5 Rahasia Branding Merk Raksasa untuk Diterapkan pada Bisnismu

Semua orang di belahan dunia manapun pasti tahu Coca Cola. Bahkan menurut suatu studi, hanya dari siluet botolnya saja, semua orang dapat mengenali bahwa itu adalah botol coca cola. Sebegitu terkenalnya merek ini sampai-sampai memasukkan produk ini ke film dan musik sudah enggak dianggap sebagai iklan lagi. Coca cola bukan lagi produk biasa namun sudah menjadi bagian dari budaya dunia. Perusahaan raksasa ini memang memiliki branding yang sangat kuat. Apa sih rahasianya? Yuk baca 5 rahasia branding merek raksasa ini untuk bisa kamu terapkan pada bisnismu.

1. Keberadaan yang esensial

via staticflickr.com

Merek yang memiliki branding paling baik adalah merek yang mampu terus menerus meningkatkan nilainya. Hal ini terus dilakukan untuk menjadi bagian yang tak tergantikan dalam hidup konsumen dan pelanggan.

Google, misalnya, terus-menerus membuat inovasi seperti Google Map dan Google Translate yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari semua orang. Facebook, membuat relasi antar pengguna Facebook menjadi makin mudah dan menyenangkan dengan notifikasi ulang tahun dan FB events.

Apple berhasil membuat semua orang selalu menunggu-nunggu perilisan produk terbarunya. Ini karena kebanyakan orang tahu bahwa setiap produk Apple akan memudahkan komunikasi, kerja, dan cara mereka menikmati waktu luang.

Merek-merek tersebut memikirkan bagaimana menciptakan produk yang membuat kehidupan konsumen dapat lebih mudah dengan produk mereka.

2. Konsisten

via staticflickr.com

Di jaman yang serba cepat berubah ini, merek mobil Ford justru menawarkan sesuatu yang konsisten. Mereka percaya bahwa mengubah logo dan moto terlalu sering justru akan membuat pelanggan susah mengingat merek mereka.

Ditambah dengan sejarahnya yang sangat baik dan koneksi yang kuat dengan pelanggannya, Ford menjadi lambang kepastian dan kepercayaan tinggi. Jadi, kalau kamu sudah memiliki nama baik dan ciri khas unik yang bernilai tinggi, enggak ada salahnya untuk menjaganya tetap konsisten daripada berubah terus-menerus.

3. Menjual kebahagiaan

via staticflickr.com

Coca-Cola membangun mereknya dengan pola pikir “Bagaimana kita dapat menginspirasi, mempromosikan, dan menciptakan kebahagiaan?” Mereka membubuhi branding ini di setiap segi produk mereka. Dari promosi Facebook, kemasan, sampai mesin penjual otomatis mereka.

Sebagai contoh, saat hari raya tiba, mereka akan menggunakan pesan berbagi kebahagiaan dengan Coca Cola. Mereka bahkan mempromosikan pesan pentingnya keanekaragaman di kemasan botol mereka.

Teknik branding ini tentu saja luar biasa karena teknik promosi terbaik adalah yang membangkitkan emosi. Siapa yang enggak mau beli produk Coca Cola kalau tiap melihat mereknya mereka langsung merasa bahagia?

4. Memiliki ciri pembeda

via wikimedia.org

Pernah lihat maskapai udara yang pesawatnya serba Hello Kitty? Kebanyakan pasti pernah lihat karena beritanya pernah viral. Pasalnya, segala sesuatu yang unik memang cepat menarik perhatian. Sama halnya dengan Southwest Airlines. Maskapai yang menawarkan harta hemat ini selain memiliki karakter unik, juga konsisten menciptakan inovasi dan pelayanan prima.

Southwest Airlines senantiasa menjaga identitasnya sebagai maskapai yang berbeda dari lainnya. Dari desain pesawatnya yang unik sampai pemasarannya yang enggak menggunakan sistem reservasi besar, dia membedakan mereknya dengan sangat baik. Namun, yang paling membedakannya dengan maskapai unik lainnya seperti Eva Airlines dengan Hello Kitty-nya tentu saja pelayanannya yang prima.

Selain unik, maskapai ini memberikan pelayanan prima bagi pelanggannya. Mereka enggak memberikan biaya tambahan untuk bagasi dan staf mereka selalu ramah. Sederhananya, enggak ada yang bisa menyamai keunikan dan kualitas mereka.

5. Fokus pada konsumen

via wikimedia.org

Dari semua rahasia branding semua merek raksasa, fokus pada konsumen dan pelanggan adalah yang paling penting. Merek seperti Amazon, Nordstrom, dan Target adalah perusahaan-perusahaan raksasa yang senantiasa fokus kepada pelayanan prima.

Amazon menciptakan inovasi berbelanja swalayan tanpa antrian. Dengan menawarkan penggantian penuh bagi pelanggan yang kurang puas adalah strateginya untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap layanan belanja online yang transparan dan dapat dipercaya.

Nordstrom memberikan layanan pelanggan yang jauh melebihi ekspektasi. Barang-barang berharga tinggi yang dijual di toko-toko mereka diimbangi dengan pelayanan yang ramah, dan kebijakan pengembalian barang yang mudah. Selain itu ucapan terima kasih bagi pelanggan tetap sehingga menciptakan pengalaman belanja yang tak ada duanya.

Target di lain pihak memberikan barang berkualitas tinggi dan pengalaman berbelanja yang bergengsi namun harga yang sangat bersaing. Pelayanannyapun enggak kalah dengan toko nomor satu.

Apakah kamu tahu rahasia branding merek raksasa lainnya? Yuk, tulis jawabanmu di kolom komentar.


 

Leave a Reply