5 Tips Mengatasi Rasa Iri

Selama bulan suci Ramadhan ini, pemeluk agama Islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Banyak hal yang dapat membatalkan puasa dan menurunkan produktivitas. Selain menahan lapar dan haus dari matahari terbit sampai terbenam, kita juga wajib menahan napsu buruk lain seperti marah, dan rasa iri. Jangan biarkan rasa iri terus hinggap dan merugikan dirimu. Berikut adalah 5 cara mengatasi rasa iri:

1. Memahami Rasa Iri

via flickr.com

Ketahuilah apa penyebab rasa irimu. Sebagai contoh, apakah kamu merasa iri karena ingin mempunya rumah seperti rumah temanmu? Ataukah kamu iri karena ia mampu membeli barang-barang yang mahal? Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu akan dapat mengatasinya dengan solusi yang tepat. Sisihkan waktu sejenak untuk mengetahui penyebab rasa irimu.

Jika kamu kesulitan menangani rasa irimu dan sudah pada tahap mengganggu kehidupan sehari-harimu, datanglah ke psikiater. Dengan bantuan psikiater, kamu akan mendapat penanganan yang tepat.

2. Menghindari Orang yang Suka Bergosip

via flickr.com

Jauhilah orang-orang yang suka memberikan pengaruh negatif, seperti suka bergosip contohnya. Dekat dengan orang yang suka membicarakan keburukan orang lain akan membuat kita terpacing untuk melakukan hal yang sama. Kita juga akan semakin mudah iri dengan banyak orang. Oleh karena itu, bersahabatlah dengan teman-teman yang memberikan pengaruh positif. Bertemanlah dengan mereka yang setara denganmu dan sedang berjuang juga sehingga kamu pun merasa lebih nyaman bersama dengan mereka dan semangat untuk selalu berusaha juga.

3. Menerima Keadaan

via pixabay.com

Daripada mengisi hati dan pikiran dengan perasaan iri, lebih baik terimalah dan bersyukur dengan apa yang kamu punya. Berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu harus belajar untuk menerima bahwa akan selalu ada orang yang lebih hebat daripada dirimu. Kamu juga harus belajar menerima bahwa ada hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan dan hanya Tuhan yang bisa menentukan. Karena rasa iri adalah pilihan, kamu dapat memilih untuk hidup dipenuhi rasa iri atau mencukupkan diri dengan apa yang kamu punya.

4. Selalu Bersyukur

via flickr.com

Rasa iri membuat kamu lupa akan apa yang kamu punya. Apabila kamu sibuk melihat ke atas, kamu tidak akan tahu bahwa ada orang-orang yang bahkan ingin berada di posisi kamu. Senantiasalah bersyukur karena banyak sekali manfaat yang didapat dari bersyukur. Dengan bersyukur kamu dapat tidur nyenyak, menjadi lebih bahagia, terhindar dari depresi, meningkatkan rasa percaya diri dan membuat tubuh kita menjadi sehat.

5. Mengubah Rasa Iri Menjadi Pemacu untuk Maju

via pixabay.com

Rasa iri tidak saja memiliki dampak negatif tetapi juga mempunyai dampak positif asal kita tau caranya. Rasa iri tersebut harusnya kita gunakan sebagai pemacu atau motivitas untuk kita berusaha lebih keras dan menjadi lebih baik lagi. Sebagai contoh, kalau kamu iri melihat temanmu yang naik jabatan, lebih baik rasa iri itu kamu jadikan dorongan agar bekerja lebih rajin dan lebih baik lagi.

Rasa iri sangat merugikan. Oleh karena itu, segera atasi rasa irimu. Semoga tips-tips diatas dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa iri.


 

Leave a Reply