5 Tips Hidup Seimbang bagi Pegawai Bank

Pernah dengar guyonan setengah serius bahwa pegawai bank adalah menantu idaman? Padahal, walaupun memiliki gengsi, pekerjaan sebagai seorang pegawai bank bukan saja perlu kerja keras namun juga punya tingkat stres sangat tinggi.

Bayangkan, seorang pegawai bank bisa duduk terus-menerus selama 16 jam sehari di depan komputer. Belum lagi makanan-makanan enak berkalori tinggi yang tersedia yang tentunya sulit untuk ditolak. Pola hidup mereka jelas rentan terkena berbagai masalah kesehatan.

Agar kamu tetap jadi menantu idaman dan tetap sehat, yuk baca 5 tips hidup seimbang bagi pegawai bank ini.

1. Rehat duduk

tips hidup seimbang bagi bankir
via pexels.com

Seperti sudah disebutkan di atas, seorang pegawai bank bisa duduk di depan komputer dalam waktu lama setiap harinya. Padahal duduk terlalu lama bisa menghambat peredaran darah di tubuh. Hal ini bisa mempercepat penuaan dini.

Agar kamu lebih sehat, setiap satu jam sekali bangun dari kursi dan berjalan berkeliling sekitar beberapa menit. Pasang alarm di gawai agar kamu enggak lupa dan konsisten melakukan rutinitas ini.

2. Teknik pernapasan colongan

via static.kremlin.ru

Seorang pegawai bank harus berinteraksi dengan orang lain dan membuat banyak keputusan. Hal ini tentu menimbulkan stres dan emosi yang menumpuk.

Kalau stres mulai muncul, atau kamu berada dalam diskusi yang semakin panas, tarik napas panjang, tahan, dan keluarkan. Teknik pernapasan dapat mendinginkan tubuhmu dan meningkatkan kesadaran pikiran. Teknik ini juga enggak seheboh yoga yang akan aneh kamu lakukan saat rapat direksi.

3. Banyak jalan

via staticflickr.com

Pegawai bank seringkali harus pergi ke tempat-tempat lain untuk rapat maupun melakukan aktifitas perbankan. Gunakan saat-saat seperti ini untuk berjalan kaki daripada menggunakan lift atau kendaraan.

Luangkan waktu untuk berangkat lebih cepat dan pilih untuk berjalan kaki. Terutama kalau kamu ngekos dekat kantor atau jarak antara kantormu dan tempat rapat dekat.

4. Ciptakan rutinitas olah raga

via staticflickr.com

Sebagai seorang pegawai bank, kamu seringkali enggak punya waktu dan energi untuk nge-gym. Padahal memiliki rutinitas olah raga sangat penting bagimu. Waktu terbaik untuk olah raga adalah sebelum makan siang atau makan malam.

Kalau kamu enggak punya kebebasan waktu untuk berolah raga saat siang hari, lakukan setelah pulang kantor dan sebelum makan malam. Manfaatkan promosi dan diskon keanggotaan gym yang biasanya didapatkan oleh pegawai bank.

5. Hindari pola makan tidak sehat

via wikimedia.org

Selalu awali harimu dengan sarapan yang sehat dan jangan makan malam berlebihan. Pegawai bank seringkali enggak punya waktu untuk sarapan dan saat makan malam malah makan besar bersama dengan teman-teman kantornya. Padahal ini sangat buruk bagi kesehatan.

Selalu luangkan waktu di pagi hari untuk mendapatkan asupan seimbang. Hal ini juga membuatmu enggak tergantung pada kopi untuk semangat di pagi hari. Saat makan malam, pilih menu yang ringan. Jangan ikuti temanmu yang memesan makanan siap saji yang berlemak.

Jika kamu seorang pegawai bank, apakah kamu memiliki tips lainnya untuk memiliki hidup yang seimbang?


 

Leave a Reply