Tips Menghadapi Konflik dengan Efektif

Konflik bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan pada siapa saja. Oleh sebab itu kita perlu mengerti cara menanggulangi masalah agar enggak sampai berlarut-larut. Namun tentunya penyelesaian masalah terkadang enggak mudah. Terkadang kita justru larut pada saling menyalahkan atau berteriak-teriak.

Di situasi seperti ini diperlukan ketenangan,  pengendalian emosi dan strategi untuk menyelesaikan masalah. Berikut adalah tips menghadapi konflik dengan tenang dan efektif:

1.     Tenangkan pikiran dan kendalikan diri

Tips Menghadapi Konflik dengan Efektif
via pixabay.com

Ketika dihadapi dengan konflik, usahakan jangan langsung bereaksi sebelum mengerti akar permasalahannya dengan jelas. Suatu konflik pastinya akan memancing berbagai pihak untuk mengemukakan dan memaksakan pendapatnya satu sama lain. Dalam keadaan tersebut, maka emosi dan tindakan seseorang bisa menjadi enggak terkendali.

Satu-satunya cara untuk tetap tenang dan fokus adalah dengan mengambil nafas dalam-dalam dan mengatur emosi pelan-pelan. Lakukan hal ini selama satu atau dua menit sambil duduk dan mengatur nafas. Atur bahasa tubuhmu dengan menggerakkan kedua tangan terbuka dan merilekskan pundak agar dapat fokus.

2.     Mengerti masalah dengan mendengarkan

Tips Menghadapi Konflik dengan Efektif
via pixabay.com

Setelah dirimu tenang, dengarkan penjelasan orang lain mengenai masalah yang ada dengan seksama. Dengan mendengarkan, selain bisa mengerti masalahnya lebih dalam, kamu juga dapat menurunkan ketegangan orang lain.

Jangan menyilangkan kedua lenganmu karena dalam bahasa tubuhmu mengisyaratkan kamu enggak menerima hal-hal yang kamu dengar. Buat agar tubuhmu terkesan terbuka dan rileks.

3.     Bertanya tanpa menyudutkan

Tips Menghadapi Konflik dengan Efektif
via pixabay.com

Buatlah pertanyaan-pertanyaan terbuka untuk memperjelas situasi dari suatu masalah. Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang meminta jawaban lebih dari satu kata, atau bukan hanya ya atau tidak saja. Jenis pertanyaan seperti ini akan mengundang lawan bicara untuk berbicara dengan jujur tanpa harus menyudutkan atau membuat mereka membela diri.

4.     Atur intonasi suara

Tips Menghadapi Konflik dengan Efektif
via pixabay.com

Satu hal penting lainnya ketika sedang marah adalah mengendalikan intonasi suara. Dengan merendahkan nada suara maka seseorang akan dapat menyampaikan apa yang ada dipikirannya dengan tenang.

Ketenangan tersebut juga dapat dirasakan lawan bicara dengan dapat mencerna informasi yang diterimanya. Selain itu mereka juga akan lebih nyaman berbicara dengan orang yang berbicara tenang.

5.     Move on

Tips Menghadapi Konflik dengan Efektif
via pixabay.com

Tentunya suatu konflik enggak selalu berakhir dengan apa yang diinginkan oleh salah satu pihak. Oleh karena itu ketika enggak ada kesepakatan akan lebih baik jika enggak meneruskan argumentasi yang enggak berujung. Yang harus dilakukan adalah move on. Gunakan energimu untuk melakukan sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat.

Nah, sering dihadapi dengan konflik? Yuk coba tips di atas tadi untuk tetap cool dan positif! Apakah kamu memiliki cara lain untuk menghadapi suatu konflik?


 

Leave a Reply