7 Tips Agar Sidang Skripsimu Sukses

Gelar sarjana adalah tujuan utama dari setiap mahasiswa tingkat akhir. Agar mendapat gelar sarjana, mereka harus melalui tahap menyelesaikan skripsi. Namun, banyak mahasiswa yang masih kelimpungan dengan penyelesaian skripsi ini. Biasanya mereka sudah gugup duluan, apalagi menjelang sidang skripsi. Sebelum kamu stres, coba cermati 7 tips agar sidang skripsimu sukses berikut ini.

1. Sering Baca Skripsimu

via flickr.com

Kamu harus benar-benar memahami skripsi yang sudah kamu kerjakan. Penguji pun pasti akan melihat keseriusan kamu. Oleh sebab itu, kamu harus membacanya berulang kali sehingga kamu bisa meminimalisir kesalahan dan risiko gugup ketika ada pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen penguji.

2. Tandai Bagian Terpenting

via flickr.com

Pembahasan adalah suatu bagian terpenting yang sering dilontarkan oleh para penguji skripsi. Mau tak mau, kamu harus memahami bagian itu. Kalau perlu, kamu harus menandai dengan spidol maupun stabilo agar terus teringat dalam pikiran kamu.

3. Buat Prediksi Daftar Pertanyaan

via pixabay.com

Setelah memahami skripsimu, coba kamu buat daftar pertanyaan yang mungkin dilontarkan oleh dosen penguji. Dari sini, kamu bisa meminimalisir kesalahan sekaligus mempersiapkan jawaban apa saja yang harus kamu keluarkan.

4. Diskusi dengan Dosen Pembimbing

via wikimedia.org

Jangan pernah merasa sendirian ketika sedang stuck dengan skripsimu. Kamu bisa menumpahkan curhatanmu ke dosen pembimbing. Jangan pernah ragu untuk menanyakan apapun yang menghalangi kamu dalam melewati siding skripsi. Buat agar sang dosen asyik dan cocok dengan kamu. Jika berhasil, kamu tak akan lagi gugup maupun ragu dalam menghadapi siding skripsimu.

5. Hadiri Sidang Skripsi Temanmu

via pixabay.com

Kamu bisa juga mencari pengalaman lewat sidang skripsi yang sudah dilakukan oleh temanmu. Dari sana, kamu bisa menganalisa apa kelebihan dan kekurangan dari sidang skripsi tersebut. Kamu pun akan paham bagaimana jalannya sidang skripsi sekaligus poin poin pertanyaan yang akan dilontarkan oleh dosen penguji.

6. Berlatih

via flickr.com

Sering-seringlah berlatih dalam melakukan presentasi. Kamu bisa melakukannya lewat menonton di Youtube ataupun melakukannya di rumah. Jika perlu, kamu bisa mengajak teman kamu untuk berdiskusi bersama dan menilai apakah kamu sudah layak dalam menghadapi sidang skripsi.

7. Banyak Berdoa

via pixabay.com

Jika kamu sudah berusaha keras, jangan lupa untuk berdoa dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Sebab, itu bisa menambah motivasi dalam diri kamu. Jangan lupa juga untuk meminta doa dari orang tua kamu.

Lewat tips sukses sidang skripsi di atas, mudah-mudahan kamu semakin dengan dengan cita-citamu. Kalau sudah lulus, jangan ragu untuk bagi ceritamu di kolom komentar. Semangat!


 

Leave a Reply