7 Tips Bagaimana Mengatasi Ketakutan untuk Menuju Kesuksesan sebagai Entrepreneur

Untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses, seseorang harus selalu ingin tetap berkembang dan maju. Namun kadang ketakutan hinggap dan membuat seseorang enggak berani mengambil keputusan dan risiko untuk melangkah lebih jauh. Padahal hal ini justru membuat masalah berlarut-larut dan akhirnya kamu susah bangkit. Berikut adalah tujuh cara mengatasi ketakutan agar lebih maju untuk meraih kesuksesan:

1.     Buatlah sebuah tujuan

via creative-commons-images.com

Hal pertama yang kamu harus lakukan untuk keluar dari zona nyamanmu adalah dengan mempunyai tujuan. Buatlah tujuan yang sesuai dengan passion dan karaktermu. Jika kamu ingin memulai suatu usaha, pertama kali yang harus dilakukan adalah merancang bussiness plan. Mulailah dengan langkah-langkah kecil untuk mewujudkan tujuanmu.

2.     Kenali, pahami dan hadapi ketakutanmu

via pexels.com

Tentunya kamu mempunyai banyak ketakutan untuk memulai sesuatu yang baru. Yang harus dilakukan untuk mengetahui ketakutanmu adalah mengenalinya dengan menuliskan semua ketakutanmu tersebut. Pahami dan lakukan sesuatu untuk menanggulangi ketakutanmu.

3.     Jangan berpikir apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu

via flickr.com

Jika kamu memikirkan apa yang orang lain pikirkan, itu hanya akan membuatmu ragu dan menghilangkan kepercayaan dirimu. Mulailah dengan melakukan langkah kecil untuk membangun kepercayaan dirimu untuk memulai usahamu. Percaya pada dirimu sendiri dan biarkan hati kecilmu untuk menuntunmu.

4.     Motivasi dan tantang dirimu

via wikimedia.org

Memulai suatu hal yang baru tentunya enggak mudah. Carilah sesuatu yang bisa menginspirasi dan memotivasi dirimu. Seperti apa yang membuat hidupmu berarti? Apa tujuan hidupmu? Dan apa yang membuatmu senang? Tantang dirimu untuk melangkah lebih jauh dan berhentilah menjadi perfeksionis dengan melakukan yang terbaik yang kamu bisa.

5.     Carilah partner, dukungan atau mentor

via flickr.com

Jika kamu masih takut untuk melangkah lebih lanjut, carilah partner untuk mengatasi ketakutanmu dan memulai usahamu. Dukungan keluarga atau sahabat juga akan bermanfaat untuk memberikan inspirasi dan menumbuhkan kepercayaan diri untuk menaklukan rasa takutmu dan melangkah lebih jauh. Jika ada orang lain yang berhasil dan pernah ada di posisimu, mintalah sarannya dan atau tirulah strateginya untuk mencapai kesuksesan.

6.     Visualisasi kesuksesan

via pixabay.com

Dengan memvisualisasi kesuksesan setiap hari,maka pikiranmu akan terbuka untuk melakukan hal-hal yang perlu kamu lakukan. Kamu juga bisa menarik hal-hal yang akan membawamu ke kesuksesan layaknya law of attraction.

7.     Jangan berhenti untuk berusaha

via flickr.com

Enggak semua usaha yang dilakukan akan langsung berhasil dengan tanpa adanya kegagalan. Ketakutan akan kegagalan hanya akan membuatmu enggak maju. Belajarlah dari kegagalan tersebut dan cari tahu apa yang menyebabkan kegagalan tersebut. Di akhir usaha kamu akan mengetahui bahwa kegagalan dan usaha keraslah yang dapat terus mendorongmu untuk maju.

Berani mencoba tips di atas untuk sukses? Bagi pengalamanmu di kolom komentar.


 

Leave a Reply