7 Tips Belajar yang Efektif dan Efisien

Jika kamu adalah seorang newbie di kantor, maka kamu akan dihadapkan oleh banyak hal yang harus kamu pelajari. Kalau kamu beruntung memiliki kantor dengan budaya kerja yang baik, maka kamu akan dibimbing dengan menyeluruh.

Namun, enggak sedikit kantor yang memaksa pegawainya untuk serba bisa dan belajar dengan cepat tanpa supervisi yang baik. Berikut adalah tips belajar yang efektif dan efisien untuk mempermudah proses pembelajaranmu:

1.      Buat agenda dan tahapan proses pembelajaran

7 Tips Belajar dengan Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Rencanakan apa saja yang harus kamu pelajari, kapan kamu akan mulai mempelajarinya, sampai kapan, dan target apa yang ingin kamu capai. Buat agenda pembelajaran menjadi beberapa tahap untuk memudahkan kamu melihat hasilnya setahap demi setahap. Dengan memiliki timeline agenda belajar, kamu dapat mengatur waktumu lebih baik untuk mencapai hasil yang maksimal.

2.      Tempat belajar yang mendukung

7 Tips Belajar dengan Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Tempat menentukan prestasi. Kamu bisa membersihkan dan mengatur kamar atau meja kerjamu agar nyaman untuk belajar. Jika kamu belajar di kantor maka buatlah meja kerjamu nyaman dan tertata agar enggak ada dokumen kerja yang tercecer atau menumpuk.

3.      Lakukan pemanasan pada otak

7 Tips Belajar dengan Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Layaknya melakukan peregangan otot sebelum berolahraga, sebelum belajar ada baiknya kamu melakukan hal-hal kecil untuk merangsang kinerja otak dan membuatmu rileks. Kamu bisa mengisi TTS, puzzle, mewarnai buku gambar, atau rubik. Atur alarm untuk menstimulasi otakmu selama 15 menit.

4.      Gunakan beberapa metode pembelajaran

7 Tips Belajar dengan Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Menggunakan beberapa metode belajar dapat mempermudah proses penyerapan informasi, seperti membaca buku petunjuk, prosedur, diagram, flowchart, dokumen dan lain sebagainya. Untuk mempermudah pembelajaran, jangan lupa membuat catatan untuk hal-hal penting yang harus diingat.

Jika sulit mengingat apa yang tertulis di buku petunjuk misalnya, kamu bisa membuat visualisasi seperti mind mapping di buku catatanmu. Menurut beberapa studi, banyak orang cenderung tertarik untuk melihat gambar dan lebih mudah mengingat apa yang dilihatnya.

5.      Praktekkan dan bagikan ilmumu kepada orang lain

7 Tips Belajar dengan Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Salah satu metode pembelajaran penting lainnya adalah dengan mempraktekan apa yang sudah dipelajari. Hindari melakukan tugas secara bersamaan atau multi tasking yang justru membuat pekerjaanmu lebih lama selesainya. Jadi, lakukan tugasmu satu per satu.

Jika lupa, lihat lagi buku catatanmu. Jangan sungkan untuk bertanya kepada atasan atau rekan kerjamu. Jika sudah memahaminya, bagikan ilmumu kepada orang lain agar kamu ingat terus.

6.      Jangan berhenti

7 Tips Belajar dengan Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Tentunya mempelajari sesuatu membutuhkan tenaga dan waktu. Oleh sebab itu lakukan proses pembelajaran secara bertahap agara ada waktu istirahat untuk mengkaji apa saja yang sudah kamu pelajari. Jangan mudah tergoda untuk berhenti karena sekali kamu berhenti, kamu akan sulit untuk memulainya kembali dan akibatnya sulit untuk mengingat apa saja yang kamu sudah pelajari.

7.      Berikan penghargaan pada diri sendiri

7 Tips Belajar dengan Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Disela-sela tahapan pembelajaran jangan lupa untuk memberikan penghargaan atau reward kepada diri sendiri. Dengan begitu kamu dapat menyemangati diri sendiri untuk terus lebih maju.

Apakah kamu memiliki tips lainnya untuk belajar dengan efektif dan efisien? Beri tahu kami di kolom komentar.


 

Leave a Reply