10 Tips Cara Aman Menggunakan Kartu Debit

Sekarang ini banyak orang yang sudah menerapkan gaya hidup cashless. Mau pergi shopping atau hangin’ out dengan teman-teman tentunya enggak perlu membawa dompet tebal. Kamu cukup membawa uang plastik seperti e-Money, kartu kredit atau kartu debit.

Kartu debit adalah kartu yang paling banyak dimiliki orang untuk mempermudah transaksi. Jika kamu pengguna setia kartu debit, pastikan kamu mengetahui 10 tips aman menggunakan kartu debit berikut ini:

1.     Simpan di tempat yang Aman

10 Tips Cara Aman Menggunakan Kartu Debit
via pixabay.com

Simpan kartu debitmu di tempat yang aman. Jangan sampai terlipat atau tergores. Kalau rusak atau terlihat oleh pencopet, kamu juga yang akan menyesal.

2.     Rahasiakan

Kartu debit memiliki beberapa nomor yang harus dirahasiakan, yaitu:

  • Nomor Kartu di depan. Nomor ini adalah nomor identifikasi jenis kartu dan pemilik kartu.
  • CVV (Cardholder Verification Value) atau CVC (Card Verification Code) yaitu tiga angka yang ada di belakang kartu debitmu. Nomor ini adalah nomor otorisasi manual atau serupa dengan PINmu.
  • PIN (Personal Identification Number). Selalu ingat nomor ini dan rutin menggantinya setidaknya dua kali dalam setahun. Buat PIN dengan nomor unik yang enggak mudah ditebak.

3.     Awasi transaksi di mesin EDC

Jika kamu bertransaksi di restoran atau tempat perbelanjaan, pastikan kamu melihat langsung ketika proses pembayaran dilakukan oleh kasir. Perhatikan agar enggak terjadi double swipe di mesin EDC dan mesin kasir.

4.     Waspadai lokasi sekitar ATM

Sekarang banyak lokasi anjungan tunai mandiri yang tersedia di berbagai sarana publik seperti mall, mini market, pom bensin, drive through ATM dan lain sebagainya. Tentunya ini sangat mempermudah pengambilan uang ketika kita sedang membutuhkan uang tunai.

Selalu waspada dan perhatikan lingkungan sekitar ATM. Jika lokasinya tersembunyi dengan kondisi yang sepi atau kurang pencahayaan, lebih baik urungkan niat untuk mengambil uang. Jangan memberikan atau menerima bantuan dari orang asing yang mencurigakan.

Pastikan enggak ada orang di belakang maupun di sampingmu. Tutupi tombol dengan telapak tangan atau dompetmu ketika menekan tombol ATM. Setelah uang keluar dari mesin ATM segera masukkan ke dalam dompet dan ambil kartu ATM-mu.  Jangan menghitung uang di depan mesin ATM.

5.     Perhatikan kondisi mesin ATM

10 Tips Cara Aman Menggunakan Kartu Debit
via pixabay.com

Perhatikan dulu kondisi mesin ATM sebelum menggunakannya. Jika kamu menemukan kondisi yang mencurigakan langsung batalkan transaksi. Berikut adalah tanda-tanda mesin ATM yang patut dicurigai:

  • Kondisi ATM yang enggak memadai atau rusak,
  • Slot kartu yang lebih besar daripada biasanya dan goyah ketika digoyangkan
  • Kartumu sulit masuk ke dalam mesin atau macet ketika akan keluar,
  • Tombol ATM terasa longgar,

6.     Waspada belanja online

Kartu debit biasanya menjadi pilihan pembayaran untuk berbelanja online kalau enggak punya kartu kredit. Berbelanjalah di toko online yang terpercaya dan lihat apakah situs tersebut ter-enkripsi dengan baik. Kamu bisa melihatnya dari alamat “https” di depan alamat situs tersebut.

Sebelum melakukan belanja online, pastikan nomor HP kamu sudah terdaftar pada layanan notifikasi transaksi. Hal ini berguna untuk mendapatkan OTP (One Time Password) sebagai keamanan transaksi yang kamu lakukan.

Pastikan juga komputermu bebas dari malware, spyware, dan spam dengan memasang anti-virus dan atau meng-update anti-virusmu. Selain itu, sebaiknya kamu enggak belanja online dengan komputer di ruang publik yang dapat digunakan oleh siapa saja.

7.     Simpan bukti transaksi

Setiap penggunaan kartu debit biasanya ada struk atau bukti transaksi. Simpan bukti tersebut paling enggak sebulan dari tanggal transaksi sebagai acuan dalam pencatatan pengeluaran bulanan.

8.     Cek saldo secara teratur dan aktifkan layanan notifikasi dari Bank via HP

Periksa saldo di rekeningmu dengan rutin. Selain untuk mengontrol keuanganmu, juga untuk mencocokkan posisi keuangan setelah dan sebelum menggunakan kartu debit.

Kamu juga bisa lebih mudah mengontrol kartu debitmu jika mengaktifkan layanan notifikasi dari bank melalui HP. Bank akan mengirimkan SMS ke HP-mu untuk setiap transaksi perbankan (debit dan kredit) di rekeningmu.

9.     Blokir

Hafalkan atau masukkan nomor call service dari bank yang menerbitkan kartu debitmu ke dalam HPmu. Jika kartu debitmu hilang atau enggak bisa keluar dari mesin ATM, segera hubungi call service tersebut dan lakukan pemblokiran. Call service Bank Mandiri atau Mandiri Call adalah 14000. Jangan menghubungi nomor selain nomor tersebut.

10.    Ganti kartu

10 Tips Cara Aman Menggunakan Kartu Debit
via pexels.com

Jika kartu debit kamu sudah kadaluarsa, rusak, atau diblokir karena hilang, segera ganti kartu debitmu dengan mendatangi kantor cabang Bank yang terdekat. Kartu debit yang rusak atau kadaluarsa akan dimusnahkan oleh pihak bank sehingga enggak bisa digunakan kembali.

Kartu debit memang mempermudah transaksi, tapi selalu tetap waspada ya untuk menggunakannya. Apakah kamu punya tips aman lainnya untuk di share? Silahkan tuliskan tipsmu di kolom komentar di bawah ini ya.


 

Leave a Reply