5 Tips Dalam Perjalanan Mudik Lebaran

Saat bulan Ramadan, segenap penduduk di tanah air kita tengah menjalankan ibadah puasa sampai hari kemenangan atau Lebaran tiba. Namun, ada satu hal lagi yang dipikirkan oleh banyak orang, yaitu mudik. Yak, tradisi Indonesia yang satu ini memang bagi banyak orang hukumnya wajib. Namun, saat penduduk dari negara berpopulasi Muslim terbesar di dunia ini secara serentak melakukan perjalanan di waktu yang bersamaan, tentu saja perlu ada persiapan dan taktik tersendiri. Biar kamu enggak pusing sendiri, yuk baca 5 tips mudik Lebaran berikut ini.

1. Rencanakan Mudik Dengan Matang

via wikimedia.org

Persiapan mudik harus disiapkan jauh hari apalagi untuk keluarga yang membawa kendaraan sendiri. Persiapan mudik harus dimulai dengan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan normal. Jika didapati kondisi yang tidak beres, segera pergi ke bengkel untuk memperbaikinya.

2. Pastikan Kondisi Badan Fit

via wikipedia.org

Memperhatikan kondisi badan adalah hal kedua yang penting dalam melakukan perjalanan mudik. Kondisi badan yang kurang fit akan mempengaruhi konsentrasi di jalanan. Apalagi sebagai pengemudi kamu harus menjaga kebugaran tubuh supaya tidak membahayakan keluarga dan orang lain di jalan.

3. Bawa Peralatan Yang Lengkap

via pixabay.com

Persiapan selama di perjalanan harus kita perhitungkan. Mulai dari jarak tempuh, kondisi kendaraan, hingga kesehatan tubuh. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan selalu bawa persiapan mulai dari obat-obatan hingga alat bengkel. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada hal yang di luar perkiraan kita.

4. Sediakan Air Minum Dalam Mobil

via pixabay.com

Kemacetan kerapkali membuat mobil terjebak lama di jalan. Kondisi yang panas pun membuat tubuh kehilangan banyak cairan sehingga perlu masukan cairan. Jangan sampai dehidrasi tinggi membuat mudikmu jadi kurang menyenangkan karena kehilangan salah satu anggota keluargamu.

5. Jangan Memaksakan Diri

via wikimedia.org

Tubuh mempunyai batas dan memerlukan istirahat, jika kamu merasa lelah dan ngantuk coba istirahatlah atau gantian menyetir dengan keluarga yang lain. Jangan sampai kondisi badan yang sudah ngantuk membahayakan dirimu dan orang lain. Jadi, mulailah peduli pada kesehatan dan selamat mudik lebaran!!


 

Leave a Reply