5 Perlakuan yang Salah dalam Mendidik Anak

Mendidik anak sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua. Orang tua adalah faktor penentu dalam membentuk sikap yang dimiliki seorang anak. Bagaimana anak memandang dirinya sendiri dan dunia di sekitarnya tergantung dari cara orangtua mendidiknya. Namun masih banyak orang tua yang enggak paham cara mendidik anak bahkan menganggap ini sebagai hal sepele. Akibatnya, banyak anak yang dianggap sebagai anak nakal, hiperaktif, atau bodoh padahal cara didik orang tuanyalah yang salah. Sebagai bekal kalau kamu jadi orang tua nanti, kamu perlu membaca hal-hal yang perlu dihindari orang tua berikut ini. Yuk simak!

1. Berlaku tidak adil

via flickr.com

Seringkali orang tua enggak paham dengan perasaan anak. Terutama mereka yang sudah memiliki lebih dari satu anak. Banyak dari mereka yang sadar atau enggak sadar lebih perhatian terhadap salah satu anak. Kamu perlu evaluasi dirimu. Kalau kamu merasa sudah berlaku enggak adil, segera perbaiki Jika terus berlarut-larut, maka baik hubunganmu dengan anakmu maupun antar saudara bisa turut merenggang.

2. Mengeluh ketika anak sakit

via flickr.com

Penyakit bsa datang kapan saja, termasuk kepada anakmu. Ada anak yang enggak gampang sakit namun ada pula yang mudah sakit. Jika anak kamu terkena penyakit, jangan pernah mengeluh di depan mereka. Sebab, hal ini bisa menghambat kesembuhan mereka. Anak-anak memiliki perasaan yang sensitif. Takutnya kalau mereka merasa bersalah maka ketika mereka sakit mereka akan diam saja. Penyakitnya pun jadi semakin parah.

3. Menghakimi ketika anak melakukan kesalahan

via flickr.com

Sesekali kesal itu wajar. Namun, jika anakmu melakukan kesalahan, cobalah untuk bersabar. Jangan sampai menyakiti mereka, apalagi berkata kasar dan menghina secara berlebihan. Anak yang terlalu banyak dihakimi oleh orang tuanya akan terhambat pertumbuhannya dan keahlian bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat nantinya.

4. Terlalu memanjakan anak

via flickr.com

Ini adalah lawan dari sikap di atas. Jika kamu benar-benar ingin mendidik anak, pastikan kamu memiliki kadar secukupnya. Jangan terlalu memanjakan anak, jangan pula keras dalam mendidik anak. Usahakan seimbang. Jika terlalu manja, mereka akan susah diberi tanggung jawab ketika dewasa.

5. Tidak pernah mengapresiasi anak

via flickr.com

Seringkali anakmu mecoba atau melakukan hal baru. Biasanya mereka pasti akan menunjukannya kepadamu sebagai orang tuanya. Orang tua memang menjadi orang pertama yang dituju anak ketika mereka butuh pengakuan. Cobalah untuk mengapresiasi dengan memuji karya mereka. Bagaimanapun karyanya, cobalah untuk menghargai agar kepercayaan diri mereka tumbuh.

Jadi jelas kan? Apapun perkataan dan perlakuan yang dilakukan orang tua akan membawa dampak yang besar bagi anak. Kalau kamu jadi orang tua nanti, kamu perlu mengingat hal ini ya. Kamu sudah punya anak? Apa yang sudah kamu lakukan dan apa yang kamu hindari? Beri tahu kami di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply