5 Keuntungan Transaksi Non Tunai

Kemajuan teknologi saat ini semakin canggih dan hadir dalam segala aspek kehidupan. Enggak terkecuali pada cara kita bertransaksi. Sekarang, sudah umum kamu bisa melakukan transaksi secara non tunai atau biasa kita kenal sebagai e-payment. Jika kamu masih setia selalu menggunakan uang tunai, coba lah untuk beralih menggunakan transaksi ini. Kamu bisa mendapat berbagai keuntungan dengan mengikuti perkembangan jaman dan menjadi cashless society. Daripada penasaran, yuk simak beberapa poin keuntungan transaksi non tunai yang bisa kamu peroleh berikut ini!

1. Lebih Efisien

via wikimedia.org

Apakah kamu sudah bosan mengantre ketika bertransaksi secara tunai? Jika kamu menggunakan transaksi non tunai, kamu enggak perlu lagi menghadapi keadaan mengerikan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktumu untuk bisa lebih produktif mengerjakan hal lain.

2. Keamanan Lebih Terjamin

via wikimedia.org

Keamanan keuanganmu akan lebih terjamin jika memakai transaksi non tunai. Bagaimana caranya? Jika kamu membuat kartu ATM, kamu akan mendapat sebuah password yang menjaga keamanan kartu ATM kamu. Ya, sistem password inilah yang menjadi sebuah jaminan jika kamu membuat kartu ATM. Kamu enggak akan bisa bertransaksi jika kamu enggak mengetik password yang sudah diberikan oleh pihak bank. Pastikan juga, password atau nomor pin kamu enggak diketahui oleh siapapun demi menjaga keamanan kamu.

3. Pengeluaran Bisa Dibatasi

via wikimedia.org

Pernah enggak mengalami kejadian ketika kamu tengah berlibur bersama teman-teman ternyata biaya yang dikeluarkan jauh dari kata seimbang. Padahal, kamu sudah membuat sebuah daftar pengeluaran yang akan kamu gunakan. Namun jangan khawatir. Jika kamu menggunakan transaksi non tunai, kamu bisa membatasi pengeluaran kamu.

Saat ini, banyak fitur yang bisa membatasi pengeluaran kamu dalam jangka waktu tertentu. Kamu bisa mengaturnya untuk meminimalisir pengeluaran. Jika sudah hampir mencapai batas, biasanya mereka akan memberi peringatan. Kamu pun bisa berpikir dua kali untuk melakukan pemborosan lagi.

4. Mencegah Korupsi

via wikimedia.org

Dengan transaksi non tunai, kamu bisa meminimalisir oknum-oknum yang enggak bertanggung jawab. Sebab, transaksi non tunai akan terdata secara otomatis ke rekening perusahaan maupun Negara yang bersangkutan. Secara enggak langsung, kamu mendukung gerakan anti korupsi loh!

5. Promo

via pixabay.com

Dalam transaksi non tunai juga terdapat banyak promosi. Jika kamu sering berbelanja lewat aplikasi online atau menggunakan kartu, biasanya kamu menemukan sebuah promosi seperti potongan harga. Kamu bisa memperhemat pengeluaran kamu, juga menambah bonus pemasukan.

Bagaimana, kamu tertarik menggunakan uang non-tunai? Bagi pengalamanmu di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply