Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Mudik Lewat Jalur Darat

Tiap tahunnya, kita dihebohkan dengan para pemudik yang pulang kampung untuk mengejar momen berhari raya di kampung halamannya masing-masing. Enggak heran karena momen bulan suci Ramadhan tentu pantang dilewatkan. Terutama untuk orang-orang yang tinggal jauh dari orang tua atau sanak saudara.

Agar kamu enggak repot dengan barang bawaan dan ngga mati gaya di jalan dengan banyaknya mobil yang mau mudik, ini beberapa hal yang kamu harus persiapkan ketika mudik lewat jalur darat.

1.     Koper atau Ransel?

Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Mudik Lewat Jalur Darat
Koper atau Ransel? via pixabay.com

Seperti traveling pada umumnya, kamu harus menentukan dari awal apa yang akan kamu bawa ketika kamu mudik nanti. Tentukan banyaknya barang yang akan kamu bawa.

Batasi jumlah tas yang akan kamu bawa menjadi tiga buah, yaitu tas tangan atau ransel kecil untuk membawa hal-hal penting seperti dompet, gawai dan barang berharga lainnya, tas untuk pakaian serta asesoris lainnya, dan tas oleh-oleh.

Hal ini untuk mencegah bagasi yang penuh dan juga agar tanganmu enggak terlalu penuh dengan barang-barang yang kamu bawa. Jika kamu membawa tas oleh-oleh, kamu bisa menggunakan tas yang bisa dilipat dan digunakan kembali nantinya.

2.     Packing Jauh Hari

Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Mudik Lewat Jalur Darat
Ayo packing! via pixabay.com

Walau rencana mudikmu masih jauh, alangkah baiknya kamu melakukan packing jauh-jauh hari. Yang penting dicicil agar pas mendekati hari H, kamu ngga perlu packing sampai larut malam. Apalagi kamu akan melakukan perjalanan jauh.

Jika kamu pulang masih memiliki beberapa baju di kampung halamanmu kamu hanya perlu membawa beberapa baju ganti untuk bepergian. Namun jika kamu akan menginap di rumah saudara, kamu bisa membawa baju rumah dua pasang dan beberapa atasan dan bawahan.

Jika isi tas yang selalu kamu pegang enggak terlalu banyak, kamu bisa membawa kaus ganti, handuk kecil dan pakaian dalam untuk keadaan darurat. Ingat, bawalah barang seperlunya!

3.     Persiapkan Bekal Makanan dan Minuman

Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Mudik Lewat Jalur Darat
Tas hello Kitty ini adalah tas doraemon yang akan membantumu ketika lapar dan haus via pixabay.com

Jika perkiraan perjalanan mudik kamu akan lebih dari 2 jam, persiapkan bekal makanan ringan dan juga berat beserta minuman. Walaupun hanya duduk di kursi penumpang, kamu bisa sewaktu-waktu merasa lapar. Cemilan ringan dapat membantu meringankan rasa laparmu.

4.     Pilih Satu Buku dan Buat Daftar Musik

Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Mudik Lewat Jalur Darat
Pilih satu buku yang ingin kamu baca sampai tuntas via pixabay.com

Jika kamu gemar membaca buku, maka buku bisa menjadi pelarian saat kamu merasa sangat bosan dengan perjalananmu. Atau kamu ingin menikmati perjalananmu diiringi dengan lagu-algu Ed Sheeran? Isi Mp3mu dengan daftar lagu-lagu yang membuat mood-mu bagus. Jangan lupa isi power bank kamu untuk digunakan dalam keadaan darurat.

5.     Tidur yang Cukup

Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Mudik Lewat Jalur Darat
Jangan lewatkan waktu tidurmu untuk tetap segar via pixabay.com

Perjalanan darat akan sangat melelahkan walau hanya duduk saja. Persiapkan tubuhmu agar fit sebelum mudik. Jika kamu mengantuk di dalam mobil atau kereta, jangan paksakan untuk tetap terjaga. Dua hal yang dapat membuat tidurmu nyaman ketika dalam perjalanan adalah bantal kecil untuk kamu peluk dan slayer untuk menutupi wajahmu.

Oiya, satu hal yang sangat penting jangan lupa berdoa ketika akan berangkat mudik ya. Apakah kamu mempunyai tips lainnya untuk mudik dengan transportasi darat guys?


 

Leave a Reply