Mandiri Jogja Marathon 2018, Penuh Keseruan

Sebuah event olahraga sekaligus wisata, Mandiri Jogja Marathon 2018, sukses digelar oleh Bank Mandiri pada hari Minggu 15 April lalu. Event olahraga lari ini enggak sekedar lari saja, tapi peserta juga bisa menikmati keindahan alam, peninggalan sejarah, serta beragam budaya yang disajikan sepanjang lintasan yang dilewati oleh para peserta. Mau tahu keseruannya?

Diikuti oleh ribuan peserta

Mandiri Jogja Marathon 2018, Penuh Keseruan
Ramainya peserta Mandiri Jogja Marathon 2018. Foto: Elly Nurul

Kalian tahu enggak? Event Mandiri Jogja Marathon ini diikuti oleh ribuan pelari. Berdasarkan data, jumlah peserta yang ikut dalam event ini mencapai 8000 orang. Tidak hanya itu saja, jumlah peserta ini, 80 persennya berasal dari luar Yogyakarta.

Kerennya lagi, banyak pesertanya juga datang dari berbagai negara. Menurut penyelenggara, peserta yang ikutan acara ini berasal dari 27 negara. Tiga negara yang paling banyak pesertanya adalah Malaysia, Kenya dan Jepang.

Berkumpul sejak pagi

Mandiri Jogja Marathon 2018, Penuh Keseruan
Peserta siap-siap masih dinihari. Foto: Irawati hamid

Mandiri Jogja Marathon ini sendiri, ada empat kategori. Full Marathon dengan jarak 42 Kilometer, Half Marathon dengan jarak 21 Kilometer, serta kategori 10 Kilometer dan 5 Kilometer.

Khusus kategori Full Marathon ini, startnya dilakukan jam 04.45 pagi. Kategori ini dibuat paling duluan startnya karena jarak tempuh yang jauh. Pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk para peserta mencapai garis finish.

Setelah start kategori Full Marathon dilakukan, berturut-turut dilakukan start untuk kategori Half Marathon, 10 K dan 5K. Jarak startnya setengah jam. Karena startnya sangat pagi, sudah pasti peserta yang ikut dalam event ini sudah datang di lokasi start (dan juga finish) sebelum mentari pagi menjelang, di kawasan Candi Prambanan.

Sebelum start, banyak dari para peserta melakukan persiapan dengan melakukan perenggangan (scretching) dan pemanasan dengan berlari di kawasan Candi Prambanan. Ketika matahari terbit, langit berwarna kemerahan dan keemasan, sejumlah peserta yang belum melakukan start, banyak yang asyik ber-swafoto atau selfie dengan latar belakang Candi Prambanan dan cahaya langit yang indah.

Dilepas oleh Menteri BUMN dan Dirut Bank Mandiri

Flag off oleh Ibu Rini Soemarno (Menteri BUMN). Foto: Elly Nurul

Pada saat akan dimulai, peserta Mandiri Jogja Marathon ini sudah berkumpul di garis start. Duo MC, Melania Putri (Mantan Putri Indonesia) dan Genda memberikan banyak informasi mengenai aturan-aturan lomba. Mereka juga menyebutkan nama-nama komunitas lari yang mengikuti event ini seperti Indo Runner, Bogor Runner, Pernah Lari di Bekasi dan komunitas lari dari berbagai daerah lainnya.

Setelah MC menyampaikan pengumuman, peserta Mandiri Jogja Marathon ini langsung dilepas oleh Menteri BUMN Rini Soewarno dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. Ikut mendampingi juga sejumlah Direksi Bank Mandiri.

Suguhan Atraksi Budaya dan Keindahan Alam di Lintasan Lari

Peserta dengan Latar Belakang Candi Prambanan. Foto: Elly nurul

Peserta Lomba Lari Mandiri Jogja Marathon ini, di sepanjang lintasan lari disuguhkan berbagai atraksi kebudayaan khas Indonesia. Tapi atraksi ini bisa kita saksikan di lintasan lari lebih dari 5 Kilometer.

Misalnya di Kilometer 12 akan disuguhi kesenian Karawitan, kemudian di kilometer 34 ada keroncong. Jadi peserta lari, tidak sekedar berlari saja. Mereka bisa menikmati kesenian dan kebudayaan khas Indonesia.

