5 Cara Efektif untuk Mengelola Pertemanan di Tempat Kerja

Kantor adalah tempat dimana kamu menghabiskan sebagian besar waktumu. Bahkan mungkin lebih banyak daripada di rumah atau tempat lain. Enggak heran tempat kerja kadang-kadang menjadi semacam rumah ke dua dan teman kerja adalah keluarga ke duamu.

Oleh sebab itu, enggak ada salahnya kamu mencermati dan mengelola pertemanan di tempat kerja. Selain bikin kerjamu jadi efektif, kamu juga jadi lebih senang. Yuk baca 5 cara yang efektif di bawah ini.

1. Kelola waktu bersosialisasi

Mengelola Pertemanan di Tempat Kerja
via staticflickr.com

Bersosialisasi dengan kolega kerjamu seperti mengobrol ringan bisa meningkatkan produktifitas kerja secara signifikan. Tapi kalau kamu terlalu banyak mengobrol dan pekerjaanmu terganggu tentu saja ini jadi masalah.

Penting untuk mengenali batasan ketika bersosialisasi di kantor malah menjadi distraksi dan membuatmu enggak fokus bekerja. Sebaiknya kamu menyisihkan waktu untuk bersosialisasi hanya pada saat-saat santai seperti makan siang atau rehat. Alokasi waktu ini akan membuatmu cukup bersosialisasi tapi target kerjamu tetap terpenuhi.

2. Hindari bergosip

via staticflickr.com

Salah satu yang paling merusak hubungan kerja adalah gosip kantor. Kamu mungkin berpendapat kalau bergosip hanya untuk lucu-lucuan, namun selain enggak profesional, gosip kantor dapat benar-benar menimbulkan masalah di tempat kerja. Apalagi kalau atasanmu mendengar gosip tersebut dan membawa masalah tersebut menjadi masalah profesionalitas.

Selain bisa menimbulkan masalah bagi rekan kerja, kredibilitasmu juga jadi terpengaruh. Kalau kamu melihat arah pembicaraan antar rekan kerja mulai negatif, coba alihkan arah pembicaraan. Kalau enggak berhasil, buru-buru pergi aja deh ngobrol sama yang lain.

3. Perlakukan semuanya setara

Mengelola Pertemanan di Tempat Kerja
via wikimedia.org

Ketika kamu bersosialisasi di tempat kerja, jangan pilih kasih dan perlakukan semua kolegamu dengan setara. Beri perhatian dan penghargaan kepada semua orang, bukan hanya teman yang kamu anggap dekat saja. Terutama kalau sedang berbagi ide dan berdiskusi tentang pekerjaan secara profesional. Sederhananya, jangan nge-geng. Kamu kan sudah enggak di SMA lagi.

Kalau kamu adalah seorang atasan, memiliki bawahan favorit mungkin enggak terhindarkan. Tapi jangan memberikan perlakuan khusus apalagi sampai terlihat oleh bawahanmu. Selain bisa mengganggu kredibilitasmu, hal ini juga bisa membuat bawahan lain jadi segan memberikan kontribusi maksimal. Berikan kesempatan yang adil bagi semua orang.

4. Cermati teman yang dapat kamu percaya

via pixabay.com

Kamu perlu membangun hubungan pertemanan di tempat kerja dengan landasan yang kuat. Cermati dan jangan terburu-buru untuk menilai siapa saja yang dapat dipercaya dan yang bisa cocok denganmu. Jangan buru-buru langsung membagikan rahasia, baik kerja maupun pribadi. Ceritakan hal-hal kecil yang enggak terlalu berpengaruh bagimu untuk melihat situasi.

5. Tangani dan cegah konflik sedini mungkin

via pixabay.com

Konflik enggak mungkin dihindari, baik dalam hubungan dekat maupun profesional seperti di tempat kerja. Namun, kamu bisa mengurangi terjadinya konflik dengan mencermati area yang rawan konflik dan mencari upaya pencagahan yang tepat. Kalaupun konflik muncul, kamu bisa meminimalisir dampaknya dengan menanganinya sedini mungkin.

Jika konflik akhirnya berujung pada buruknya hubunganmu dengan seorang kolega, jangan biarkan hal ini mempengaruhi kerjamu. Tetap sopan dan profesional. Kalau kamu enggak menanganinya dengan bijak, bukan saja kamu capek sendiri dan kerjaanmu terganggu, atasanmu bisa menilai kalau kamu enggak mampu menangani masalah.

Apakah kamu punya tips lainnya untuk mengelola pertemanan di tempat kerja? Yuk share di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply