Hindari 5 Kebiasaan Jelek ini yang akan Membunuh Produktivitasmu di Kantor

Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda. Hal itu bisa didapatkan dari faktor orang-orang terdekat atau dari faktor psikologis dirinya sendiri. Ada kebiasaan bagus yang menjadikannya produktif tapi juga ada kebiasaan jelek yang malah akan membunuh produktivitas.

Kebiasaan jelek apa sajakah yang akan membunuh kreativitasmu di kantor? Berikut adalah kebiasaan jelek yang harus kamu hindari jika ingin tetap produktif di kantor:

1.     Tidak berani mengatakan “Tidak”

Hindari 5 Kebiasaan Jelek ini yang akan Membunuh Produktivitasmu di Kantor
via pixabay.com

Ketika kamu mengerjakan pekerjaanmu, kalau ada rekan kerjamu yang memintamu untuk membantunya mengerjakan pekerjaannya dan kamu selalu mengatakan “Iya”. Padahal ada saatnya pekerjaanmu benar-benar sedang menumpuk. Mungkin kamu enggak bisa atau enggak enak hati untuk menolak. Sehingga kamu berpikir adalah hal yang wajar untuk selalu membantu orang lain.

Tapi hal ini enggak bagus untukmu. Tentunya kamu enggak bisa selalu menyetujui semua permintaan mereka karena hal tersebut akan mengganggumu dalam mengerjakan tugas-tugasmu. Di saat kamu sudah selesai mengerjakan tugasmu maka kamu bisa menawarkan bantun kepadanya. Kita enggak bisa selalu menyenangkan semua orang. Oleh karena itu belajarlah untuk mengatakan “Tidak.

2.     Multitasking

Hindari 5 Kebiasaan Jelek ini yang akan Membunuh Produktivitasmu di Kantor
pixabay.com

Mungkin atasanmu memberikan tanggungjawab besar untuk menyelesaikan banyaknya pekerjaan setiap hari. Tentunya kamu ingin sekali menyelesaikannya dengan cepat agar kamu bisa menarik nafas lega. Namun apa daya jika sehari hanya ada 24 jam dan kamu enggak bisa menyelesaikannya secepat kilat.

Biasanya orang kemudian akan melakukan Multitasking atau melakukan semuanya dalam waktu yang bersamaan. Jika itu adalah strategi yang kamu pilih, maka kamu salah.

Multitasking hanya akan memperlambat dirimu menyelesaikan setiap pekerjaan. Selain itu kamu juga cenderung akan menjadi kurang teliti dalam mengerjakan setiap tugasnya. Untuk menyiasati pekerjaan yang menumpuk maka kamu harus belajar teknik Pomodoro atau trik lainnya agar tetap produktif.

3.     Melirik gawai

Hindari 5 Kebiasaan Jelek ini yang akan Membunuh Produktivitasmu di Kantor
via pixabay.com

Smartphone jaman sekarang mempunyai banyak kelebihan. Salah satu yang paling terasa manfaatnya adalah dapat mempermudah pekerjaan. Namun tentu saja semua hal mempunyai sisi kekurangannya juga. Ketika kamu menaruh smartphone-mu di atas meja kerja, kamu akan selalu tertarik untuk melirik untuk sekedar melirik setiap notifikasi pesan atau media sosial yang muncul.

Banyak cara dapat kamu lakukan agar enggak mengganggu proses kerjamu dan rekan kerjamu. Kamu bisa menonaktifkan notifikasi suara dan getar dari smartphone-mu dan menaruhnya di laci meja kerjamu.

4.     Melewatkan sarapan dan makan siang

Hindari 5 Kebiasaan Jelek ini yang akan Membunuh Produktivitasmu di Kantor
via pixabay.com

Tubuhmu memiliki kebutuhan asupan yang bergizi untuk menghasilkan energi untuk bergerak dan berpikir. Namun ketika kamu terlalu sibuk mengejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, kamu akan melupakan kebutuhan tubuhmu untuk menyantap sarapan dan makan siangmu.

Hal ini justru akan menurunkan tingkat produktivitasmu karena kamu enggak mempunyai energi untuk bergerak maupun berpikir. Ingatkan dirimu untuk selalu meluangkan waktu untuk kepentinganmu sendiri, terutama untuk menyantap sarapan di pagi hari dan makan siang.

Kedua asupan ini sangat penting agar kamu bisa tetap berkonsentrasi dalam mengerjakan tugasmu dan juga tetap produktif di kantor.

5.     Begadang dan telat bangun

Hindari 5 Kebiasaan Jelek ini yang akan Membunuh Produktivitasmu di Kantor
via pixabay.com

Jika kamu salah satu yang suka begadang di rumah maupun di kantor, kamu berisiko terhadap gangguan kesehatan yang bisa berdampak kepada produktivitasmu di pagi hari. Pola tidur yang enggak teratur, insomnia dan tidur terlalu malam ini juga dapat menyebabkan stres dan mengurangi kemampuan daya pikir dan kreativitasmu. Hal ini juga dapat menyebabkan kamu kurang tidur di malam hari dan telat pergi ke kantor karena telat bangun.

Agar kamu tetap produktif dan kreatif, buatlah jadwal waktu tidur dan waktu bangun agar membuatmu lebih teratur. Tidur yang cukup akan membuatmu bangun esok harinya dengan energi dan semangat untuk menjadi produktif.

Dari lima kebiasaan jelek di atas, mana kebiasaanmu tersebut yang harus kamu ubah?


 

Leave a Reply