7 Tips Mengembangkan Pola Pikir yang Positif (Growth Mindset)

Menurut Carol Dweck, seorang Profesor Psikologi dari Universitas Stanford, pola pikir terbagi menjadi dua, yaitu Fixed Mindset (Pola Pikir Tetap) dan Growth Mindset (Pola Pikir yang Berkembang). Jika Fixed Mindset adalah pola pikir yang hanya mengandalkan bakat dan intelijensi tanpa menginginkan perubahan, maka Growth Mindset adalah sebaliknya.

Orang-orang yang memiliki growth mindset adalah orang-orang yang selalu ingin belajar untuk maju dari keadaan saat ini. Jika kamu merasa belum memiliki pola pikir ini, berikut adalah tujuh tips yang dapat kamu lakukan.

1.     Mengetahui dan menerima kelemahanmu

via staticflickr.com

Enggak ada orang yang mengenalmu sebaik dirimu sendiri. Kenalilah dirimu lebih dalam lagi. Dengan mengenal dirimu maka kamu akan mengetahui apa kekuatan dan kelemahanmu. Jangan fokus dengan kelemahan apalagi berpikir bahwa kelemahan adalah hal membuatmu enggak percaya diri. Justru kamu bisa membuatnya menjadi pemicu untuk terus berkembang.

2.     Selalu ingin belajar dan memperbaiki diri

via pexels.com

Mengetahui kelemahan akan membantumu untuk terus memperbaiki diri. Jika kamu sering menunda-nunda suatu pekerjaan maka untuk mendisiplinkan diri kamu perlu membuat strategi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Dengan selalu ingin belajar maka kemampuan dan kepintaranmu akan bertambah. Kamu enggak perlu belajar dengan cepat tapi belajarlah untuk memahami lebih baik. Kamu juga bisa belajar dan memperbaiki diri lewat kritik dan masukan dari orang-orang di sekitarmu.

3.     Melihat tantangan sebagai kesempatan

via pexels.com

Dengan terus belajar maka ada hal-hal baru yang akan kamu dapatkan. Selain menjadikannya kesempatan untuk berkembang, tantangan ini adalah salah satu metode untuk kamu belajar, memutar dan melatih otak untuk menemukan solusi atau ide baru.

4.     Membuat target

via pexels.com

Orang–orang yang memiliki growth mindset adalah orang-orang yang mempunyai target. Dengan target kamu akan memiliki dorongan untuk melakukan semuanya agar targetmu tercapai.

5.     Fokus pada proses

via maxpixel.freegreatpicture.com

Belajar adalah proses yang memerlukan waktu. Bisa sebentar tapi juga bisa lama. Namun, sebenarnya dalam hidup proses belajar enggak akan berhenti sampai kapan pun juga. Jadi nikmati proses belajar kamu.

6.     Berikan penghargaan kepada orang lain

via pexels.com

Jangan sungkan untuk memberikan penghargaan kepada orang lain. Apa yang kamu katakan akan memberikan dorongan kepada orang lain untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik lagi.

7.     Belajar dari kesalahan

via pexels.com

Siapa saja bisa melakukan kesalahan. Ternasuk kamu dan orang-orang  disekitarmu. Kesalahan bukan masalah besar yang harus diingat terus menerus dan dibesar-besarkan. Kalau ingin memiliki pola pikir yang positif dengan growth mindset maka kamu perlu mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut. Dengan belajar dari kesalahan maka kamu akan berhati-hati dalam melakukan tindakan agar enggak mengulangi kesalahan yang sama.

Apakah kamu tertarik untuk membangun pola pikir ini? Beri tahu kami di kolom komentar.

Selamat mencoba!


 

Leave a Reply