Teknologi Webinar yang Mempermudah Pertemuan Online

Teknologi saat ini sangat memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang di berbagai belahan dunia tanpa perlu bertemu langsung. Tentu saja kita yang punya keterbatasan waktu jadi sangat terbantu.

Berbagai aplikasi seperti Skype, Yahoo messenger, Facebook messenger, Google Hangouts dan masih banyak lainnya, semakin memanjakan kita. Namun untuk terhubung dengan audiens yang lebih banyak, tentu membutuhkan aplikasi yang berbeda. Yuk kenalan dulu dengan teknologi Webinar.

Apa itu Webinar?

Teknologi Webinar yang Mempermudah Pertemuan Online
Webinar mempermudah pertemuan melalui online via pixabay.com

Webinar adalah kependekan dari Web-based Seminar atau Teknologi Seminar Online. Teknologi ini menyediakan konferensi melalui live video yang terhubung dengan host dan para audiensnya. Untuk menggunakan Webinar ini dibutuhkan perangkat komputer atau laptop, browser, speaker, email yang aktif, serta koneksi internet yang stabil dan berkecepatan tinggi,

Siapa saja yang menggunakannya?

Teknologi Webinar yang Mempermudah Pertemuan Online
Siapa saja bisa menggunakan Webinar via pixabay.com

Webinar digunakan oleh sekelompok orang yang berada di tempat yang berbeda-beda. Mereka bertemu untuk berbagai macam tujuan seperti  rapat, seminar, presentasi bisnis, diskusi, workshop, perkuliahan, kelas belajar ataupun wawancara secara online. Tiap orang yang menghadiri acara dengan webinar cukup duduk di rumah atau kantornya masing-masing dan online pada jam yang telah ditentukan.

Apa saja yang bisa dilakukan?

Teknologi Webinar yang Mempermudah Pertemuan Online
Rapat bisnis, promosi marketing, presentasi kuliah, kelas online, konsultasi bisa menggunakan webinar via pixabay.com

Disini host beserta audiens dapat berinteraksi langsung melalui video (berbagi layar) ataupun live chat, baik melalui suara maupun teks. Selain itu tersedia juga fasilitas untuk berbagi dokumen seperti slide atau file video, live capture untuk merekam atau menyimpan presentasi, penjadwalan, undangan, jajak pendapat, pengisian formulir langsung dan lain sebagainya.

Apa saja keuntungan menggunakan Webinar?

Teknologi Webinar yang Mempermudah Pertemuan Online
Fleksibel via pixabay.com

Hemat dan nyaman karena kamu enggak perlu pergi ke tempat pertemuan. Hanya dengan koneksi internet yang stabil dan berkecepatan tinggi di komputer atau laptop, kamu bisa belajar atau rapat dimanapun berada, serta berinteraksi langsung dengan banyak orang tanpa harus kemanapun.

Materi live video-pun dapat disimpan dan diputar ulang. Bagi orang yang sering gugup maka presentasi melalui webinar akan terasa lebih rileks.

Jenis-jenis Webinar

Salah satu bisnis yang dapat dikembangkan dengan menggunakan teknologi Webinar ini adalah pelatihan atau kursus online. Begitu juga kalau kamu mau menggunakan alat ini untuk mengembangkan bisnismu.

Alat ini juga bisa menjadi alat promosi dan mempermudah komunikasi dengan mitra atau klienmu. Kamu bisa mencoba platform seperti berikut ini MeetingBurner, Join.me, Anymeeting, Livestorm, On24, Mikogo, Adobe Connect.

Bagaimana menurutmu, apakah kamu tertarik untuk menggunakan webinar? Beri tahu kami ya.


 

Leave a Reply