5 Alasan Penundaan yang Umum Dilakukan Orang

Menunda-nunda pekerjaan atau prokrastinasi memiliki pengaruh sangat negatif terhadap produktivitas seseorang. Seringkali kita bahkan enggak sadar ketika sedang melakukan prokrastinasi. Nyatanya hampir semua orang pasti pernah menunda-nunda melakukan pekerjaan dengan berbagai macam alasan.

Salah satu langkah pertama untuk menghindarkan diri dari menunda-nunda pekerjaan adalah menyadari kapan kamu mulai membuat alasan. Coba baca alasan-alasan menunda pekerjaan di bawah ini. Apakah kamu pernah melakukannya?

1.     Meremehkan tugas dan waktu

5 Alasan Penundaan yang Umum Dilakukan Orang
Ternyata tugasnya lebih sulit dari yang dibayangkan via pixabay.com

“Ahhh gampang, tugas tersebut hanya membutuhkan sepuluh menit”. Ternyata, satu jam setelahnya kamu masih berkutat dengan tugas tersebut. Apakah kamu atau orang lain pernah memberikan alasan tersebut?

Jika ya, ini adalah salah satu alasan penundaan yang tanpa disadari telah membuang waktumu. Jika tugas tersebut dapat mudah dikerjakan, ada baiknya untuk segera dikerjakan. Kalau kamu fokus dan dapat menyelesaikannya lebih cepat dari perkiraan tentu lebih baik. Jadi kamu bisa mempunyai waktu untuk mengerjakan hal lain.

2.     Mudah teralihkan

5 Alasan Penundaan yang Umum Dilakukan Orang
Kondisi yang mendukung dapat membuatmu fokus via pixabay.com

Jika kamu adalah orang yang mudah teralihkan oleh hal-hal lain di sekitarmu, berhenti jadikan alasan untuk menunda pekerjaan. Ketika menggerjakan suatu tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi maka kerjakan di lingkungan yang mendukung. Menjauhlah dari suara perangkat TV, gadget atau sekelompok orang yang sedang mengobrol.

3.     Mencari inspirasi

5 Alasan Penundaan yang Umum Dilakukan Orang
Melamun hanya menghasilkan rasa kantuk via pixabay.com

Mencari inspirasi memang enggak mudah walau banyak yang bilang inspirasi ada di sekitar kita. Orang yang memiliki banyak hal di dalam pikirannya, tapi sulit untuk dituangkan biasanya mencari inspirasi dengan melamun. Namun, kalau ingin mencari inspirasi maka kamu harus lebih proaktif untuk melakukan sesuatu.

Kalau tubuhmu enggak bergerak maka rasa kantuk akan menyerangmu dan kamu jadi menunda pekerjaan lebih lama. Jadi bergeraklah dan jangan memakai alasan sedang cari inspirasi untuk menunda-nunda.

4.     Menunggu mood sambil mengerjakan hal lain

5 Alasan Penundaan yang Umum Dilakukan Orang
Melakukan banyak hal lain, lalu lupa dengan pekerjaan utama via pixabay.com

Banyak orang yang sering menunda menyelesaikan pekerjaan yang enggak dia suka. Oleh karena itu mereka memberi alasan menunggu mood untuk menghindar dengan mengerjakan hal lain yang mungkin enggak sepenting tugas itu. Ini adalah salah satu alasan penundaan yang dapat merugikan. Ayo segera selesaikan!

5.     Tidak punya manajemen waktu

5 Alasan Penundaan yang Umum Dilakukan Orang
Tidak punya manajemen waktu akan membuatmu bingung dalam membuat prioritas kerja via pixabay.com

Orang yang enggak mempunyai manajemen waktu cenderung sulit membuat prioritas. Mereka cenderung mengerjakan beberapa hal secara acak dan di menit-menit terakhir. Jika kamu atau teman dekatmu sering melakukan hal ini, ada baiknya untuk menyusun daftar apa saja yang harus dikerjakan pada malam sebelumnya.

Apakah kamu mengetahui alasan-alasan penundaan lainnya?


 

Leave a Reply