5 Tips Keuangan yang Dapat Membantumu Berhemat

Kamu merasa sudah hidup seadanya dan cuma bersenang-senang sekali-kali tapi kocek kosong terus? Hmmm… sepertinya masih ada yang salah dengan pengelolaan uangmu. Kamu harus evaluasi gaya hidup dan sistem pengeluaranmu. Namun, daripada pusing duluan, yuk mulai dulu dengan lima tips keuangan yang dapat membantumu untuk berhemat.

1.      Fashion

5 Tips Keuangan yang Dapat Membantumu Berhemat
Lemari pakaian via pixabay.com

Apakah kamu tahu berapa banyak fashion items seperti pakaian, sepatu, jaket, gaun, celana yang ada di lemarimu saat ini? Jika sudah enggak terhitung, sudah saatnya kamu bebersih lemari.

Pilah bajumu jadi tiga bagian, yaitu barang yang masih digunakan, barang yang jarang dipakai, dan barang yang enggak dipakai lagi. Barang yang jarang dipakai dan enggak dipakai lagi bisa kamu jual. Uang hasil penjualannya bisa ditabung atau digunakan untuk membeli barang lain yang kamu dibutuhkan.

2.      Belanja

5 Tips Keuangan yang Dapat Membantumu Berhemat
Belanja bulanan via pixabay.com

Selalu rencanakan kapan kamu berbelanja, apa saja yang harus dibeli dan jumlah anggaranmu. Untuk kebutuhan rumah tangga misalnya, kamu bisa pergi berbelanja sekali dalam sebulan agar memudahkan perencanaan. Perhitungkan waktu dan uang yang dikeluarkan ketika kamu pergi ke supermarket. Carilah kupon atau diskon untuk dapat menghemat anggaran belanjamu.

Jika kamu hobi berbelanja online, jangan malas untuk membandingkan harga-harga barang yang ditawarkan dari setiap website. Perhitungkan pula biaya yang dapat kamu hemat. Selisihnya bisa kamu gunakan untuk membeli barang lainnya atau kamu simpan.

3.      Gaya hidup

5 Tips Keuangan yang Dapat Membantumu Berhemat
kamar yang minimalis via pexels.com

Di Jepang sedang tren gaya hidup minimalis untuk hidup dengan barang-barang yang dibutuhkan saja. Gaya hidup ini dapat menghemat ruang yang ada di rumahmu dan juga uangmu. Selain itu gaya hidup di luar batas kemampuan enggak hanya akan membuatmu bokek tapi juga akan membuatmu stres. Kamu perlu mengadopsi gaya hidup ini.

4.      Kartu Kredit

5 Tips Keuangan yang Dapat Membantumu Berhemat
Bijak dalam menggunakan kartu kredit via pixabay.com

Hanya pergunakan kartu kredit ketika ada keuntungan finansial yang akan kamu terima ketika menggunakannya. Seperti saat ada kebutuhan darurat dimana kamu enggak memiliki uang tunai atau saat ada promo yang menguntungkanmu.

5.      Makanan & Minuman

5 Tips Keuangan yang Dapat Membantumu Berhemat
Mengenal bumbu masak via pixabay.com

Dengan memasak, kamu enggak saja berhemat tapi juga dapat menjaga kesehatan tubuhmu. Jika kamu pencinta kopi, kamu bisa belajar brewing dan membuat kopi yang istimewa di rumahmu tanpa harus ke kafe hanya untuk minum secangkir kopi. Edukasi dirimu mengenai makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuhmu, kamu bisa belajar memasak untuk membuatnya.

Apakah kamu berencana untuk melakukan penghematan? Apa saja yang sudah kamu lakukan untuk penghematan?


 

Leave a Reply