7 Produk Keren ini Ternyata Merek Indonesia Loh!

Kamu merasa makin pede kalo pake produk buatan luar? Suka gembar-gembor soal Paris, New York, Milan kaya yang udah pernah kesana? Kayaknya kamu perlu cepat-cepat revolusi mental. Produk Indonesia enggak kalah loh dengan buatan luar. Bahkan negara lain banyak yang import. Jangan-jangan, kamu malah pernah pamer gaya dengan 7 merek Indonesia ini.

1. Essenza

Merek ini nampak mentereng seperti keramik lantai import dari Eropa sana. Apalagi didukung dengan iklan sarat simbolisme yang banyak dipakai oleh merek high-end dari luar. Padahal, pabriknya enggak jauh-jauh, di Tangerang!

Essenza adalah merek dari PT. Keramik Alamasri Industri Tbk. yang berdiri sejak tanggal 26 Juni 1991. Hebatnya, merek lokal yang satu ini sudah berhasil memasuki pasar global pada pertengahan bulan Oktober 2007. Perbandingan antara penjualan pasar ekspor dan lokal bahkan lebih besar di pasar ekspor, yaitu 60%:40%.

Keramik lantai merek Essenza produksi Intikeramik ini telah dijual ke 25 negara. Antara lain Rusia, Ukrania, Amerika Serikat, Peru, Arab Saudi, Kuwait, Jepang, Korea, Taiwan, dan Eropa, bahkan Italia yang terkenal sebagai penghasil keramik lantai berkualitas tinggi. Pada tahun 2013 perusahaan ini berhasil memasukkan devisa negara dari penjualan ekspor sebesar US$12 juta.

2. Hypermarket

via wikimedia.org

Hypermarket baru mulai beroperasi pada tahun 2004. Walaupun tergolong masih baru, namun Hypermarket sudah menunjukkan kualitas dan kemampuan bersaingnya di bidang Multi Format Food Retail di Indonesia. Hypermarket berhasil menjadi membuka gerai ke-105 di Indonesia.

Keberhasilan Hypermarket ditunjang oleh keunggulannya yang memudahkan konsumen untuk menemukan barang belanjaan primer dan sekunder dalam satu tempat. Kelengkapan jenis barang yang dijual mencapai lebih dari 30.000 item. Harganya pun sangat bersaing, dengan harga yang lebih terjangkau di daripada hypermarket sejenis dari luar.

3. Nexian

A post shared by qudsi (@siqudsi) on

Nexian adalah pelopor ponsel lokal Indonesia yang awalnya bergerak di bidang penyedia perangkat telekomunikasi tetap (fixed) dan bergerak (mobile). Berhasil menjadi market leader di bidangnya, Nexian kemudian merambah menjadi produsen ponsel dan berhasil dinobatkan sebagai The Most Favorite Local Brand.

Tampilannya yang mewah dan fungsinya yang user friendly membuat merek ini enggak terlihat seperti buatan lokal. Padahal Nexian jelas buatan anak bangsa. Sampai Desember 2010, ponsel Nexian telah digunakan oleh lebih dari 8.000.000 masyarakat Indonesia. Benar-benar membanggakan!

4. Polytron

A post shared by POLYTRON (@polytronindo) on

Nama Polytron bagi orang Indonesia sinonim dengan produk elektronik yang berkualitas bagus namun harganya terjangkau. Kalau mau beli TV atau audio system, ya beli merek Polytron. Keunggulan produk-produk Polytron memang terletak pada kualitas suara dan desainnya. Namun, ternyata banyak yang enggak tahu kalau Polytron itu merek lokal loh!
Polytron didirikan pada 18 September 1975 di Kudus dengan nama PT. Indonesian Electronic & Engineering. Kemudian berubah nama menjadi PT. Hartono Istana Electronic, lalu merger dan menjadi PT. Hartono Istana Teknologi. Perusahaan ini memiliki 3 pabrik, di Kudus Krapyak seluas 109.000 M2, di Kudus Sidorekso (2009) seluas 130.000 M2 dan di Sayung Semarang seluas 160.000 m2 (merupakan pabrik lemari es terbesar di Jawa Tengah).
Produk lokal ini memang luar biasa. Sejauh ini, Polytron memiliki total karyawan lebih dari 6.000 orang dengan 19 kantor perwakilan, 7 authorized dealer, dan lebih dari 63 Service centre meliputi seluruh Indonesia. Jadi kalau kamu punya produk Polytron, enggak usah kuatir dengan kualitasnya.

5. Tropicana Slim

A post shared by Tropicana Slim (@tropicanaslim) on


Merek yang satu ini sudah wara-wiri di Indonesia selama lebih dari 40 tahun dan terkenal bagi orang-orang yang sedang diet. Produknya yang sangat bervariasi dan holistik, serta imagenya yang bersih dan modern membuat produk ini terlihat seperti produk luar negeri, Padahal Tropicana Slim berasal dari Indonesia.

Dimiliki oleh perusahaan Nutrifood Indonesia, produk ini konsisten sebagai produk pengendalian dan pencegahan diabetes. Dimulai dari perilisan produk susu dan makanan pada tahun 1978 kini produk yang dikeluarkan sangat beragam. Produk-produk mulai dari pemanis rendah kalori, susu, hingga bahan-bahan untuk memasak lengkap tersedia.

6. Equil

A post shared by Ricky Hartojo (@rickyhartojo) on

Namanya yang sangat Eropa dan kemasannya yang begitu elegan membuat Equil pantas disandingkan dengan merek air mineral luar yang harganya selangit dan hanya tersedia di tempat-tempat mewah. Padahal produk ini merupakan air mineral murni asli Indonesia produksi PT. Equilindo Lestari milik Morgen Sutanto.

Morgen memulai usahanya pada tahun 1997 saat produsen lokal hanya memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK), sementara air mineral premium masih dikuasai produk impor. Padahal Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber mata air mineral yang sangat baik kualitasnya. Bermula dari ketertarikan merambah bidang air mineral lokal, maka terciptalah Equil.

Equil memiliki dua varian produk yaitu natural (tawar) dan sparkling (bersoda). Harganya pun relatif lebih mahal, 1 botol Equil 380 ml setara dengan 20 kali harga air minum kemasan biasa. Karena kemurnian dan kandungan mineral anorganik yang dimilikinya, Equil dapat digunakan untuk berbagai terapi kesehatan.

Produk yang berasal dari mata air Gunung Salak ini mantap bersaing dengan merk air mineral impor asal Prancis, seperti Evian dan Perrier. Hingga saat ini, Equil adalah produsen lokal satu-satunya yang memegang merk air mineral alami.

7. The Executive


Merek ini terkenal dengan produk baju bagi para profesional yang berkualitas tinggi dan up to date dengan tren terbaru. Bermula dari tahun 1984 sebagai merek baju untuk kantor, kini The Executive sudah menjadi nama besar di Indonesia. Produknya bisa disejajarkan dengan produk luar, dengan harga yang tentu saja lebih terjangkau.

Nah, dari tujuh merek di atas, merek mana yang sebelumnya kamu kira merek luar? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini ya.


 

Leave a Reply