Tips Berkomunikasi Ketika Dalam Tekanan

Ketika berada di bawah tekanan, tiap orang memiliki respon alaminya masing-masing. Ada yang cenderung diam dan enggak bisa bertindak sesuai yang diperlukan, ada yang sebaliknya malah panik dan banyak bicara namun enggak memberikan solusi. Setiap orang memerlukan kemampuan yang baik dalam menghadapi tekanan.

Dunia kerja yang keras dan cepat berubah memerlukan kepala dingin dan respon cepat. Oleh karena itu kita perlu memiliki trik berkomunikasi yang baik agar mendapatkan outcome yang sesuai dengan keinginan. Berikut adalah tips berkomunikasi ketika dalam tekanan:

1.     Kendalikan emosi

Tips Berkomunikasi Ketika Dalam Tekanan
via pixabay.com

Enggak ada seorang pun yang suka berada di bawah tekanan. Oleh karena itu ketika kamu berada di dalam tekanan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengendalikan emosi.

Dengan mengendalikan emosi maka kita akan merasa tenang dan percaya diri. Sedangkan jika kita kehilangan emosi, apa yang kita rasakan dan lakukan enggak akan menjadi solusi dari permasalahan yang ada.

2.     Berpikir dengan jernih

Tips Berkomunikasi Ketika Dalam Tekanan
via pixabay.com

Ketika kita sudah bisa mengendalikan diri, maka kita bisa berpikir dengan jernih untuk mengambil langkah selanjutnya. Bagi yang belum terbiasa untuk mengendalikan diri, hal ini dapat dipelajari dan dilatih.

3.     Berbicara dengan hati-hati

Tips Berkomunikasi Ketika Dalam Tekanan
via pixabay.com

Komunikasi yang efektif terletak pada 7% dari kata-kata yang kita ucapkan. Sisanya terletak pada bahasa tubuh dan intonasi. Oleh sebab itu bicaralah secara jelas dan efektif untuk menjelaskan hal yang perlu kamu sampaikan. Tetap fokus pada permasalahan dan jangan berbicara panjang lebar yang malah dapat mengakibatkan kesalahpahaman.

Bahkan ketika tekanan mulai reda, masih ada sisa emosi yang mudah tersulut. Jadi berbicaralah dengan hati-hati agar kamu enggak menyesali kata-kata atau tindakan ketika emosimu terpancing. Hindari tindakan menyalahkan orang lain dengan komentar, kritik atau kata-kata sarkasme yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

4.     Mendengarkan dengan seksama

Tips Berkomunikasi Ketika Dalam Tekanan
via pixabay.com

Berikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Dengarkan dengan seksama dan tempatkan dirimu di posisi orang lain ketika mereka berbicara. Cobalah memahami sudut pandang mereka dan perhatikan bahasa tubuhnya.

Jangan memotong ketika orang lain sedang menjelaskan walaupun sekedar memberikan nasihat. Kemudian ketika mereka mengkritik, dengarkanlah dan saringlah. Tentu saja kamu enggak perlu menyetujui semua yang dikatakannya.

5.     Merespon dengan benar

via pexels.com

Sebelum berbicara pastikan untuk mengatur nada dan intonasi saat akan berbicara. Nada dan intonasi kita saat berbicara dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Selalu cek interpretasi orang lain apakah sesuai dengan apa yang kamu bicarakan atau mereka bicarakan agar terhindar dari kesalahpahaman. Jika ada hal yang enggak jelas, ada baiknya untuk ditanyakan kembali kepada yang bersangkutan

Apa yang biasanya kamu lakukan ketika sedang dalam tekanan? Beri tahu kami di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply