5 Keuntungan Menjadi “Anak Baru” di Kantor

Bekerja sebagai karyawan baru itu membuat perasaan campur aduk. Antara senang karena diterima kerja tapi juga takut karena lingkungan baru dan orang-orang baru. Jika kamu takut, coba pikirkan dari segi positifnya yaitu keuntungan yang bisa kamu ambil ketika kamu menjadi anak baru di kantor. Berikut adalah lima keuntungan tersebut.

1.     Peluang untuk belajar

via pixabay.com

Masuk ke kantor baru sebagai karyawan baru tentunya akan menimbulkan sensasi tersendiri. Kamu mungkin akan sedikit canggung untuk memulai percakapan atau bingung dalam melakukan sesuatu yang diminta atasan. Hal ini dialami oleh siapa saja yang pernah menjadi “anak baru” di kantor.

Ini adalah kesempatan bagus untuk belajar banyak hal. Dimulai belajar berkomunikasi dengan jelas, belajar bagaimana menempatkan diri di lingkungan yang baru, belajar membuat keputusan, belajar dari contoh kerja orang-orang yang profesional di sekitarmu, dan belajar memecahkan masalah dari kasus-kasus dalam proses bekerja.

 

2.     Kesempatan “Menjual diri”

via pixabay.com

Menjadi karyawan baru selain memiliki kesempatan untuk belajar banyak hal juga memiliki kesempatan untuk “menjual diri”. Salah satu contohnya, jika kamu memiliki suatu keahlian yang tidak dimiliki orang lain, kamu bisa menawarkan bantuan untuk membantu rekan kerja dengan keahlianmu tersebut. Hal ini akan membuatmu terkenal di kalangan rekan sekantor dan atasanmu.

Atau jika kamu memiliki saran atau ide yang menarik, jangan sungkan untuk mengemukakannya, siapa tahu idemu yang akan digunakan. Jadi, jadikan kesempatan ini sebagai waktu untuk menunjukkan dirimu ke semua orang di kantor dan juga mengasah kemampuan yang kamu miliki.

 

3.     Perlihatkan “kekuatanmu”

via pixabay.com

Jika kamu adalah tipe orang yang ramah dan terorganisir, di hari-hari awal kamu bisa menunjukkan “kekuatan”mu tersebut. Dengan mudah bergaul dan bersosialisasi dengan rekan sekerja di waktu senggang tapi tetap mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu akan memberi nilai tambah ke atasanmu.

 

4.     Gali potensimu

via pixabay.com

Di awal masuk, tentunya kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai bidang atau departemen. Jangan sungkan untuk bertanya akan apa yang menurutmu menarik untuk dipelajari. Kadang kita enggak mengetahui potensi apa yang ada di diri kita sebelum mempelajarinya. Dengan berpikir out of the box atau keluar dari zona nyaman, kita bisa melihat potensi yang ada di diri kita.

 

5.     Buat Networking yang luas

via pixabay.com

Tentunya sebagai anak baru, enggak banyak orang yang akan langsung menanyakan kontribusimu untuk urusan pekerjaan. Selain itu duduk di dalam cubicle mungkin bisa membuatmu merasa terasing. Apalagi metode komunikasi yang banyak digunakan adalah melalui email dan telepon. Ini adalah kesempatan yang baik untuk membuat jaringan yang luas.

Jika kamu main-main ke departemen lain untuk mengenal orang yang selama ini di ujung teleponmu atau hanya kamu kenal melalui email saja. Dengan bertemu langsung maka kamu bisa membangun networking yang lebih solid dibandingkan hanya melalui telepon dan email.

Apakah kamu memiliki keuntungan lainnya sebagai “anak baru” di kantor? Beri tahu kami ya?


 

Leave a Reply