7 Tips Transaksi Perbankan yang Aman saat Traveling ke Luar Negeri

Impianmu untuk jalan-jalan ke manca negara akan segera terwujud? Wih, pastinya gak sabar untuk kulineran, berbelanja dan memenuhi Instagram-mu dengan foto-foto hasil jepretanmu. Tapi sebelum pergi tentunya kamu harus tahu kalau transaksi perbankan di luar negeri berbeda dan memiliki risiko yang lebih besar dibanding di negara sendiri.

Seperti ketika kamu melakukan transaksi pembelian di tempat-tempat perbelanjaan ternama, ngopi-ngopi cantik di kafe atau restoran yang unik, dan mengambil uang di ATM ketika uang tunaimu menipis. Biar enggak rugi dan tetap aman, baca 5 tips transaksi perbankan yang aman berikut ini.

1. Minimalisir biaya transaksi luar negeri

tips keamanan transaksi perbankan saat traveling ke luar negeri
via pexels.com

Saat bepergian ke luar negeri, hal terpenting yang perlu diperhatikan traveler saat ingin melakukan transaksi finansial adalah nilai kurs atau nilai tukar mata uang. Money changer dan tempat penukaran mata uang bukanlah pilihan terbaik karena nilai tukar yang diberikan kepadamu buruk sekali.

Beberapa bahkan masuk dalam kategori penipuan. Oleh sebab itu traveler yang smart akan lebih memilih melakukan transaksi keuangan secara perbankan. Cara teraman yang juga memberikan nilai tukar terbaik adalah dengan kartu kredit. Cara terbaik ke dua adalah menggunakan kartu debit karena nilai tukarnya kompetitif.

Biasanya bank akan mengenakan biaya saat menggunakan layanan transaksi di luar negeri. Jumlahnya tentu lebih besar dari biaya ketika kamu di negaramu sendiri. Periksa berapa biaya yang dikenakan oleh bank yang kamu gunakan.

2. Gunakan kartu kredit yang tepat

via pixabay.com

Kalau kamu belum memiliki kartu kredit atau berniat untuk membuat kartu kredit yang menguntungkanmu saat traveling, pastikan kamu mendapatkan penawaran terbaik. Banyak kartu kredit membidik kalangan yang suka travel dengan berbagai penawaran spesial untuk traveling seperti asuransi perjalanan (Kehilangan barang, pencurian, kesehatan, kendaraan rental, dan lain sebagainya).

Belum lagi berbagai diskon dan promosi seperti tiket penerbangan gratis, diskon hotel, reward berdasarkan mileage dan banyak lagi. Namun, harap diingat bahwa enggak semua tempat menerima kartu kredit. Kalau kamu bepergian ke hutan Amazon sepertinya kartu kredit enggak akan berguna ya?

3. Awasi kartu kreditmu

via maxpixel.freegreatpicture.com

Walaupun terbilang paling aman sebagai alat keuangan untuk dipakai di luar negeri, namun pastikan kamu tetap awas. Terutama ketika menggunakannya di tempat makan dan hiburan. Jangan biarkan kartumu digesek dua kali. Kalau mesin kartu kreditnya enggak dekat denganmu, mintalah untuk ikut mengawasi saat kartumu diproses untuk menghindari penipuan skimming kartu.

4. Gunakan kartu debit yang tepat

via pixabay.com

Mengambil uang di mesin ATM menggunakan kartu debit adalah pilihan ternyaman dan paling menguntungkan setelah kartu kredit. Selain lebih fleksibel karena mesin ATM mudah ditemui, nilai tukarnya juga kompetitif dibandingkan dengan kartu kredit.

Kamu tinggal memasukkan kartu debitmu ke mesin ATM setempat dan uang yang kamu dapatkan sudah disesuaikan dengan kurs saat itu. Namun bukan berarti kamu bisa dengan santai menggunakan kartu debitmu. Biasanya bank akan mengenakan biaya saat menggunakan layanan transaksi luar negeri.

Jumlah biaya yang dikenakan tentu lebih besar dari biaya ketika kamu di negaramu sendiri. Usahakan untuk membuat anggaran dan waktu untuk mengambil uang. Jadi kamu enggak usah bolak-bolak mengambil uang dan biaya transaksimu jadi membengkak.

Cara terbaik tentu dengan mengambil kartu debit yang memberikan biaya layanan transaksi luar negeri sebesar 0%. Seperti sudah dijelaskan di atas, biaya transaksi walaupun dirasa masih terjangkau, tapi lama-lama akan memberatkan juga.

5. Buat 3 rekening

via staticflickr.com

Penipuan keuangan secara internasional adalah bahaya nyata yang perlu dicermati. Sudah banyak cerita horor tentang rekening yang tiba-tiba kosong karena penipuan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memiliki 3 rekening bank saat traveling untuk menghindari kemungkinan terburuk kamu berada di luar negeri dan semua uangmu hilang.

Rekening pertama kamu gunakan untuk kebutuhan pribadi seperti membayar tagihan di luar kebutuhan travel. Namun rekening ini juga dapat kamu gunakan sebagai cadangan kalau rekening dana travelmu terkena masalah. Kartu debit untuk rekening ini harus tersimpan aman di penginapanmu.

Rekening ke dua adalah untuk dana travelingmu. Termasuk untuk mengambil uang di mesin ATM saat kamu sedang berjalan-jalan. Jangan menaruh uang terlalu banyak di rekening ini. Kalaupun terjadi hal yang enggak diinginkan, kerugianmu terminimalisir dan kamu masih bisa meneruskan traveling-mu.

Rekening ke tiga adalah rekening tabungan travel dimana semua sisa dana traveling-mu disimpan. Rekening ini enggak memiliki kartu debit sehingga enggak mungkin dicuri. Kalau rekening lainnya sudah menipis, kamu bisa mentransfer uang secara online. Rekening ini juga terkoneksi dengan rekening lain yang bukan dibuat untuk travel sebagai pengamanan ekstra.

6. Sebisa mungkin hindari memakai komputer umum

via pixabay.com

Di seluruh dunia kini bisa ditemukan komputer yang terhubung di internet dan mudah diakses oleh siapa saja. Baik di hotel, cafe, warung internet, sampai komputer di ruang publik yang memang disediakan untuk orang banyak. Sangat mudah bagi para peretas dan pelaku penipuan untuk memasang alat yang bisa mengambil data keuanganmu. Kalaupun kamu harus menggunakan komputer umum, pastikan untuk menggunakan keamanan tambahan seperti OTP.

7. Hubungi Bank-mu sebelum pergi

via staticflickr.com

Sebelum berangkat, hubungi bank atau lembaga keuangan yang mengeluarkan kartu kreditmu mengenai rencana travel-mu, baik tanggal maupun destinasinya. Hal ini akan memudahkan mereka untuk mengawasi apabila ada aktifitas mencurigakan pada rekening dan kartumu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi untuk akses kartu di tempat tujuan wisatamu. Jangan sampai kamu sudah di tujuan dan enggak ada kartumu yang bisa dipakai.

Nah, sekarang kamu sudah siap untuk jalan-jalan dan menikmati liburanmu. Selamat berlibur!


 

Leave a Reply