7 Keahlian yang Wajib Dimiliki oleh Customer Service

Setiap perusahaan tentunya ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumennya. Salah satu hal wajib untuk melakukan hal ini adalah dengan memberikan Pelayanan Konsumen atau Customer Service (CS). Customer Service akan menjawab pertanyaan dan keluhan para pelanggan dengan ramah.

Namun jangan salah, dibalik keramahan tersebut, menjadi Customer Service memerlukan keahlian yang enggak main-main. Berikut adalah tujuh keahlian yang wajib dimiliki oleh Customer Service:

1.  Pengetahuan Produk yang baik

via publicdomainpictures.net

Customer Service adalah perwakilan dari perusahaan. Oleh karena itu seorang CS harus tahu betul tentang produk-produk perusahaan di tempatnya bekerja. Seperti informasi dasar produk, fitur, cara kerja, cara penggunaan yang baik dan benar, dan lainnya.

2.  Memiliki etika kerja

via staticflickr.com

Seorang customer service setiap harinya dihadapkan dengan banyaknya keluhan dan pertanyaan dari para pelanggan. Dengan etika kerja yang bagus, terutama dalam segi kehati-hatian dan ketelitian maka ia dapat memberikan memberikan informasi dan solusi yang sesuai dari permasalahan yang ada.

3.  Keahlian Komunikasi yang baik

via media.defense.gov

Ketika berhadapan dengan pelanggan yang menyampaikan keluhan, seorang Customer Service harus bisa berkomunikasi dengan jelas. Dengan komunikasi yang baik maka komunikasi akan menjadi efektif. Selain itu dapat membangun dan atau mempertahankan citra positif di mata pelanggan.

4.  Memiliki sifat yang positif

via publicdomainpictures.net

Setiap harinya, customer service dihadapkan dengan berbagai macam tipe pelanggan dengan berbagai keluhannya. Oleh karena itu seorang CS harus memiliki sifat-sifat yang positif seperti sabar, dapat mengendalikan emosi, humor, persuasif, jujur, kreatif, tutur bahasa yang baik dan positif dan bertanggungjawab.

5.  Percaya Diri

via wikimedia.org

Untuk membangun kepercayaan pelanggan, seorang customer service harus memiliki kepercayaan diri. Ini dapat dilihat dari cara berkomunikasi dengan pelanggan. Bahasa tubuh yang tepat juga diperlukan  untuk memberikan kesan positif bahwa apa yang disampaikan oleh pelanggan adalah penting.

6.  Dapat  mengendalikan emosi dan memotivasi diri sendiri

via army.mil

Customer Service yang memiliki sikap positif akan membuat pelanggan terbuka dengan CS dalam menjelaskan keluhannya. Tentunya enggak semua pelanggan akan memberikan keluhan dengan cara yang baik. Oleh karena itu customer service harus bisa mengendalikan emosinya dan memotivasi diri sendiri agar mereka tetap bisa melayani pelanggan dengan baik.

7.  Dapat mengerti psikologis orang lain

via wikimedia.org

Pelanggan yang datang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Pengetahuan akan psikologis orang lain akan menjadi nilai tambah bagi customer service. Dengan begitu CS dapat menunjukkan rasa empati dan menyesuaikan sikap yang pantas untuk diberikan kepada masing-masing pelanggan.

Nah, bisa dilihatkan kalau bekerja sebagai customer service yang menghadapi berbagai keluhan dari berbagai macam tipe pelanggan enggaklah mudah. Bagaimana menurutmu tentang profesi customer service ini?


 

Leave a Reply