7 Tips Liburan di Bali Saat Nyepi

Nyepi adalah cara umat Hindu di Bali merayakan Tahun Baru Saka. Dalam kalender Masehi, biasanya perayaan ini jatuh pada bulan Maret.

Hari raya Nyepi dinamakan hari kesunyian di mana semua aktivitas keseharian dihentikan selama satu hari penuh alias 24 jam. Tempat-tempat usaha tutup, bandara berhenti beroperasi, api dan lampu tidak boleh dinyalakan, serta tidak ada seorang pun yang boleh keluar rumah.

Bagaimana kalau kamu sedang berada di Bali dan ingin menikmati liburan? Tenang saja, kamu bisa mengikuti tips liburan di Bali saat Nyepi di bawah ini:

1. Berburu Diskon

Tips Liburan di Bali Saat Nyepi
via inbali.org

Banyak hotel dan agen wisata menawarkan diskon dan promosi saat Nyepi. Kamu bisa menikmati paket spa dan perawatan yang memang dikhususkan bagi mereka yang mencari ketenangan selama Nyepi. Daripada bete, kamu bisa asik bersantai dan pijat dengan harga miring.

2. Datang Sebelum Nyepi

Sebelum puncak perayaan di hari Nyepi, ada banyak festival perayaan yang diadakan di Bali. Sampai akhirnya berujung pada perayaan dimana semua aktivitas dihentikan. Festival-festival ini sangat meriah, penuh warna dan layak untuk disaksikan.

Satu hari sebelum Nyepi, akan ada perayaan Tawur Agung Kesanga atau hari pengorbanan yang dirayakan besar-besaran di pusat-pusat kota di seluruh pulau. Penduduk Bali yang berpakaian adat lengkap akan membawa persembahan untuk diberikan kepada ogoh-ogoh, yaitu patung iblis berukuran besar. Upacara diikuti dengan Ngrupuk, dimana ogoh-ogoh akan dibawa berkeliling dengan parade diiringi musik gamelan untuk menakuti iblis.

3. Pergi ke Pulau Sekitar

Beberapa pulau di sekitar Bali berpenduduk mayoritas Islam, seperti Lombok, Gili Air, Gili Trawangan dan Gili Meno. Kamu bisa pergi sebelum Nyepi ke pulau-pulau ini dengan pesawat atau kapal feri sebelum akses ditutup.

Sebuah desa di Kabupaten Karangasem juga tidak merayakan Nyepi, yaitu desa Tenganan. Mereka adalah suku Bali Aga yang tidak merayakan Nyepi karena tidak memiliki pengaruh Majapahit. Kalau kamu tidak sempat keluar pulau, mungkin Desa Tenganan bisa menjadi pilihan.

4. Rencanakan Transportasi

via dailymail.co.uk

Bandara tidak akan menerima pesawat keluar, kecuali pesawat masuk saat Nyepi. Kalau kamu mendapatkan penerbangan pada hari Nyepi, pastikan bahwa penerbanganmu tetap diadakan. Semua transportasi lain seperti pelabuhan juga ditutup. Saat di dalam hotel, kamu boleh beraktivitas seperti biasa namun tidak boleh berkeliaran di luar kawasan hotel. Sebagai langkah jaga-jaga, pastikan kamu memiliki nomor darurat.

 

5. Persiapkan Kebutuhanmu

Saat Nyepi semua aktivitas dihentikan toko-toko tutup dan lampu harus dimatikan pada malam hari. Pastikan kamu memiliki persediaan kebutuhan agar tidak kerepotan.

Beli persediaan makanan sebelum Nyepi. Isi penuh baterai smartphone-mu agar saat malam kamu tidak kehilangan sarana komunikasi. Persiapkan persediaan obat-obatan terutama bila kamu punya kebutuhan medis khusus. Walaupun hotel biasanya masih menyiapkan fasilitas makanan yang tidak perlu dimasak seperti sandwich dan obat-obatan, tidak ada salahnya untuk siap sedia.

 

6. Patuhi Adat

via keepo.me

Patuhi dan hormati adat setempat selama Nyepi. Jangan membuat suara-suara yang bisa terdengar dari kawasan tempat tinggalmu. Kalau kamu membawa binatang peliharaan, amankan di dalam. Kamu boleh pergi ke teras depan tapi jangan ke jalanan. Jangan memasak makanan dengan aroma kuat. Kalau kamu berada di rumah, tutup semua jendela agar sinar lampu tidak terlihat.

 

7. Ikut Bermeditasi

Mumpung kamu sedang di Bali saat Nyepi, kenapa tidak menerima keadaan dan memanfaatkannya untuk istirahat sejenak dari keriuhan hidup. Lakukan meditasi atau cara apapun yang kamu percayai. Kamu juga bisa memanfaatkan momen Nyepi untuk melakukan digital detox. Keadaan yang hening dan tenang bisa kamu manfaatkan untuk merenungkan hal-hal yang pantas kamu renungkan.


 

Leave a Reply