5 Jenis Investasi dengan Risiko Rendah

Banyak calon investor khususnya investor pemula yang enggak terlalu memahami risiko dari jenis investasi yang akan dipilihnya. Padahal dalam merencanakan keuangan tentu saja risiko adalah hal pertama yang perlu dipelajari.

Ada yang berisiko tinggi, menengah maupun juga rendah. Kalau belum terlalu “ngelotok” masalah investasi, sebaiknya kamu memilih investasi dengan risiko rendah yang biasanya masuk ke dalam kategori investasi jangka pendek. Berikut adalah jenis investasi dengan risiko rendah yang bisa kamu pertimbangkan:

1.     Barang Antik

5 Jenis Investasi dengan Risiko Rendah
Kamera tua via pixabay.com

Apabila kamu adalah salah satu orang yang suka dengan barang antik seperti kendaraan tua, kamera, furnitur, perabotan rumah tangga, perangko atau mata uang, kamu bisa berinvestasi di dalamnya.

Biasanya barang antik dikoleksi untuk memenuhi kepuasan seseorang dan akan disimpan bertahun-tahun lamanya. Semakin lama keberadaannya maka semakin jarang pula ditemui di pasaran sehingga harganya semakin mahal.

Tentunya berinvestasi barang antik, membutuhkan passion dan kepuasan tersendiri. Kalau kamu berinvestasi pada barang yang kamu sukai maka kamu akan lebih teliti dan mengetahui banyak hal mengenai barang tersebut. Dari keaslian barang, desain, fitur, kondisi barang, sejarah, nilai dan lain sebagainya.

2.     Karya Seni

5 Jenis Investasi dengan Risiko Rendah
Monalisa karya leonardo Da Vinci mempunyai nilai ekonomis yang luar biasa via pixabay.com

Investasi pada karya seni hampir sama dengan investasi barang antik. Berinvestasi karya seni enggak hanya mempunyai sesuatu yang bernilai ekonomis, namun karya seni juga dapat dilihat dari sejarah, usia, keunikan,  desain, fitur dan lainnya. Tentunya untuk menjaga kondisinya agar enggak termakan waktu, ada biaya pemeliharaan yang harus dikeluarkan.

Kerugian yang dapat dihadapi adalah kerusakan permanen sehingga enggak memiliki nilai ekonomis lagi. Namun kelebihannya, nilai karya seni enggak terpengaruh oleh pasar modal. Semakin lama usianya maka nilai suatu karya seni pun akan bertambah mahal.

3.     Emas

5 Jenis Investasi dengan Risiko Rendah
Perhiasan emas bisa menjadi salah satu investasimu via pixabay.com

Emas adalah salah satu investasi yang paling banyak diminati. Selain memiliki nilai yang sangat tinggi banyak orang memilih investasi emas karena enggak serumit investasi lain seperti forex. Emas juga sangat liquid, yang artinya dapat diuangkan kapanpun kamu memerlukan dana.

Kamu bisa berinvestasi emas dalam bentuk batangan, perhiasan, atau koin. Selain itu emas enggak akan termakan oleh waktu dan enggak memerlukan perawatan khusus. Keuntungan lainnya adalah berapapun jumlah dan berat emas yang dimiliki enggak akan terkena pajak. Hal ini tercantum pada keputusan DirJen Pajak Nomor 15/Pj/2011.

4.     Reksa Dana Pasar Uang

5 Jenis Investasi dengan Risiko Rendah
Tipe Reksa Dana Pasar Uang via pixabay.com

Reksa Dana Pasar Uang adalah investasi yang mempunyai tingkat risiko lebih rendah dibandingkan dengan produk Reksa Dana lainnya. Dengan bermodalkan mulai dari Rp 100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi ke dalam ragam instrumen pasar uang yang dikelola oleh Manajer Investasi.

Investasi ini mempunyai jangka waktu yang fleksibel atau kurang dari satu tahun dan dapat diambil kapan saja tanpa dikenakan denda. Namun investasi ini enggak bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Kamu bisa membeli Sertifikat Bank Indonesia, Deposito Berjangka, Surat Berharga Pasar Uang, Obligasi yang jatuh temponya kurang dari 1 (satu) tahun, Sertifikat Deposito (Negotiable Certificates of Deposit), Surat Berharga Komersial (Commercial Paper), Surat Pengakuan Hutang, dan instrumen lainnya.

Investasi ini bukan objek pajak jadi enggak dikenakan pajak dan bebas biaya (langganan maupun penukaran). Sehingga return yang dihasilkan bisa lebih besar dan optimal dibandingkan dengan deposito.  Investasi ini juga dapat dibeli melalui platform digital yang dapat mempermudah investor dalam berinvestasi.

Risiko yang perlu dipertimbangkan adalah enggak ada jaminan dari pemerintah. Nilai return-nya juga enggak pasti dan ada potensi kehilangan/kerugian pada perputaran uang di dunia pasar uang.

5.     Asuransi-Investasi

5 Jenis Investasi dengan Risiko Rendah
Asuransi Investasi via pixabay.com

Asuransi adalah sebuah program yang diambil untuk menjamin kebutuhan perlindungan seperti perlindungan kesehatan, kematian dan juga pendidikan.  Produk asuransi yang dikombinasikan dengan produk investasi adalah jenis investasi dengan risiko rendah dan mempunyai banyak manfaat.

Jenis asuransi ini lebih mahal dari produk asuransi biasa seperti ‘tabungan’ namun, kamu enggak perlu repot untuk mengurus investasi. Kamu cukup membayar 1 (satu) premi saja untuk asuransi dan investasi. Kamu juga akan mendapatkan dua keuntungan yaitu jaminan perlindungan dan juga keuntungan dari investasi yang diikuti.

Setiap investasi mempunyai risiko. Namun apabila kamu ingin belajar berinvestasi, mulai belajar dengan mengambil investasi dengan modal yang kecil dan risiko yang kecil terlebih dahulu. Apakah kamu mempunyai investasi selain tabungan?


 

Leave a Reply