Selain kesenian, peserta juga melintasi beberapa candi di sepanjang lintasan lari, misalnya Candi Plaosan.  Peserta juga melintasi 9 desa dengan keindahan alamnya seperti area persawahan yang hijau. Di sepanjang lintasan lari, juga disiapkan pisang bagi para peserta yang ingin mengisi perut.

Pisang ini dibeli oleh penyelenggara dari petani lokal yang bertujuan untuk memberdayakan petani lokal. Jumlah pisang yang dibeli ini sendiri, jumlahnya mencapai 8000 pisang. Memang sesuai dengan jumlah peserta yang mengikuti. Peserta yang kehausan juga diberikan minum gratis.

Beragam Kuliner di Kawasan Candi Prambanan

Mandiri Jogja Marathon 2018, Penuh Keseruan
Jadah tempe. Foto: istimewa

Yang datang ke lokasi acara hanya peserta lari? Enggak juga. Banyak sekali peserta event Mandiri Jogja Marathon ini yang mengajak pasangan atau bahkan keluarga dan teman-teman mereka. Ada yang juga mengikuti lomba lari, tapi ada juga yang menunggu di lokasi acara atau garis finish.

Bagi yang menunggu di lokasi acara bisa sambil menikmati Food Keraton Festival yang menyuguhkan makanan khas Yogyakarta. Sudah pada tahu dong pasti ada makanan khas Jogja yang namanya Gudeg, nah di sini ada Gudeg Mandar. Selain itu, masih banyak makanan khas Yogyakarta yang disuguhkan seperti Jadah Tempeh Mbah Carik, Sate Khlatak, dan Mi Lethek Bantul.

Ada juga beberapa booth makanan lain yang menyediakan kuliner bukan khas Jogja. Makanan dan minuman yang dijual di lokasi acara ini, selain bisa dinikmati oleh pengunjung, juga bisa dinikmati oleh peserta Mandiri Jogja Marathon yang sudah sampai finish.

Mandiri Jogja Marathon 2018, Penuh Keseruan
E-money Mandiri Jogja Marathon. Foto: istimewa

Untuk bisa icip-icip makanan maupun minuman yang ada di lokasi acara, pengunjung maupun peserta harus menggunakan e-money dari Bank Mandiri. Tidak bawa e-money atau belum top up (mengisi ulang saldo e-money)? Di tenda bazaar makanan, sudah ada lebih dari 5 booth yang menjual e-money edisi Mandiri Jogja Marathon 2018 dan juga bisa melakukan top up e-money.

Medali dan Kaos untuk Finisher

Mandiri Jogja Marathon 2018, Penuh Keseruan
Medali untuk finisher. Foto: istimewa

Bagi peserta Mandiri Jogja Marathon, selain hadiah untuk pemenang dari empat kategori, penyelenggara juga menyediakan medali untuk para peserta yang mencapai garis finish (finisher). Medali untuk finisher ini dibuat berbeda-beda, baik untuk Full Marathon, Half Marathon, 5K dan 10K.

Selain mendapatkan medali, peserta juga mendapatkan kaos atau tees. Tees ini akan berbeda-beda sesuai dengan kategori yang diikuti. Nggak lucu kan bawa medali ke mana-mana? Kalau kaos kan bisa dipakai sekaligus untuk gaya-gayaan.

Hiburan

Mandiri Jogja Marathon 2018, Penuh Keseruan
Peserta di acara hiburan. Foto: istimewa

Setelah mencapai garis finish, para peserta bisa menikmati beragam kuliner yang tersedia. Selain itu pihak penyelenggara juga menyediakan beragam hiburan di lokasi acara. Salah satu yang dinanti adalah penampilan kelompok penyanyi GAC (Gamaliel Audrey Cantika).

Melepas lelah sehabis mengikuti Mandiri Jogja Marathon, para peserta asik bergoyang dengan iringan musik dari para penyanyi yang tampil di panggung utama. Ada banyak keseruan di event Mandiri Jogja Marathon tahun ini. Nantikan keseruannya lagi di Mandiri Jogja Marathon 2019!


 

Leave a Reply