5 Tips Finansial dari Sun Tzu

Kehebatan Sun Tzu terletak pada kefleksibelan pemikirannya yang dapat diterapkan pada medan perang, administrasi publik, perencanaan, diplomasi dan negosiasi internasional sampai bidang ekonomi dan perdagangan. Hal ini karena prinsip-prisnip Sun Tzu selalu didasarkan pada pentingnya untuk mengikuti keadaan dan beradaptasi dengan perkembangan.

Enggak heran, banyak para ahli dari bidang lain yang menerapkan prinsip Sun Tzu. Kalau kamu sering merasa selalu berperang dengan hutang dan pengeluaran berlebih, yuk pelajari 5 tips finansial dari Sun Tzu berikut ini.

1. Pengelolaan untuk jumlah yang banyak maupun sedikit sama saja. Intinya adalah pengelolaan yang baik.

tips finansial dari sun tzu
via i.vimeocdn.com

Baik kamu memiliki uang sedikit atau trilyunan, kamu tetap perlu pengelolaan finansial yang baik. Itu sebabnya milyuner yang merangkak dari bawah biasanya tetap akan hemat dan bijak dalam mengelola uangnya. Enggak heran juga orang yang kaya mendadak bukan karena kebiasaan baiknya biasanya akan kembali memiliki kondisi keuangan yang buruk.

2. Jenderal yang kalah perang adalah yang melakukan sedikit perhitungan sebelumnya.

tips finansial dari sun tzu
via pexels.com

Pengelolaan dan perencanaan finansial memerlukan banyak studi dan persiapan yang matang. Perhitungan yang matang menghasilkan kemenangan sedangkan perhitungan yang sedikit berakhir kekalahan.

Hal yang sama tentu saja berlaku untuk keuangan. Sebelum kamu berkomitmen pada suatu rencana investasi keuangan atau memilih kartu kredit, pastikan kamu sudah mempelajari baik buruk dan semua fiturnya agar menguntungkanmu secara maksimal.

3. Kecepatan adalah inti dari perang.

via wikimedia.org

Menabung dan investasi akan jauh lebih menguntungkan ketika kamu masih muda. Bayangkan berapa banyak jumlah uangmu ketika diinvestasikan dan ditabung sedari muda? Oleh sebab itu, mengelola keuangan dengan pintar dan bijak harus dilakukan secepat dan sedini mungkin.

4. Kesempatan akan berlipat ganda ketika dicari.

via wikimedia.org

Dengan mencari investasi terbaik serta produk keuangan yang cocok untukmu, maka selain uangmu akan berlipat ganda, kamu juga akan mendapatkan pengalaman dan edukasi finansial yang baik. Akibatnya, kamu akan semakin menambah keahlian untum membuat pundi-pundi uang.

Oleh sebab itu, jangan takut untuk mulai berinvestasi dan mencari kesempatan. Kamu enggak akan bertambah makmur hanya dengan duduk diam.

5. Ini adalah masalah hidup atau mati. Jalan menuju kehancuran atau kedamaian. Jadi, tidak ada hal yang dapat diabaikan.

via maxpixel.freegreatpicture.com

Walaupun uang bukan segalanya, namun bukan berarti kamu bisa menggampangkan masalah uang. Nyatanya, kamu perlu selalu waspada dan bijak dalam menangani masalah finansial. Perlakukan masalah keuanganmu seperti masalah hidup dan mati agar kamu enggak terjatuh ke dalam hutang dan bisa memiliki masa tua yang nyaman.

Apakah kamu punya tips dalam mengelola keuanganmu sendiri? Yuk share di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply