5 Makanan yang Pantang Dimakan Waktu Mudik

Hari lebaran sudah semakin dekat dan para pemudik sudah mulai membanjiri sarana transportasi. Kamu anak kosan yang sudah enggak sabar mau makan opor ayam buatan bunda tercinta di kampung halaman? Kalau kamu seperti orang Indonesia kebanyakan yang suka bawa bekal perjalanan, kamu perlu baca 5 makanan yang pantang dimakan waktu mudik ini.

1. Minuman bersoda

via staticflickr.com

Selain kadar gulanya yang sangat tinggi (satu kaleng soda setara dengan 10 sendok teh gula), minuman bersoda juga dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Hal ini tentu saja akan bikin badanmu enggak enak selama perjalanan.

Apalagi kalau kampungmu jauh. Selain itu, kadar gula, sodium dan kafein yang tinggi juga dapat membuat tubuhmu lebih rentan terkena dehidrasi yang dapat menyebabkan kamu mual di jalan.

2. Makanan berlemak

via visualsonline.cancer.gov

Makanan berlemak membutuhkan banyak energi bagi tubuh untuk mencernanya. Makanan-makanan seperti burger, ayam goreng tepung dan lain sebagainya memang enak. Apalagi kalau sedang lapar saat di jalan.

Masalahnya, makanan-makanan ini akan menguras energimu, membuatmu kembung, dan mengantuk. Kalau kamu bertugas menyupiri kendaraan saat pulang kampung, mending urungkan niatmu untuk makan makanan berlemak deh.

3. Terlalu asin

via maxpixel.freegreatpicture.com

Sama seperti makanan berlemak dan minuman bersoda, makanan asin bisa membuatmu kembung dan membuat tubuhmu menahan air. Hal ini membuatmu terpaksa minum air lebih banyak. Lucu ya, tapi memang seperti itu cara kerjanya. Kalau kamu minum banyak air, kamu jadi harus sering-sering berhenti untuk buang air kecil. Mengganggu kan?

4. Produk susu

via wikimedia.org

Kalau kamu suka susu dan keju, atau produk-produk susu lainnya, sebaiknya puasa dulu saat sedang dalam perjalanan pulang kampung. Masalahnya, produk susu bisa membuat perutmu bergas dan asam lambung naik. Akibatnya, kamu jadi rentan kram perut dan…. kentut-kentut serta diare. Enggak mau kan?

5. Asam

via pixabay.com

Buah-buahan asam seperti tomat, jeruk dan lain sebagainya memang sehat dan makanan asam memang enak, tapi sebaiknya saat perjalanan pulang kampung kamu stop dulu konsumsi makanan-makanan ini. Makanan asam bisa mengiritasi kandung kemihmu dan membuatmu jadi sering buang air kecil. Puaskan rasa kangenmu dengan buah jeruk saat kamu sudah tiba di kampung halaman aja ya.

Apakah kamu punya makanan atau minuman yang wajib kamu bawa untuk perjalanan mudik? Yuk share di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply