Tabungan Mandiri Khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Banyak penduduk Indonesia yang mencoba peruntungannya dengan bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mereka adalah orang-orang yang berjasa bagi perekonomian Indonesia namun kesejahteraannya seringkali disepelekan.

Melihat kebutuhan akan keamanan dan kemudahan transaksi bagi TKI, Bank Mandiri menjadi salah satu bank yang menyelenggarakan layanan perbankan bagi mereka. Selain mendukung kebijakan Pemerintah dalam Gerakan Nasional Transaksi Non Tunai, Tabungan Mandiri khusus TKI membantu menjaga kelancaran pembayaran gaji para pahlawan devisa ini.

Tabungan Mandiri TKI

via tanjungpinangpos.co.id

Bagi para TKI, bekerja di luar negeri selain mencoba peruntungan biasanya untuk membiayai keluarga dan merencanakan masa depan. Oleh sebab itu mereka wajib memiliki rekening bank atas nama pribadi yang memiliki korespondensi dengan bank di Indonesia.

Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang mendukung kebijakan pemerintah tersebut memiliki produk Tabungan TKI. Produk ini dapat digunakan oleh para TKI yang sedang berada di luar negeri, dan juga keluarganya yang berada di Indonesia untuk pengiriman gaji/uang dari luar negeri.

Persyaratan untuk Membuka Rekening

via simomot.com

Persyaratan untuk membuka rekening ini sangatlah mudah dan enggak mahal untuk dipenuhi oleh calon TKI. Calon TKI diwajibkan memiliki rekening ini sebelum ditempatkan dan berangkat ke luar negeri. Untuk membuatnya, cukup datang ke salah satu cabang terdekat dengan membawa:

  1. Setoran awal Rp. 10.000,-
  2. Fotokopi KTP (membawa KTP asli untuk diperlihatkan).
  3. Surat Keterangan Asli dari Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) atau Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

Pembukaan rekening 1 (satu) orang TKI maksimal 2 (dua) rekening yaitu 1 (satu) rekening atas nama TKI dan 1 (satu) rekening untuk keluarga. Saldo minimal yang harus ada di rekening juga enggak besar, yaitu sebesar 10 ribu saja.

Kantor Cabang Bank Mandiri di Kota Dilli, Timor Leste via mandiridili.tl

Keuntungan Menabung di Tabungan TKI Mandiri

Bagi calon TKI dan TKI yang sudah bekerja di luar negeri, ada banyak keuntungan yang didapatkan dari menabung di Tabungan TKI Mandiri seperti:

  • Keamanan dari layanan perbankan terpercaya sebagai salah satu bank pemerintah terbesar di Indonesia.
  • Setoran awal dan saldo minimal yang harus ada di rekening enggak besar, yaitu sebesar Rp.10.000,- rupiah saja.
  • Biaya perbankan yang dikenakan kepada para nasabah Tabungan TKI tergolong ringan. Untuk biaya administrasi per bulan dikenakan biaya sebesar Rp.2.500,- sedangkan biaya kartu ATM per bulan sebesar Rp.2.500,-. (Gratis biaya administrasi bulanan untuk 1 tahun pertama).
  • Ada kode rahasia / PIN untuk setiap transaksi di ATM.
  • Mendapatkan loyalti poin dari saldo rata-rata dan transaksi melalui e-banking dan atau cabang, sertasecara otomatis diikutkan ke dalam Program Undian Mandiri Fiesta.
  • Para TKI dan keluarga dapat menikmati pelayanan online di seluruh cabang Bank Mandiri secara mudah dan nyaman. Transaksi penyetoran dana juga dapat dilakukan di semua cabang Bank Mandiri yang berada di dalam dan luar negeri.

Fasilitas

Pada saat membuka rekening Tabungan TKI, para nasabah akan mendapatkan fasilitas seperti:

  • Dapat melakukan transfer antar rekening Mandiri dan bank lain.
  • Transaksi penyetoran dana dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Mandiri atau melalui cabang/agency/bank koresponden di luar negeri.
  • Nasabah akan mendapatkan kartu mandiri debit yang berfungsi sebagai kartu ATM untuk pengambilan uan tunai dan pembayaran lainnya. Selain itu, kartu tersebut dapat digunakan untuk belanja di jutaan merchant seluruh dunia dan ribuan merchant di seluruh Indonesia yang berlogo Visa.
  • Nasabah akan dapat melakukan transaksi melalui E-banking (mandiri sms, mandiri internet, mandiri online, dan mandiri call).

 

Leave a Reply