Profil Dave Ramsey, Konsultan Keuangan dengan Pendekatan Religius yang Unik

Dave Ramsey adalah konsultan keuangan Amerika yang terkenal dan terpercaya enggak saja di AS namun juga di dunia. Berbeda dengan konsultan keuangan kebanyakan, ia memberikan nasihat keuangan dengan mengunakan prinsip-prinsip dasar dari Al Kitab.

Kalau kamu adalah seseorang yang religius dan ingin memiliki kehidupan keuangan yang sehat, kamu perlu mengenal Dave Ramsey lebih jauh.

Awal Karir dan Kegagalan

Dave Ramsey adalah seorang penganut Kristen Evangelis yang tumbuh di keluarga dengan etos kerja yang kuat. Perkataan ayahnya bahwa ia sudah cukup umur bekerja dan menghasilkan uang mendorongnya untuk menjadi entrepreneur saat berusia 12 tahun.

Pekerjaan pertamanya adalah sebagai perawat halaman dan menjual gelang kulit. Kemudian ia mempunyai beberapa usaha berbeda untuk mendapatkan uang saku tambahan. Dengan etos kerjanya yang kuat, ia mulai menekuni dunia bisnis Real Estate seperti orangtuanya di usia 18 tahun. Karirnya berjalan mulus dan membuat dia menjadi jutawan di usia muda.

Namun beberapa tahun kemudian ia mengalami kegagalan dalam berbisnis sehingga ia bangkrut. Ia kemudian mendekatkan diri kepada Tuhan dan menemukan bahwa dalam Al Kitab, Tuhan ternyata banyak membahas tentang uang.

Konsultan Keuangan

Dengan bangkitnya ia dari kegagalan, banyak teman gerejanya yang bertanya tentang bagaimana ia mengatasinya. Kemudian ia mulai membantu orang lain dengan memberikan nasihat keuangan yang ia dapatkan dari Al Kitab.

Salah satu ayat yang dia ambil untuk persoalan hutang adalah Amsal 22:7 yang menyatakan bahwa, “Orang kaya menguasai orang miskin, dan yang berhutang menjadi budak bagi yang memberi pinjaman.” Ia mulai bisnis konseling keuangan pribadi di tahun 1994 dengan mengadakan kelas manajemen keuangan di bawah nama perusahaan The Lampo Group.

The Dave Ramsey Show

Dave Ramsey memulai karirnya sebagai Pembawa Acara radio pada tahun 1992. Nama program yang ia bawakan adalah “The Dave Ramsey Show”. Berbeda dengan konsultan keuangan lainnya yang fokus kepada bagaimana berinvestasi, ia memberikan nasehat yang berfokus kepada persoalan utang.

Dari banyaknya nasehat keuangan yang Dave Ramsey berikan, ada dua metode yang telah dipraktekan oleh banyak orang yaitu Sistem 7 Baby Steps to Financial Peace, Debt Snowball Plan, Sistem Amplop, dan Uang Tunai. Selain itu ia juga memberikan tips untuk dapat mengumpulkan uang agar dapat membayar utang.

Apakah kamu pernah mencoba salah satu metode perencanaan keuangan dari Dave Ramsey? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply