Menyaksikan Jember Fashion Carnaval yang Fantastis

Indonesia adalah negara dengan seribu satu destinasi yang menakjubkan untuk dikunjungi dan beraneka ragam budaya yang dapat dililhat. Salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi adalah Kota Jember. Kota ini mempunyai satu acara keren yang sudah mendunia yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC).

Acara ini wajib kamu masukkan ke dalam jadwal wisatamu. Selain acaranya memukau, JFC juga lebih dekat daripada festival bertaraf internasional lain. Kamu pasti enggak nyesel!

Jember

Kota kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak hal yang dapat menjadi alasan untuk dipilih sebagai destinasi wisata pada musim libur tiba.

Jember mempunyai wisata alam yang luar biasa indah seperti Pantai Papuma, Teluk Love, Pantai Watuulo, Pantai  Malikan dan banyak lainnya. Selain itu, warisan seni budaya yang dimiliki juga sangat mempesona, seperti Pandalungan, Tari Lengger, Larung Sesaji dan masih banyak lainnya.

Dynand Fariz dan Jember Fashion Carnaval

Adalah Dynand Fariz, seorang perancang busana dan juga Presiden JFC dari Jember  yang mempunyai ide untuk membuat karnaval busana JFC setelah melakukan fashion week. Awalnya acara tersebut diadakan di rumah modenya dengan berkeliling desa dan alun-alun Kota Jember pada tahun 2001 dan 2002.

Walau banyak halangan dan tantangan yang harus dihadapi untuk menyelenggarakan JFC sebagai even besar bagi masyarakat Jember, namun ia berhasil melaluinya. Bahkan dia berhasil membawa nama Kota Jember di kenal secara nasional dan internasional.

Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval secara singkat adalah sebuah karnaval busana tematik yang diselenggarakan setiap tahun di Kota Jember sejak tahun 2003 sampai dengan sekarang.

Acara spektakuler yang selalu diadakan pada bulan Agustus ini adalah ajang dimana ada parade model yang mengenakan kostum unik dan spektakuler berjalan di jalan layaknya di sebuah panggung fashion runway. Bahkan beberapa model ada yang berjalan sambil menari.

Tema Jember Fashion Carnaval

Setiap tahunnya JFC mempunyai tema yang ditetapkan oleh penyelenggara yang mengikuti tren fashion dunia dengan memadukan unsur kesenian dan kebudayaan lokal. Tema-tema yang pernah diusung seperti Asia, Jawa, Anxiety dan Spirit of The World, The World Fashion Carnival, World Evolution, World Unity, World Treasure, dan sebagainya.

Jember Fashion Carnaval 2017

JFC yang akan diadakan mulai tanggal 9 – 13 Agustus 2017 mengusung tema besar yaitu ‘VICTORY’ dengan sub-tema: Srivijaya Empire, Bali, King of Papua, Mystical Toraja, Siger Crown Lampung, Borneo, Chronicle of Borobudur, Mythical Toraja, Worderful of Betawi dan Unity in Diversity. Tema ‘VICTORY’ tersebut diambil dari kesuksesan dan prestasi JFC yang sudah berjalan selama 14 tahun dan membuat Kota Jember dikenal di dunia.

Adapun prestasi yang JFC telah capai yaitu seperti: Best National Costume – Manhunt International 2011 di Korea Selatan, Best National Costume – Miss Universe 2014 di Miami Florida Amerika Serikat,  Best National Costume – Miss International 2014 di Tokyo – Jepang,  Best National Costume Miss Supranational 2014 di Warsawa – Polandia,  Best  National Costume Miss Grand International 2016 di Las Vegas Amerika Serikat, dan Best National Costume Miss Tourism International 2016 di Malaysia.

Nah, dari pada jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat karnaval, tunggu informasi selanjutnya untuk melihat karnaval ini di tahun 2018!


 

Leave a Reply