5 Tips Mengalahkan Perasaan Negatif

Coba deh kamu baca buku-buku motivasional. Pasti semuanya menyarankan untuk enggak berkutat pada perasaan negatif. Pasalnya perasaan negatif sangat berpengaruh dan bisa merusak hari-harimu. Selain memberikan dampak dampak yang buruk ke diri sendiri, ternyata perilaku dan aura negatifmu juga dapat menular ke orang-orang yang ada di sekitarmu. Kamu mau jadi pribadi yang positif dan ingin mengalahkan perasaan negatifmu? Ikuti tipsnya berikut ini:

1.     Stress

5 Tips Mengalahkan Perasaan Negatif
via pixabay.com

Kadang kita memiliki banyak masalah yang menumpuk dan enggak kunjung selesai. Hal ini akan memberikan tekanan yang mengganggu produktivitasmu. Untuk menghilangkan tekanan tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal yang dapat meningkatkan mood-mu.

Sebagai contoh, coba ambil nafas panjang dan keluarkan pelan-pelan, dengarkan musik kesukaanmu, atau bermain dengan binatang peliharaanmu. Kamu juga bisa menelepon temanmu untuk pergi dan makan es krim bersama, pergi ke salon untuk perawatan tubuh, menonton film komedi supaya kamu tertawa atau pergi ke gunung agar istirahat dari dunia teknologi untuk sementara.

2.     Kewalahan

5 Tips Mengalahkan Perasaan Negatif
via pixabay.com

Ketika kamu merasa kewalahan, cari tahu apa yang membuatmu merasa kewalahan. Kamu bisa melakukan banyak hal tapi tentunya kamu enggak bisa melakukan semuanya dalam satu waktu. Ambil nafas panjang untuk meredakan emosimu. Kemudian buatlah prioritas dan fokus pada To Do List tersebut.

Tentukan waktu pengerjaan setiap pekerjaan dan jangan menjadi perfeksionis. Selain itu kamu bisa mulai belajar mengatakan “Tidak” jika memang enggak bisa kamu tangani. Kamu bisa minta tolong ke rekan kerja dengan melakukan pendelegasian pekerjaan.

3.     Merasa bersalah atau menyesal

5 Tips Mengalahkan Perasaan Negatif
via pixabay.com

Memang enggak enak ketika kamu merasa merasa bersalah atas suatu kesalahan atau ketika merugikan orang lain. Kamu perlu mengakui kesalahanmu lalu memaafkan dirimu dengan berbagai cara.

Kamu bisa menulis semua perasaan yang kamu rasakan pada saat penyesalan datang. Apa yang membuatmu merasa bersalah, dan apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaikinya? Lalu belajarlah memaafkan perbuatanmu tersebut dan move on.

4.     Marah

5 Tips Mengalahkan Perasaan Negatif
via pixabay.com

Marah selain emosi adalah energi yang kamu keluarkan. Ketika mulai tersulut amarah, hitunglah 1 sampai 10 dan tarik nafas yang dalam secara perlahan. Untuk menyalurkan energi ketika marah, kamu bisa melakukan kegiatan fisik seperti lari, berenang, yoga atau bahkan dengan berjalan santai. Jika kondisi memungkinkan, kamu bisa tidur untuk meredakannya.

5.     Sedih

5 Tips Mengalahkan Perasaan Negatif
via pixabay.com

Ketika sedih hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah menangis. Dengan menangis kamu bisa mengeluarkan isi perasaanmu tanpa harus berkata-kata.

Selain itu kamu bisa manfaatkan sisi kreatifmu ketika kamu sedih yaitu dengan menulis puisi atau lirik lagu yang sedih. Siapa tahu kamu bisa membuat lagu-lagu yang bagus seperti Taylor Swift. Kamu juga bisa keluar rumah untuk jalan, lari atau naik sepeda dengan mendengarkan lagu-lagu.

Apakah kamu punya tips lainnya untuk mengatasi perasaan negatif yang datang tiba-tiba? Beri tahu kami di kolom komentar.


 

Leave a Reply