Rahasia Sukses Berbisnis dari Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoritis dan salah satu ilmuwan terbesar di abad 20. Walaupun ia bergerak di bidang fisika, namun ilmu dan kata-katanya dapat menginspirasi banyak kalangan dari berbagai bidang. Salah satunya adalah di dalam dunia bisnis. Berikut adalah rahasia sukses dalam berbisnis dari Albert Einstein yang bisa kamu aplikasikan dalam membangun bisnismu:

Rahasia Sukses Berbisnis dari Albert Einstein
via ppixabay.com

1.     Tahu apa yang kamu lakukan

Jika kamu mendadak bertemu dengan seseorang yang berpotensi sebagai investor, mitra ataupun klien apakah kamu bisa menjelaskan dan meyakinkan tentang bisnis kamu secara singkat? Jika enggak, maka kamu belum benar-benar mengerti tentang bisnismu. Jadi pelajari lebih dalam tentang bisnismu dan juga tujuanmu.

2.     Pelajari banyak hal dan tekun

Sukses adalah proses pembelajaran. Dalam membangun karirnya, Einstein selalu ingin mengetahui hal baru dan belajar dengan tekun. Ketika ingin mengetahui suatu hal baru, ia akan mencurahkan waktu dan perhatiannya. Dengan memperdalam sesuatu maka kita akan mengetahui banyak hal juga. Jangan berhenti belajar walau bisnis kita sudah sukses. Tentunya kita harus terus mengembangkan diri dengan mempelajari banyak hal lainnya.

3.     Menjadi orang yang kreatif dan asah imajinasimu

Ketika ada masalah, Albert Einstein menyarankan kita untuk memecahkan masalah dengan enggak menggunakan pemikiran yang sama dengan pemikiran kita ketika menciptakan masalah tersebut. Intinya kita disuruh untuk berpikir kreatif atau thinking out of the box.

Mungkin terdengar klise, tapi di saat bisnis kita mengalami masalah, maka berpikir kreatif sangat diperlukan. Dengan berpikir kreatif maka kamu keluar dari zona nyamanmu dan imajinasimu akan diasah untuk berpikir jauh ke depan. Dengan begitu kamu akan menemukan ide-ide baru yang berbeda dari yang lainnya untuk menyelesaikan suatu masalah.

4.     Terbuka pada perubahan dan jangan takut berbuat salah

Seorang pebisnis adalah orang yang berani mengambil kesempatan dan risiko. Dengan mengambil kesempatan maka kamu mau mempelajari hal baru. Enggak semua kesempatan mempunyai hasil yang baik. Jika kamu berbuat salah maka belajarlah dari kesalahan tersebut untuk enggak mengulangi kesalahannya.

5.     Menjadi orang yang berguna

Menjadi sukses memang enggak mudah karena kesuksesan dapat dicapai dengan usaha dan kerja keras. Namun kesuksesan bukanlah segalanya. Hal tersebut enggak akan berarti jika kamu terlena dengan kesuksesan dan melupakan orang-orang yang telah membantumu. Kesuksesan yang sebenarnya adalah ketika kamu berhasil dalam usahamu dan dapat menolong orang lain.


 

Leave a Reply