Lima Kota Spiritual untuk Kamu yang Ingin Wisata Rohani

Lima Kota Spiritual untuk Wisata Rohani

Banyak destinasi yang bisa memuaskan mata dan melepas penat. Berwisata tak akan sia-sia dan rekreasi tak hanya memenuhi hiburan semata jika direncanakan dengan baik. Untuk menambah produktivitas kamu saat berlibur, kamu bisa merencanakan liburanmu dengan wisata rohani.

Bagi kamu yang suka jalan-jalan tapi ingin merasakan hal yang berbeda dari wisata lainnya, tidak ada salahnya untuk merencanakan wisata spiritual. Selain dapat merefresh otak dan pikiran, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan rohanimu. Batin menjadi tenang, kadar keimanan pun makin bertambah. Daripada penasaran, yuk simak lima destinasi wisata rohani yang bisa kamu kunjungi berikut ini.

1. Mekkah

Lima Kota Spiritual untuk Wisata Rohani
via pixabay.com

Mekkah atau Makkah al-Mukarramah adalah salah satu tempat impian untuk dikunjungi oleh banyak orang, khususnya yang beragama Islam. Kota ini terletak di Saudi Arabia. Di tempat suci ini, umat muslim menjalankan ibadah yang tercantum dalam rukun Islam ke lima, yakni ibadah haji.

Di kota suci di mana terletak Ka’bah ini, umat muslim tidak hanya dapat melakukan ibadah haji saja, tapi juga bisa melakukan ibadah umrah. Walaupun niat awal kamu datang untuk melaksanakan ibadah suci, tidak ada salahnya jika kamu jalan-jalan sembari menikmati suasana kota suci bagi umat Islam ini. Jangan lupa bawakan oleh-oleh untuk keluargamu yang menanti di rumah ya!

2. Vatikan

Lima Kota Spiritual untuk Wisata Rohani
via pixabay.com

Vatikan adalah salah satu kota suci untuk umat Katolik di seluruh dunia. Di kota suci ini terdapat beragam pusat budaya dan sejarah yang bersangkutan dengan agama Katolik. Salah satu destinasi populer bagi para turis yang wajib untuk dikunjungi adalah Basilika Santo Petrus.

Basalika Santo Petrus adalah sebuah Gereja Katolik terbesar di dunia. Gereja ini dibangun pada abad ke-4 dan dibangun kembali pada abad ke-16. Di gereja yang indah ini, wisatawan dapat menghadiri misa dan menerima komuni. Selain itu, pada acara-acara khusus keagamaan Paus akan memberikan pesan perdamaian sekaligus memberkati orang banyak di pelataran Basilika Santo Petrus.

3. Yerusalem

Lima Kota Spiritual untuk Wisata Rohani
via wikipedia.org

Yerusalem merupakan sebuah kota suci yang terletak di dataran tinggi Pegunungan Yudea antara Laut Tengah dan Laut Mati. Kota suci ini menjadi sebuah catatan sejarah penting bagi tiga kaum, yakni Islam, Kristen, dan Yahudi.

Masjid Al Aqsa yang terletak di Yerusalem Timur adalah salah satu tempat suci bagi umat Islam. Masjid yang pernah menjadi kiblat pertama bagi umat muslim ini adalah tempat dimana Nabi Muhammad pernah melakukan ibadah dalam perjalanan malamnya yaitu Isra Miraj. Kini, Masjid Al-Aqsa menjadi destinasi para umat Islam di dunia untuk melakukan ziarah.

Untuk umat Kristen, Yerusalem adalah tempat dimana Yesus Kristus disalib. Di sana juga terdapat Gereja Makam Kudus “Holy Sepulchre” yang dikelola bersama oleh 6 golongan kristen yang pintunya dijaga oleh keluarga muslim sejak lebih dari 1.300 tahun lalu. Tempat ini pun sudah menjadi destinasi ziarah bagi umat Kristen dari seluruh penjuru dunia sejak abad ke-4.

Sedangkan untuk umat Yahudi, kota Yerusalem merupakan tempat kudus nan sakral. Sebab, di sana terdapat tembok ratapan yang dipercaya untuk penghapusan dosa. Tempat ini pun juga menjadi tempat ziarah bagi umat Yahudi dari seluruh dunia.

4. Varanasi

Lima Kota Spiritual untuk Wisata Rohani
via pixabay.com

Varanasi atau disebut juga Benares merupakan pusat kebudayaan sekaligus pusat ilmu pengetahuan yang terletak di India Utara. Kota yang juga dianggap suci dan menjadi pusat alam semesta oleh umat Hindu ini berada sepanjang tepian Sungai Gangga.

Lokasi utama yang penting adalah Sungai Gangga, sebuah sungai yang tak dapat dipisahkan dari kepercayaan umat Hindu. Dalam setahun, lebih dari satu juta orang memasuki kota suci ini.

5. Bodh Gaya

Lima Kota Spiritual untuk Wisata Rohani
via wikimedia.org

Terletak di Bihar, India, Bodh Gaya adalah tempat suci bagi umat Budha. Sejarah menyebutkan, setelah 49 hari meditasi duduk di bawah pohon Bodhi di kota suci ini, Siddhartha Gautama mencapai pencerahan dan menjadi Buddha. Setiap tahun, peziarah serta biarawan dan biarawati pergi ke Bodh Gaya untuk bermeditasi di bawah pohon yang sama dengan Sang Buddha.

Tertarik untuk melakukan wisata rohani dengan mengunjungi lima kota suci di atas? Ayo mulai menabung dan rencanakan perjalananmu yang penuh dengan makna ini dari sekarang!


 

Leave a Reply