Jalur Pantai Selatan: Alternatif Mudik yang Nyaman dan Menyenangkan

Bulan Ramadan berarti saat puasa dan merayakan Lebaran di hari kemenangan. Bagi kebanyakan orang Indonesia, Lebaran juga berarti waktunya mudik. Saat-saat merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa bersama keluarga dan orang-orang tercinta tentu saja merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Enggak heran banyak orang yang merencanakan mudik bahkan dari setahun sebelumnya. Alhasil tiap tahun semua tiket transportasi ludes dan tentu saja, jalur mudik jadi padat.

Bagi para pemudik di pulau Jawa yang menggunakan kendaraan pribadi, tahun ini kamu memiliki pilihan jalur baru yang dijamin akan bikin perjalanan mudikmu lebih menyenangkan. Tahun ini, jalur Pantai Selatan atau Pansela sudah dibuka dan sudah dapat dilalui. Selain mampu membagi pusat kemacetan selama mudik, jalur ini juga memiliki banyak kelebihan agar perjalanan para pemudik lebih santai dan menyenangkan. Berniat mudik tahun ini? Yuk baca terus.

Panjang lintas jalur Pansela adalah 1.405 kilometer dengan lebar jalan antara 5 meter sampai 7 meter. Sesuai namanya, jalur ini terbentang mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Jawa Timur.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merekomendasikan jalur Pansela karena selain untuk memecah kepadatan jalur Utara saat musim mudik, jalur ini juga menawarkan berbagai kelebihan bagi para pemudik.

Alasan pertama karena lebih sepi dan menghindarkan pemudik dari macet arus mudik. Alasan ke dua, jalannya sudah bagus dan nyaman untuk dilalui. Alasan ke tiga, jalur ini memiliki banyak penginapan yang bagus dan jauh lebih murah dari pada di jalur Utara sehingga lebih hemat. Alasan ke empat adalah karena pemandangannya indah dan banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi selagi para pemudik melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Haiiii Sobat Bina Marga, siapa diantara kalian yang butuh ‘vitamin sea?’ Ada banyak pantai cantik yang dapat dikunjungi apabila kalian berkendara dari arah Bandung menuju Pangandaran (ataupun arah sebaliknya) melewati Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat. Di sepanjang perjalananan, kalian akan dimanjakan dengan cantiknya pemandangan di kanan kiri jalan lho, Sob! Saat berada di Kabupaten Garut, kalian akan melewati jembatan Cilaki dengan panjang 275m dan lebar 6,65m. Dari atas jembatan, pemandangannya luar biasa mengagumkan Sob! Terdapat hijaunya sawah, serta birunya laut yang akan memanjakan mata kalian. FYI, di dekat jembatan ini, ada dua pantai yang cukup terkenal, yakni Pantai Santolo dan Pantai Rancabuaya. Yukkkk mudik dan wisata lewat Pansela!  #MenyambungNegeri #MudikWisata #Pansela #PanselaJabar #PanselaKece @infobbpjn6 @infojabar @humas_jabar

A post shared by Ditjen. Bina Marga (@info_binamarga) on

Jika kamu melakukan perjalanan mudikmu dari Merak sampai Banyuwangi, maka kamu akan melintasi 23 kabupaten. Berikut adalah kabupaten-kabupaten yang akan kamu sambangi di jalur Pansela ini:

  • Provinsi Banten: Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.
  • Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, hingga Kabupaten Pangandaran.
  • Provinsi Jawa Tengah: Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purworejo.
  • Provinsi DIY: Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul.
  • Provinsi Jawa Timur: Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, dan berakhir di Kabupaten Banyuwangi.

A post shared by Kirana 125 (@kirana_125) on

Untuk obyek wisata Pantai di sepanjang jalur Pansela Jawa Tengah dan Yogyakarta terdapat sekitar 36 pantai yang sangat cantik. Sebut saja Pantai Congot di ruas Congot-Bugel sepanjang 19,35 km, yang memiliki Hutan Mangrove yang sudah ditata sehingga menarik untuk dikunjungi.

Sempatkan juga untuk mengunjungi Pantai dan Laguna Glagah di Kulon Progo yang sedang populer dan banyak diunggah di media sosial dengan. Spot favoritnya adalah ujung dermaga yang dipenuhi tumpukan batu sebagai pemecah ombak dan laguna pantai yang memiliki air tenang.

Obyek wisata lainnya adalah Pantai Pandansimo, Kwaru, Depok, Bantul berada di ruas Pandansimo-Samas sepanjang 6,28 km yang lokasinya mudah dicapai, yaitu hanya sekitar 250 meter dari jalur Pansela. Kamu bisa melihat aktivitas nelayan, pasar ikan, tempat outbond, perkemahan dan kincir angin pembangkit listrik yang lucu untuk foto-foto. Selain itu ada Mercusuar Pandansari yang bisa dinaiki wisatawan yang ingin menikmati pemandangan garis pantai selatan dan pegunungan di sisi barat.

A post shared by Kirana 125 (@kirana_125) on

Masih lebih banyak destinasi lain yang bisa kamu kunjungi. Berikut adalah sejumlah obyek wisata pantai menarik sepanjang jalur Pansela yang bisa kamu kunjungi:

  • Kabupaten Sukabumi: Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud.
  • Kabupaten Cianjur : Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang; dan Jembatan Cilaki, ruas jalan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut.
  • Kabupaten Garut: Pantai Rancabuaya di ruas jalan Rancabuaya; Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun;
  • Kabupaten Pangandaran: Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran; dan Pantai Pangandaran yang juga berada di ruas jalan yang sama.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar rencana perjalanan mudikmu di jalur Pansela ini makin lancar. Rute mulai dari Trenggalek-Tulung Agung-Malang hingga Banyuwangi sebagian masih belum tersambung sehingga bisa dapat dilewati. Sedangkan untuk meminimalisir arus balik pemerintah telah mempersiapkan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sehingga pemudik bisa pulang dari jalur Sukabumi menggunakan tol tersebut. Selain itu pemudik tahun ini juga bisa menggunakan jalan tol dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 995 km walaupun 237 km masih berstatus fungsional.

Jadi, apakah persiapan mudikmu tahun ini sudah maksimal? Mungkin kamu bisa mencoba jalur Pantai Selatan agar perjalananmu makin nyaman dan menyenangkan. Selamat mudik Lebaran!


 

Leave a Reply