7 Metode Pembelajaran, Mana yang Cocok untuk Kamu?

Apakah kamu senang mempelajari sesuatu tapi selalu menemui hambatan dalam proses pembelajaran? Apa kamu kadang frustrasi ketika merasa sudah berusaha sekuat tenaga untuk belajar namun hasil rasanya di bawah ekspektasi? Jangan menyerah dulu.

Coba tujuh metode belajar berikut agar kamu tahu metode mana yang cocok buatmu. Siapa tahu selama ini kamu hanya salah cara belajar. Yuk baca terus.

1.     Logika

via pixabay.com

Orang yang menggunakan logika sebagai metode pembelajaran adalah orang-orang yang pintar dalam memahami hubungan sebab akibat. Mereka ingin memahami konsep dan alasan dibalik apa yang mereka pelajari. Mereka juga memiliki kemampuan yang baik untuk memahami sesuatu dan memecahkan suatu masalah.

Biasanya mereka jago dengan angka, matematika, permainan pengasah otak dan permainan strategi, serta memiliki nalar yang tinggi. Orang seperti ini akan lebih mudah mempelajari sesuatu jika memiliki gambaran besar dari obyek studi.

2.     Visual

7 Metode Pembelajaran, Mana yang Cocok untuk Kamu?
via pixabay.com

Metode yang satu ini menggunakan gambar, diagram, warna, dan mind maps sebagai media untuk pembelajaran. Orang yang menyukai metode ini lebih mudah menyerap informasi melalui bantuan visual seperti diagram atau grafik.

Biasanya mereka pintar membaca peta dan menganalisa suatu laporan dengan membuat garis besar dan detil tiap poin. Orang-orang visual dapat mengambil banyak manfaat dari kemajuan teknologi visual saat ini.

3.     Verbal

7 Metode Pembelajaran, Mana yang Cocok untuk Kamu?
via pixabay.com

Orang yang menggunakan metode pembelajaran ini biasanya memiliki ingatan yang sangat bagus. Mereka akan menulis dan membaca kembali catatan-catatan yang telah dibuatnya.

Untuk memudahkan mengingat sesuatu mereka akan membuatnya dalam bentuk daftar berikut kata kuncinya, serta melafalkannya dengan keras. Tipe orang yang belajar melalui verbal menyukai bermain peran, dan sangat bagus dalam permainan kata, sajak serta menuangkan apa yang ada dipikirannya ke dalam secarik kertas.

4.     Aural (Auditory)

7 Metode Pembelajaran, Mana yang Cocok untuk Kamu?
via pixabay.com

Aural adalah metode pembelajaran yang menggunakan suara-suara atau bunyi-bunyian. Orang-orang yang menggunakan metode ini biasanya akan lebih mudah menerima informasi atau instruksi secara langsung. Orang-orang Aural adalah pendengar yang baik dan memiliki ingatan yang baik pula.

Ini menjadikan mereka sangat cocok untuk berdiskusi dan menerima laporan atau informasi secara verbal. Terkadang ia akan bergumam, mengatakan kepada diri sendiri dengan lantang, atau menggunakan suara atau irama tertentu untuk mengingat suatu hal.

5.     Kinestetik (Fisik)

7 Metode Pembelajaran, Mana yang Cocok untuk Kamu?
via pixabay.com

Kinestetik adalah metode pembelajaran melalui sentuhan dan melibatkan gerakan fisik (motorik). Metode ini biasanya dilakukan untuk belajar suatu keahlian tertentu.

Biasanya orang-orang yang cocok dengan metode ini adalah orang-orang yang senang menggambar, aktif melakukan kegiatan fisik, dan spontan. Disebut juga dengan istilah “learning by doing”, metode belajar ini cocok untuk orang-orang yang suka menciptakan sesuatu seperti pengrajin kayu, pelukis, atau koki.

6.     Sosial (Interpersonal)

7 Metode Pembelajaran, Mana yang Cocok untuk Kamu?
via pixabay.com

Metode pembelajaran dengan cara sosial atau interpersonal ini adalah metode dimana seseorang senang belajar dengan orang banyak atau berkelompok. Hal inilah yang dapat menjadikannya sebagai seorang komunikator yang handal dan bisa bekerjasama dengan orang lain.

Mereka pintar menempatkan diri di suatu kelompok, dan pintar membaca emosi orang lain. Hal ini menjadikannya mudah untuk belajar dari orang lain dan membagikan apa yang ia ketahui ke orang-orang disekelilingnya.

7.     Solitary (Sendiri)

7 Metode Pembelajaran, Mana yang Cocok untuk Kamu?
via pixabay.com

Metode pembelajaran Solitary adalah dimana seseorang akan lebih nyaman dan tenang belajar atau bekerja ketika ia sendirian. Ia membutuhkan lingkungan yang sepi untuk tetap fokus. Orang-orang yang lebih nyaman belajar sendirian adalah orang-orang yang sudah membuat tujuan pembelajaran atau target dari pembelajaran tersebut.

Dari tujuh metode belajar diatas, mana yang kamu rasa paling pas untuk metode belajar yang kamu pilih?


 

Leave a Reply