Hal yang Bisa Kamu Pelajari Saat Berkunjung ke Panti Asuhan

Siapa sih yang mau tinggal di panti asuhan? Tidak bisa merasakan kehangatan. Tidak bisa merasakan kasih sayang keluarga. Tidak bisa merasakan kebersamaan bersama keluarga. Namun apa daya, hidup memang tak sempurna. Kita tidak bisa memilih apakah kita akan hidup dengan keluarga sempurna, atau malah sebaliknya kita tidak memiliki keluarga. Cobalah sesekali dalam hidupmu untuk berkunjung ke panti asuhan. Minimal, kamu bisa belajar dari orang-orang yang tinggal di sana. Jadi, ketika kamu sedang berkunjung, yuk coba resapi 5 pelajaran dari panti asuhan berikut ini.

1. Bersyukur akan Hidup

via pixabay.com

Hal awal yang akan kamu jumpai ketika berkunjung ke panti asuhan adalah bersyukur pada keadaanmu. Kehidupan orang-orang di panti asuhan pastilah berbanding terbalik dengan kehidupan kamu yang lengkap dengan keluarga. Mereka kurang akan kasih sayang. Mereka kurang mendapat perhatian. Sayangilah keluargamu sendiri selagi mereka masih ada.

2. Waktu adalah Sesuatu yang Berharga

via pixabay.com

Saat kamu melihat orang-orang di sana, kamu akan menyadari bahwa momen bersama keluarga adalah sesuatu yang paling indah. Tak ada yang mampu menandingi nikmatnya hidup bersama keluarga. Walaupun hanya sekadar bercengkrama dan tak bisa setiap hari. Oleh karenanya, jangan sia-siakan ketika momen bersama keluarga ada di dalam keseharianmu.

3. Belajar Menyayangi Orang-Orang di Sekelilingmu

via wikimedia.org

Seringkali kerasnya hidup membuat kamu meminggirkan rasa kemanusiaan pada orang-orang di sekitarmu. Memang, pekerjaan yang berat akan menghalangimu dalam menyayangi mereka. Namun setelah kamu mengunjungi panti asuhan, kamu akan menemukan bahwa orang-orang juga butuh kasih sayang lebih. Dari sana kamu akan sadar bahwa kamu lebih beruntung dan ingin berbagi kasih sayang dengan para penghuni panti asuhan.

4. Menumbuhkan Sikap Peduli

via wikimedia.org

Jika kamu mengunjungi panti asuhan, rasa peduli akan sesama perlahan akan tumbuh. Melihat kondisi mereka, kamu akan membuat tindakan nyata. Bukan hanya untuk sekadar peduli, namun kamu akan membuat rasa nyaman dengan kehadiranmu di sana. Mereka akan berpikir, kamu akan selalu ada dan lebih memperhatikan mereka.

5. Menghargai Sesama Manusia

via miccacampbell.com

Setelah menghabiskan waktu di panti asuhan, kamu akan melihat pola kehidupan penghuninya. Mereka yang terdiri dari beragam macam orang dan memiliki pemikiran yang berbeda, pastilah akan menghargai antar sesama. Kamu juga akan lebih memerhatikan hal-hal kecil yang sebelumnya luput dari pandanganmu.

Masih banyak pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan dari sana. Namun yang terpenting, tetaplah bersyukur dengan kondisimu yang sekarang. Belajarlah peduli terhadap sesamamu.


 

Leave a Reply