5 Aturan Hidup dari Dalai Lama

Besar kemungkinan kalau kamu mengenal nama Dalai Lama. Pemimpin spiritual dari Tibet ini memang sangat bijak dan banyak menginspirasi orang di seluruh dunia. Dia selalu menyebarkan energi positif kepada sesama dan lingkungannya. Enggak heran banyak yang selalu menunggu-nunggu kata-kata bijak dari dirinya. Kalau kamu adalah fansnya, yuk ikuti aturan hidup dari Dalai Lama yang dapat kita praktekkan di dalam hidup kita.

5 Aturan Hidup dari Dalai Lama
Dalai Lama via pixabay.com

1.     Belajar dari kegagalan

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan. Terkadang ekpektasi kita enggak sesuai dengan kenyataan. Bahkan penulis  J.K. Rowling harus menerima penolakan dari banyak penerbit sebelum kesuksesan bukunya Harry Potter.

Dalai Lama berkata “Ketika gagal, jangan hilangkan pelajarannya”. Jadi ketika gagal, kamu perlu menerimanya dengan lapang dada dan melakukan introspeksi. Dengan introspeksi maka kita akan mengetahui kesalahan yang telah kita perbuat. Lalu perbaikilah kesalahan tersebut. Dengan begitu kita enggak melakukan kesalahan yang sama.

2.     Tiga “R”

“Respect for self, Respect for others, and Responsibility for all your actions– Dalai Lama. Menghargai diri sendiri, menghargai orang lain dan bertanggungjawab dengan semua yang kamu lakukan. Tiga hal tersebut adalah kunci kebahagiaan dan kesuksesan di dalam hidup ini.

Dengan memiliki sifat menghargai, kita akan menumbuhkan cinta kepada diri sendiri dan kepercayaan diri. Dengan begitu maka kita akan bisa menghargai orang lain juga. Berikut juga dengan bertanggungjawab atas segala sesuatu yang kita rasakan atau lakukan karena kitalah yang memegang kendali atas pilihan perasaan dan tindakan yang kita lakukan.

3.     Selalu sediakan waktu untuk diri sendiri setiap hari

Apakah kamu menyadari bahwa sekarang ini kesibukan akan selalu ada dimanapun kita berada? Baik di rumah, di kantor, di perjalanan, dan dimanapun kita menghabiskan waktu bersama teman ataupun kolega. Tahukah kamu kalau hal ini mengakibatkan kita kurang memberikan waktu untuk diri sendiri.

Dalai Lama menyarankan kita untuk selalu menyediakan waktu bagi diri sendiri setiap hari. Ini sangat penting untuk refleksi diri dan menemukan ketenangan di dalam diri. Kita jadi bisa refleksi diri dan menghapuskan pikiran-pikiran negatif untuk menggantikannya dengan pikiran-pikiran positif. Menjadi positif akan membawa kita ke kebahagiaan.

4.     Berbahagialah

The purpose of our lives is to be happy. Happiness is not ready made—it comes from our own actions.” – Dalai Lama. Hidup itu pendek, oleh karena itu tujuan hidup kita seharusnya adalah untuk berbahagia. Kebahagiaan tentunya datang dari kita sendiri dan apa yang kita lakukan.

Kalau kita mau bahagia, mulailah dari diri sendiri dengan mengutamakan nilai-nilai Nmemaafkan, kasih sayang, sabar, dan toleransi.

5.     Berbagi ilmu

Banyak orang yang memiliki banyak ilmu. Namun sayangnya, orang yang mau berbagi ilmu dengan orang lain enggak terlalu banyak. Padahal Dalai Lama berkata bahwa ilmu yang dibagikan enggak akan habis. Ketika kita membagikan ilmu kepada orang lain, maka kita akan mencapai keabadian.

Masih banyak nasihat dan aturan hidup dari Dalai Lama yang dapat kita ikuti untuk meraih kebahagiaan dan kehidupan lebih baik. Bagaimana menurut kamu tentang lima aturan hidup dari Dalai Lama di atas?


 

Leave a Reply