5 Negara Selain Indonesia yang Mengenal Tradisi Mudik

Di Indonesia, sudah menjadi tradisi saat hari besar agama seperti Idul Fitri dan Natal untuk melakukan mudik atau pulang kampung. Ternyata tradisi pulang kampung saat hari raya ini dikenal tidak hanya di Indonesia melainkan juga di berbagai negara lain. Walaupun sebutannya  lain dan untuk acara yang  beda tapi tradisinya hampir sama. Mereka juga menyiapkan anggaran untuk biaya mudik, karena ada banyak hal yang harus disiapkan seperti oleh-oleh, bagi bagi uang saat di kampung, dan lain sebagainya. Siapa aja sih negara selain Indonesia yang mengenal tradisi mudik? Yuk baca terus.

 

1. India

Via flickr.com

Diwali atau Deepavali merupakan tradisi Masyarakat India untuk merayakan Festival Cahaya. Pada festival ini masyarakat yang merantau ingin merayakan acara ini di kampung halaman, dan berkumpul dengan keluarga masing masing. Sama seperti Lebaran, jauh hari sebelum hari Diwali tiket kereta sudah habis dipesan oleh orang yang ingin pulang kampung.

Para turis pun banyak yang tertarik untuk mengunjungi India saat perayaan Diwali karena memiliki ke unikan tersendiri. Gemerlap lampu hias meriah membuat festival cahaya ini sangat menarik.

2. Malaysia

Via Flickr

Namanya juga negara tetangga, tradisinya pun mirip. Masyarakat Malaysia melakukan mudik pada saat lebaran. Melakukan hal yang sama pula seperti saling bermaaf-maafan, dan bagi bagi THR. Namun di Malaysia mudik atau Balik Kampung (kalau di Indonesia Pulang Kampung) tidak hanya pada saat lebaran, tapi juga pada saat liburan Imlek.

3. Tiongkok

Via pixabay.com

Masyarakat Tiongkok melakukan tradisi mudik saat Imlek. Sama seperti di Indonesia, mereka pulang kampung ke tempat asal untuk berkumpul dengan keluarga dan bersilaturahmi, memberi angpao dan memakai baju bagus. Selain itu mereka tidak lupa memberi hadiah untuk sanak keluarganya di kampung.

4. Korea

Via pixabay.com

Chuseok atau hari panen dirayakan masyarakat Korea pada setiap bulan ke 8 pada hari ke 15. Festival bulan musim panen ini dirayakan oleh masyarakat Korea dengan melakukan mudik untuk berkumpul bersama keluarga. Mereka melakukan ritual Charye  dan  Songpyeon, ritual untuk mengucap syukur pada leluhur.

5.Banglades

Via wikimedia.org

Sama dengan Indonesia dan Malaysia, Banglades juga memiliki tradisi mudik untuk merayakan Lebaran. Tiket kereta dan perahu menjadi tradisi favorit karena jalan darat yang tidak mulus hingga mereka tidak suka naik bus.

Pada dasarnya, naluri manusia adalah untuk berkumpul dengan keluarga tercinta pada saat merayakan hari besar agama. Menjalani ritual bersama sama dan bersilaturahmi. Hal ini yang menjadikan perayaan hari besar sangat ditunggu karena memilik makna spesial. Tiap tahun akan ditanya “ Lebaran tahun ini mudik gak?” Bagaimana dengan kamu?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Milla Andriana. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply