Cara Memotivasi Karyawan Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI (Part 1-Ekstrovert)

Di dalam suatu tempat, bagaimanapun homogennya latar belakang masing-masing orang, pasti akan terdapat berbagai macam tipe kepribadian. Hal yang sama terjadi di dalam tiap perusahaan. Tiap karyawan akan memberikan warna dan dinamika di suatu perusahaan dengan berbagai macam tipe kepribadian yang memiliki sifat atau karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu salah satu unsur kesuksesan suatu perusahaan adalah ketika berbagai tipe kepribadian ini dapat bekerja sama dengan motivasi tinggi. Berikut adalah cara memotivasi karyawan sesuai dengan tipe kepribadian MBTI :

Cara Memotivasi Karyawan Sesuai dengan Tipe Kepribadian MBTI (Part 1)
via pixabay,com

Ekstrovert

Orang-orang ekstrovert adalah mereka yang mendapatkan energi dari berinteraksi dengan orang lain. Dalam MBTI, ekstrovert terbagi menjadi 8 tipe seperti di bawah ini:

1.      ENFJ (CONFIDANT)

Tipe karyawan dengan kepribadian ini adalah orang-orang yang memiliki fokus dan perhatian terhadap orang lain. Mereka peduli dan dapat mengerti orang lain. Oleh karena itu mereka dapat melihat potensi yang ada pada orang lain dan dapat mengeluarkan bakat dari orang tersebut.

Walau mereka bisa memotivasi diri sendiri, mereka tetap perlu diberikan penghargaan dengan memvalidasi bahwa perusahaan membutuhkan mereka untuk terus berkembang dan sukses. Tokoh ENFJ yang terkenal adalah Oprah Winfrey.

2.      ENFP (ADVOCATE)

Karyawan dengan tipe kepribadian ini adalah orang-orang yang penuh semangat. Mereka memiliki kemampuan intelektual yang tinggi dan mempunyai banyak potensi.

Mereka memiliki sifat optimis, antusias, dan kompetitif. Oleh karena itu, mereka dapat dimotivasi dengan cara mengatakan kepada mereka kalau mereka mampu melakukan suatu yang orang lain enggak bisa lakukan. ENFP yang sukses adalah Ariana Huffington.

3.      ENTP (ORIGINATOR)

Karyawan ENTP adalah orang yang penuh dengan ide dan semangat. Mereka menyukai tantangan dan mampu melihat kesempatan yang ada. Tipe ini tertarik untuk mengulik suatu masalah sampai ditemukan penyelesaiannya.

Buat mereka semakin penasaran dengan kata-kata seperti “it’s impossible!”. Dijamin mereka akan berusaha membuktikan bahwa  “it’s possible!”. Salah satu tokoh ENTP yang terkenal adalah Barack Obama.

4.      ENTJ (CHIEF)

Karyawan ENTJ adalah karyawan yang suka dengan kompetisi dan tantangan. Mereka senang dengan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan untuk mengatasi setiap tantangan. Untuk memotivasinya atasannya atau perusahaan dapat mengatakan bahwa keahliannya memang sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan yang ada.

Apabila enggak ada yang maju untuk mengatasinya maka mereka akan termotivasi untuk menyelesaikannya. Hal ini yang membuat mereka berbakat menjadi pemimpin. ENTJ yang terkenal adalah Bill Gates.

5.      ESTJ (OVERSEER)

Karyawan ESTJ adalah orang-orang yang fokus dengan keadaan saat ini dengan melihat fakta dan kebutuhan yang ada. Mereka bagaikan supervisor yang taat akan peraturan dan prosedur. Oleh karena itu mereka suka mengecek segala sesuatunya.

Walaupun ia tahu apa yang harus dilakukan, tapi mereka sangat perlu melihat tujuan dari suatu tugas tersebut sebelum melakukannya. Untuk memotivasinya, mereka harus tahu dengan jelas tujuan dan hasil yang perlu dicapai. ESTJ yang terkenal adalah Hillary Clinton.

6.      ESFJ (SUPPORTER)

Karyawan ESFJ adalah orang-orang yang membutuhkan orang lain. Mereka sangat ingin menyenangkan dan bekerja di lingkungan yang harmonis dan kooperatif. Motivasinya akan muncul apabila mereka diminta untuk menolong orang-orang terdekatnya atau dapat menolong keadaan seseorang. ESFJ yang terkenal adalah Desmon Tutu.

7.      ESFP (ENTERTAINER)

Karyawan ESFP adalah orang yang mempunyai karakter spontan dan bersemangat. Mereka senang menjadi pusat perhatian dimanapun mereka berada.

Oleh karena itu untuk memotivasi mereka adalah dengan cara mengatakan bahwa apabila mereka berhasil menyelesaikan pekerjaannya, maka keberhasilannya tersebut akan membuat orang lain kagum dan menjadikannya pusat perhatian. ESFP yang terkenal adalah Miley Cyrus.

8.      ESTP (PERSUADER)

Karyawan ESTP adalah orang-orang yang berpikir kalau mereka superhero. Bisa dibilang mereka adalah “Doers” karena mereka memiliki antusiasme yang tinggi, pengambil risiko dan nggak bisa basa-basi.

Ketika enggak ada yang bisa melakukan suatu hal, maka mereka akan terjun langsung dan melakukannya. Untuk memotivasi ESTP dapat dilakukan dengan cara mengatakan hanya mereka yang bisa melakukan pekerjaan tersebut. ESTP yang terkenal adalah Donald Trump.


 

Leave a Reply