5 Cara Mengatasi Hutang ala Tung Desem Waringin

Berhutang itu sebenarnya enggak dilarang. Asalkan kita bisa menjaga komitmen untuk melunasinya. Kredit motor yang bisa menghemat pengeluaran transportasimu dan kredit bulanannya sesuai dengan pendapatanmu tentu saja penting. Menurut Tung Desem Waringin, motivator Indonesia yang terkenal, hutang yang sehat adalah hutang yang enggak lebih dari 30 persen dari pendapatan.

Berikut adalah cara untuk kamu mengetahui hutangmu sehat atau enggak, dan tips mengatasi hutang menurut Tung Desem Waringin.

1. Cek rasio hutang

5 Cara Mengatasi Hutang ala Tung Desem Waringin
Hitung rasio hutang dengan membandingkan total hutang dengan total harta via pixabay.com

Buatlah daftar dari total hutangmu dan total harta (pendapatan dan aset). Aset yang masil dicicil enggak termasuk asetmu. Hitung rasio total hutangmu dengan total harta. Semakin kecil nilai rasio hutangmu, maka makin besar kemampuanmu untuk dapat melunasinya.

Ingat, hutang yang sehat itu yang kurang dari 30 persen. Ketika kamu mempunyai hutang yang besarnya 30 persen dari pendapatanmu, tandanya kamu harus berhenti untuk menambah hutang.

2. Jangan menambah hutang

5 Cara Mengatasi Hutang ala Tung Desem Waringin
Hutang konsumtif, kecil-kecil tapi bisa menjadi besar via pixabay.com

Hutang yang enggak terasa kalau kita berhutang adalah hutang konsumtif atau hutang yang enggak menambah nilai aset yang kita miliki. Salah satu yang berkontribusi besar untuk hutang semacam ini adalah menggunakan kartu kredit untuk membeli barang yang enggak bersifat penting.

Kartu kredit adalah suatu kemudahan yang dapat membuatmu terlena. Tentunya jika tagihan kartu kredit enggak segera dilunasi tepat waktu maka akan ada denda yang dikenakan. Jadi STOP menggunakan kartu kreditmu sebelum melunasinya.

3. Perencanaan anggaran

5 Cara Mengatasi Hutang ala Tung Desem Waringin
Nabung 20 ribu bisa menjadi pilihan untuk tetap bisa menabung untuk membayar utangmu via pixabay.com

Jika kamu ingin terbebas dari hutang-hutangmu maka satu-satunya cara adalah melunasi semua hutangmu. Evaluasi keuanganmu dan awasi setiap pengeluaran sekecil apapun. Mulailah berpikir bagaimana cara untuk membayar hutangmu dengan langkah awal yaitu membuat anggaran.

Cari cara lain untuk menghasilkan pendapatan tambahan untuk membayar hutang. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan, menjual aset, mengurangi pengeluaran yang enggak terlalu penting dari anggaran yang sudah kamu buat

4. Berhutang lagi atau menjual asetmu?

5 Cara Mengatasi Hutang ala Tung Desem Waringin
Lihat di kamarmu, apakah ada yang bisa dijual untuk melunasi hutang-hutangmu?

Pola pikir untuk membayar hutang dengan berhutang adalah pola pikir yang salah besar. Gali lubang tutup lubang akan membuat keuanganmu menjadi sangat enggak sehat. Buanglah pola pikir seperti itu dan mulailah melunasi hutang-hutangmu walaupun dengan cara dicicil.

Jika kamu rasa hutangmu akan lama lunasnya, maka satu-satunya cara untuk dapat melunasi hutangmu adalah dengan menjual sebagian asetmu. Buatlah daftar aset yang kiranya dapat dijual dengan mudah dan cepat seperti komputer, TV, radio, lemari es, atau bahkan kendaraan yang kamu miliki.

5. Mulailah membayar

5 Cara Mengatasi Hutang ala Tung Desem Waringin
Mulailah membayar hutangmu perlahan tapi pasti via pixabay.com

Mulai cicil hutangmu saat ini juga. Sisihkan uangmu untuk membayar tagihan tersebut dengan minimum pembayaran sebesar 10 persen dari tagihan. Namun jika kamu bisa membayarnya lebih dari 10 persen per bulan maka hutangmu akan dapat cepat dilunasi. Lebih cepat lunas lebih baik bukan?

Menghindar untuk membayar hutang tidak akan menyelesaikan masalah. Apakah kamu mempunyai tips untuk melunasi hutang atau bebas dari hutang?


 

Leave a Reply