5 Tips Menjadi Street Smart Entrepreneur agar Sukses Berbisnis

Pendidikan bagi seorang entrepreneur tentunya sangat berguna, tapi hal ini enggak menjamin atau menentukan kesuksesannya. Entrepreneur yang sukses biasanya berhasil karena kecakapan dan pelajaran yang ia dapat dari pengalaman serta usaha yang telah dilakukannya.

Itu sebabnya banyak yang bilang kalau mau jadi pegawai yang sukses ya harus sekolah tinggi atau school smart. Sedangkan kalau mau jadi pebisnis yang sukses harus belajar sendiri atau julukannya street smart. 

Untuk menjadi street smart entrepreneur susah-susah gampang, tapi kamu pasti bisa melakukannya. Yuk baca aja 5 tips berikut.

1. Berani ambil resiko yang terukur

Street Smart Entrepreneur
via static.pexels.com

Berdasarkan definisinya, seorang entrepreneur adalah orang yang berani mengambil resiko dalam membangun dan mendanai perusahaan komersial untuk menghasilkan keuntungan. Mereka selalu mencari peluang baru dan kesempatan bisnis, mencari pelanggan baru, mengalirkan keuntungan dan terus-menerus berpikir kedepan.

Berbeda dengan sistem sekolah yang mengikuti kurikulum, seorang entrepreneur yang street smart bergerak mengikuti perkembangan dan tantangan yang ada. Karena dunia bisnis enggak punya aturan dan enggak bisa ditebak, mereka berani mengambil resiko. Namun mereka juga tahu caranya mengambil resiko yang terukur dengan kerja pintar.

2. Kerja pintar

via static.pexels.com

Setiap orang, apalagi kalau kamu entrepreneur, kamu harus kerja pintar. Agar bisa kerja pintar, tentu saja kamu perlu pintar dulu sebelum kerja. Caranya adalah dengan mengumpulkan info sebanyak-banyaknya tentang bisnismu. Pahami sungguh-sungguh kekuatan dan kelemahannya, lingkungan, pelanggan, dan apapun yang bisa mempengaruhi bisnismu.

Informasi-informasi semacam ini sangat berharga karena dapat memberikan pandangan yang jelas bagi seorang entrepreneur tentang lingkup bisnis yang dia kerjakan. Sebagai tambahan, terapkan juga mentalitas yang berorientasi pada perubahan dan fokus pada masa depan dengan rencana aksi yang dapat diterapkan.

Kalau ada entrepreneur yang bilang mereka suka bekerja keras, biasanya ini adalah alasan kalau mereka enggak bisa kerja pintar. Entrepreneur yang sukses adalah orang yang dapat bekerja dengan pintar, sehingga menghasilkan prestasi yang dapat dibanggakan.

3. Tingkatkan presentasimu

via maxpixel.freegreatpicture.com

Kalau kamu ingin memengaruhi atau membuat seseorang mau berkomitmen pada tawaranmu, kamu harus mulai mengasah keahlian presentasimu. Bukan saja presentasi penawaran bisnismu, tapi juga presentasi dirimu, bisnismu, dan apapun yang diasosiasikan dengan bisnismu. Intinya, kamu dan timmu harus tampil menjual, bahkan ketika baru bertemu klien atau pelanggan.

Presentasi yang baik membutuhkan empat langkah yaitu persiapan, latihan, penyampaian, dan menjual. Selalu lakukan tiap langkah ini ketika berinteraksi dengan mitramu, anggota timmu, dan pelanggan atau pun calon klien. Baik dari segi penampilan, pemilihan kata-kata dan lain sebagainya.

4. Punya people skill yang bagus

Street Smart Entrepreneur
via staticflickr.com

Orang berbisnis dengan orang lain, bukan dengan perusahaan. Namun sebagai representatif suatu perusahaan, asahlah kemampuanmu untuk berbincang yang lebih dari sekedar basa-basi. Kalau kamu ramah, menyenangkan, dan terbuka, orang akan senang ngobrol denganmu. Kalau kamu enggak suka ngobrol sama orang atau introvert, kamu harus terus melatih keahlian ini sampai akhirnya terbiasa.

5. Perhatikan detil bisnismu

via pexels.com

Umumnya entrepreneur adalah orang yang enggak suka dikekang dengan peraturan. Biasanya mereka juga enggak suka hal-hal detil dan membosankan. Padahal kedisiplinan dan kesabaran untuk hal-hal detil dalam bisnis seperti pengelolaan keuangan dan pengelolaan waktu sangat penting bagi seorang entrepreneur.

Kita hidup di dunia yang menggunakan sistem untuk menjalankan segala sesuatunya. Kalau kamu mau sukses, kamu harus mengerti bagaimana cara kerja sistem tersebut. Kalau perlu, kamu harus mencari mitra yang handal dalam menangani hal-hal semacam ini.

Menurutmu mana yang lebih penting, school smart atau street smart? Tulis opinimu di kolom komentar di bawah ini ya.


 

Leave a Reply