Rekomendasi 5 Situs Web untuk Belajar Coding Gratis

Kamu tau enggak kalau coder ternyata adalah salah satu pekerjaan paruh waktu dengan bayaran tertinggi. Enggak heran sih, karena coding diperlukan dimana-mana. Kalau kamu mau buka bisnis dan perlu punya situs atau perlu penghasilan tambahan, kamu bisa melirik profesi ini.

Belum punya uang lebih atau waktu luang untuk jadi coder? Jangan kuatir, 5 Situs Web ini bisa jadi acuan kamu untuk belajar coding gratis.

1. CodeAvengers

Situs ini diletakkan sebagai rekomendasi pertama karena memang paling mudah diikuti untuk pemula. Code Avengers dirancang sebagai pelajaran interaktif yang menarik untuk membuat orang menyukai programming dan membuat pemula merasa nyaman.

Materi yang diberikan enggak terlalu banyak dan hanya yang penting bagi pemula seperti beberapa kode dan instruksi yang menyenangkan untuk HTML5, CSS3 dan JavaScript. Pelajaran yang diberikan benar-benar menarik dan menyenangkan sehingga mudah untuk dicerna. Dirancang untuk mengajari sekaligus menghibur untuk naik level.

Pada tiap akhir pelajaran, kamu bisa memainkan mini game untuk melepaskan lelah dan mendorongmu untuk tetap belajar. Kamu juga bisa menerapkan beberapa kode dan melihat perubahannya secara langsung.

2. CodeAcademy

Code Academy adalah situs yang paling populer buat mereka yang ingin belajar coding. Sebanyak 24 juta orang telah berhasil menjadi coder dari situs ini. Bahkan mereka memiliki banyak cerita sukses tentang orang-orang yang akhirnya bisa mengambil keuntungan dari situs ini.

Kalau kamu sudah puas dengan Code Avengers kamu bisa mencoba situs ini. Pelajaran-pelajaran di situs ini memberikan pengalaman yang menyenangkan dengan berbagai materi seperti HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Python dan Ruby yang disajikan secara interaktif, interface, dan struktur yang jelas.

Kamu bisa memilih pelajaran dari berbagai halaman seperti Web Fundamentals, PHP, JavaScript, jQuery, Python, Ruby dan APIs. Pada tiap pelajaran akan terdapat panel yang memberikan instruksi dan menjelaskan kode yang diperlukan.

Panel lainnya untuk latihan menulis kode yang dapat dicek validitasnya. Enggak usah takut coba-coba karena instruksi dan panel kode akan memberi peringatan dan petunjuk kalau seperti kalau ada guru privat di sebelahmu.

3. SQLZOO

Structured Query Language (SQL) adalah bahasa yang dirancang hanya untuk menyimpan dan mengambil data dari database. Walaupun terdengar membosankan, tapi situs ini memberikan pengajaran yang interaktif.

Pelajaran yang disajikan sangat ringkas dan enggak bertele-tele. Enggak ada contekan, jawaban dan forum diskusi . Itu sebabnya situs ini direkomendasikan untuk mereka yang sudah memiliki keahlian dasar coding.

4. Udacity

Buat kamu yang sudah merasa siap dengan pelajaran yang lebih lanjut bisa mengunjungi Udacity. Situs ini menampilkan gabungan dari berbagai video pengajaran dan kuis-kuis interaktif. Kalau kamu malas membaca penjelasan, kamu perlu menengok Udacity.

Kamu bisa memilih video dari pelajaran apapun dari coder profesional yang berbobot seperti dosen, dan coder terkemuka yang sudah sangat berpengalaman. Setelah itu kamu bisa memilih kuis yang bisa digunakan untuk menguji pengetahuanmu mengenai topik yang baru kamu pelajari.

Kekurangannya adalah, Udacity enggak memiliki struktur pengajaran yang jelas. Kalau kamu baru belajar kamu kemungkinan akan sangat bingung. Jadi sebaiknya kamu belajar dulu di situs-situs yang sudah disebutkan di atas untuk menimba pengetahuan dasar.

5. CodeSaya

Situs satu ini buatan Indonesia loh. Kalau kamu merasa pusing berkali lipat belajar bahasa pemrograman pakai bahasa Inggris, kamu bisa cek CodeSaya. Hampir sama dengan situs-situs di atas, Code Saya memberikan pengajaran dengan berbagai materi seperti Python, JavaScript, PHP dan Git.

Setelah menyelesaikan suatu pelajaran kamu bisa latihan dengan soal-soal yang dapat dilakukans ecara daring tanpa instalasi aplikasi apapun. Setelah menyelesaikan pengajaran kamu bisa mendapatkan lencana dan mulai membagikan ilmumu. Situs ini juga merupakan forum dimana kamu bisa diskusi dan belajar bersama.

Kira-kira kalau kamu bisa coding aplikasi atau situs apa yang mau kamu buat? Yuk tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply