5 Peran Pemimpin yang Harus Diketahui oleh Calon Pimpinan Perusahaan

Tugas seorang pemimpin enggak hanya memimpin atau mengelola sumber daya perusahaan. Banyak hal yang perlu diperhitungkan oleh seorang pimpinan perusahaan dari rencana perusahaan, visi ke de depan, sampai kesejahteraan karyawan. Alpa memahami hal-hal tersebut, kamu bisa enggak maksimal melaksanakan fungsi sebagi seorang pemimpin. Berikut adalah lima peran pemimpin yang penting untuk kamu ketahui dan lakukan sebagai seorang calon pimpinan:

1.     Pembaharu

via pixabay.com

Untuk berkembang di masa depan tentunya dibutuhkan ide untuk membuat suatu inovasi atau gebrakan baru. Oleh sebab itu seorang pemimpin harus memiliki visi. Dimulai dengan visi itulah ia dapat membentuk tim untuk melakukan misi dengan nilai-nilai yang sama.

Pemimpin perlu menjadi seorang pemikir dan kreatif agar dapat memunculkan ide-ide baru atau inovasi agar perusahaan dan SDM-nya terus berkembang memberikan hasil bisnis yang lebih baik.

2.     Penyusun Strategi

via pixabay.com

Untuk menjadi pemimpin, seorang calon pemimpin harus kreatif dalam berpikir dan menyusun strategi agar perusahaan tetap eksis dan maju ke depannya. Pemimpin harus melakukan berbagai perhitungan untuk bertindak dengan risiko yang mengikuti. Tentunya ini harus dibarengi dengan keputusan yang tepat.

3.     Pengawas

via pixabay.com

Seorang pemimpin bagaikan nahkoda kapal yang berada di anjungan. Ia enggak hanya melihat dan mengawasi lautan di depan dengan teropongnya, tapi juga membantu stafnya jika ada sesuatu terjadi.

Jadi, seorang pemimpin selain bisa melihat situasi yang ada juga harus awas dengan yang ada di depan. Seorang pemimpin juga enggak sungkan untuk turun tangan dan melakukan sesuatu agar proses kerja dapat berjalan dengan lancar.

4.     Pembimbing sekaligus motivator

via pixabay.com

Seorang pemimpin harus bisa memberikan pengaruh kepada orang lain dengan cara mengenal pribadi setiap anggota timnya. Tentunya pengaruh yang diberikan tersebut haruslah yang positif. Pengaruhnya bisa dengan cara membimbing atau memotivasi timnya.

Lewat sikap, tutur kata, dan masukan dari seorang pemimpin tersebut, karyawan dapat termotivasi untuk bekerja dengan semangat dan sepenuh hati untuk meraih kesuksesan bersama. Selain itu seorang pemimpin juga dapat menginspirasi timnya untuk mengembangkan dirinya sendiri dan membantu mereka untuk meraih target yang mereka impikan.

5.     Pelayan

via pixabay.com

Seperti seorang pelayan yang cepat tanggap, seorang pemimpin harus memiliki pola pikir dimana ia harus bisa melihat dan mengerti situasi, keadaan tim, dan klien. Dengan sikapnya tersebut, ia bisa menempatkan dirinya di posisi yang tepat pada situasi tertentu tanpa mengutamakan kepentingan pribadi. Dengan sikap tersebut juga, seorang pemimpin dapat menjadi profesional dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk fokus mencapai target perusahaan.


 

Leave a Reply