentukan suatu usaha yang pasti akan menimbulkan stress dan bisa berdampak pada kesehatan seorang entrepreneur. Oleh karena itu, seorang entrepreneur dianjurkan untuk menulis jurnal setiap hari agar apa yang ada dalam pikiran dapat tertuang. Selain bisa melihat permasalahan yang dihadapi dengan lebih jelas, menulis juga merupakan terapi agar otak enggak lelah berkutat dengan pemikiran dan kecemasan.

2.      Menulis Mempertajam Otak

Alasan Kenapa Entrepreneur Harus Belajar Menulis
Brainstorming dapat dilakukan oleh entrepreneur dengan menulis via pixabay.com

Menulis dapat mempertajam otak karena selama proses menulis kita memproses apa yang ada di dalam perasaan untuk dituangkan ke dalam kata-kata. Dengan menulis, otak seseorang juga akan aktif untuk mengingat kejadian yang telah terjadi, sedang terjadi dan juga yang akan terjadi.

Proses ini akan mengasah ketajaman otak untuk berpikir dan tentu saja mempertajam insting bisnis seorang entrepreneur. Coba deh brainstorming dalam bentuk tulisan jika kamu adalah seorang entrepreneur yang mempunyai banyak ide di kepala.

3.      Menulis Meningkatkan Introspeksi

Alasan Kenapa Entrepreneur Harus Belajar Menulis
Menulis bisa menjadi alat untuk intropeksi diri dan juga hal lainnya via pixabay.com

Apabila seorang entrepreneur sedang mengalami hambatan dalam bisnisnya maka ia bisa membaca jurnal hariannya untuk mempelajari kesalahan. Ia akan belajar untuk memahami diri sendiri,  keadaan, lingkungan dan juga bisnis yang sedang dijalaninya. Dengan begitu ia siap untuk melangkah kembali untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan sebelumya.

4.      Menulis Dapat Memberikan Ide-ide

Alasan Kenapa Entrepreneur Harus Belajar Menulis
Berpikir, Berencana, dan Bertindak via pixabay.com

Ketika terlalu banyak ide di kepala, seorang entrepreneur dapat menuliskannya ke dalam bentuk perencanaan, daftar yang harus dilakukan, dan juga strategi baru. Dengan menulis maka semua ide akan keluar setahap demi setahap. Seperti misalnya ketika ia mempunyai ide pemasaran yang baru melalui media sosial, menyusun apa yang harus dilakukannya dan juga strategi apa yang harus disiapkan.

5.      Menulis Dapat Membersihkan Pikiran

Alasan Kenapa Entrepreneur Harus Belajar Menulis
Menulisa dapat membersihkan dan juga membuka pikiran via pixabay.com

Menulis dapat membersihkan pikiran yang tertumpuk sehingga menghambat kita untuk mengingat hal-hal penting dan menyerap hal-hal baru. Sehingga terkadang seorang entrepreneur melupakan ide yang telah dipikirkan sebelumnya atau proyek penting yang bernilai tinggi. Padahal siapa tahu hal tersebut dapat meraih kesuksesan besar.

Apakah kamu suka menulis? Jika iya, apa manfaat yang kamu rasakan sebagai seorang entrepreneur?


 

Leave a Reply