Cara Memotivasi Karyawan Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI (Part 2 – Introvert)

Karyawan di suatu perusahaan pasti terdiri dari berbagai macam tipe kepribadian. Selain memberikan warna dan dinamika di suatu perusahaan, tipe kepribadian yang berbeda-beda ini juga memiliki kelebihan dan gaya bekerja masing-masing. Cara memotivasi pegawai yang ekstrovert tentu berbeda dengan pegawai yang introvert.

Sedangkan salah satu unsur kesuksesan suatu perusahaan adalah dari semangat untuk maju setiap individunya. Agar timmu berkembang terus, cermati cara memotivasi karyawan dengan 8 tipe kepribadian introvert berikut ini:

Cara Memotivasi Karyawan Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI (Part 2)
via pixabay.com

INTROVERT

1.      INFJ (CONFIDANT)

INFJ adalah tipe kepribadian yang lembut, perhatian, kompleks, dan juga sangat intuitif. Tipe ini memiliki pandangan yang luas dan memahami dinamika lingkungan dimana dia berada.

Untuk memotivasi tipe karyawan yang memiliki kepribadian ini kamu perlu menghargai mereka, memberikan kesempatan menambah wawasan dan juga kesediaan untuk mendengarkan keluhan atau pendapat mereka. Mereka perlu waktu menyendiri untuk merenung dan mengumpulkan energi. Orang terkenal dengan tipe ini adalah Mahatma Gandhi.

2.      INFP (DREAMER)

INFP adalah tipe kepribadian yang unik, kreatif, dan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dari orang lain. Mereka penasaran dengan banyak hal. Untuk memotivasi tipe kepribadian ini kamu perlu menginspirasi mereka.

Selain itu berikan penghargaan terhadap kemampuan dan hasil kerja mereka. Hal ini akan memotivasi mereka untuk bekerja dengan giat. Tokoh yang memiliki tipe kepribadian ini adalah J.K.Rowling.

3.      INTP (ENGINEER)

INTP adalah tipe kepribadian pemikir dan selalu menggunakan logika. Mereka memiliki kemampuan untuk menganalisa hal-hal yang kompleks. Jika orang lain melakukan hal yang menurutnya salah maka mereka enggak segan untuk mengkoreksinya.

Tipe ini sangat sulit untuk termotivasi jika enggak benar-benar suka dengan sesuatu. Oleh karena itu mereka termotivasi untuk melakukan sesuatu jika telah menganalisa situasi disekitarnya. Berilah penghargaan ketika mereka menyelesaikan pekerjaan. Tokoh dengan tipe kepribadian ini adalah Sergey Brin.

4.      INTJ (STRATEGIST)

INTJ adalah pekerja keras dan selalu melakukan sesuatu sebaik mungkin. Mereka jarang memerlukan motivasi atau dukungan dari orang lain. Sebelum melakukan sesuatu hal, mereka akan mempelajarinya terlebih dahulu.

Jika setelah mempelajarinya mereka enggak tertarik maka mereka enggak akan menekuni lebih lanjut. Untuk memotivasi mereka kamu perlu mengatakan bahwa tugas yang diberikan akan bermanfaat bagi pengetahuan dan kemajuan. Tokoh dengan tipe kepribadian ini adalah Mark Zuckerberg.

5.      ISTJ (EXAMINER)

ISTJ adalah seseorang yang efisien, giat bekerja dan dapat memotivasi diri sendiri. Mereka selalu menyelesaikan semua tugas yang diberikan. Ketika semangatnya menurun di saat melakukan pekerjaannya, maka untuk memotivasinya sangatlah mudah. Kamu tinggal menyampaikan bahwa pekerjaan tersebut sangat penting bagi perusahaan, maka mereka akan segera menyelesaikannya. Tokoh dengan tipe kepribadian ini adalah Warren Buffet.

6.      ISFJ (DEFENDER)

ISFJ adalah tipe kepribadian yang setia dan mempunyai komitmen yang tinggi. Mereka adalah tipe karyawan yang dapat diandalkan. Tugas-tugas yang diberikan kepada mereka akan diselesaikannya dengan tuntas.

Untuk memotivasi mereka kamu perlu menyampaikan bahwa mereka sangat diandalkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tokoh yang memiliki tipe kepribadian ini adalah Mother Theresa.

7.      ISFP (ARTIST)

ISFP adalah tipe kepribadian dengan kreatifitas yang tinggi. Mereka akan tertarik untuk melakukan sesuatu yang menginspirasinya secara dalam dan personal. Jika mereka enggak terinspirasi maka kamu perlu mengarahkan mereka dengan memberikan sesuatu yang sangat disukainya.

Jangan lupa untuk mengatakan bahwa mereka adalah orang yang paling cocok untuk pekerjaan itu karena memiliki kreatifitas tinggi. Tokoh yang memiliki tipe kepribadian ini adalah Steven Spielberg.

8.      ISTP (CRAFTSMAN)

ISTP adalah orang-orang yang menyukai tantangan, kompetitif dan pintar dalam menganalisa. Namun mereka akan sangat mudah merasa bosan dengan tugas yang monoton. Oleh karena itu, untuk memotivasi karyawan dengan tipe kepribadian ini kamu perlu memberikan tugas yang lebih menantang dan dengan metode yang berbeda-beda. Tokoh yang memiliki tipe kepribadian ini adalalah Steve Jobs.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Kamu mengenali dirimu atau orang yang kamu kenal dari bebera tipe kepribadian introvert di atas?


 

Leave a Reply