7 Superfood Asli Indonesia yang Berkhasiat Tinggi bagi Kesehatan

Banyak orang yang mementingkan kesehatan mengkonsumsi makanan trendy seperti kale dan gojiberry. Makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga diberi julukan superfood. Sayangnya, kebanyakan dari makanan ini harus diimpor dan harganya mahal. Tapi jangan sedih, ternyata ada juga loh superfood asli Indonesia.

Yuk berburu superfood asli Indonesia yang murah, mudah, meriah berikut ini!

1. Manggis

via pixabay.com

Manggis yang dengan gampang dapat dibeli di Indonesia ini ternyata memiliki banyak kandungan ajaib. Seperti senyawa xanthone yang dapat melawan kanker dan peradangan, serta memerangi berbagai penyakit kardiovaskular.

Selain itu buah manggis juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, serta kerusakan fisik dan mental. Manggis juga mengandung antioksidan catechin yang ditemukan dalam teh hijau dan kandungan vitamin C nya cukup tinggi.

 

2. Tauge

via pxhere.com

Tumbuhan kacang-kacangan yang tumbuh menjadi kecambah seperti tauge memiliki nutrisi yang berlipat ganda. Umumnya kaya akan vitamin B, tinggi mineral seperti kalium, zat besi, dan kalsium, serta mengandung protein.

Tauge juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dalam kacang karena terikat oleh asam fitat. Selain itu tauge merupakan sumber riboflavin, asam pantotenat, vitamin B6, thiamin, dan niacin serta vitamin C yang cukup tinggi.

 

3. Kubis

via pixabay.com

Kubis yang sering kita makan dan enggak terlalu diperdulikan ini ternyata salah satu superfood! Sayuran ini mengandung zat yang meningkatkan kekebalan tubuh, detoks alami, serta mencegah berkembangnya penyakit jantung dan kanker.

 

4. Salak

via pixabay.com

Dinamakan juga snake fruit, salak kaya kalsium, flavonoid, vitamin C, saponin, dan tanin. Zat-zat ini enggak saja baik untuk kesehatan tubuh, namun juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

 

5. Wijen

via pixabay.com

Pernah dengar chia seed yang populer sebagai superfood di majalah-majalah terkenal mancanegara? Jangan salah, biji wijen enggak kalah dengan biji chia yang sedang naik daun tersebut.

Wijen mampu meningkatkan kadar antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat, kaya akan magnesium, dan mineral yang sangat penting untuk otot, saraf, dan fungsi kekebalan tubuh, kesehatan jantung, tekanan darah, dan gula darah. Bahkan wijen mampu meningkatkan kesehatan tulang.

 

6. Buncis

via pixabay.com

Buncis adalah sumber karbohidratdan, protein nabati, mineral dan antioksidan yang sangat baik. Jadi kalau kamu sedang diet atau alergi gluten, buncis sangat baik untukmu. Quinoa yang didengung-dengungkan sebagai makanan ajaib nutrisinya setara dengan buncis.

Setengah cangkir quinoa yang dimasak mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, 2,5 gram serat, dan 4 gram protein, sedangkan dengan jumlah yang sama, buncis memiliki 17 gram karbohidrat, 5 gram serat, dan 5 gram protein.

 

7. Ubi

via pixabay.com

Baik ubi ungu maupun sama-sama merupakan superfood yang baik untuk tubuh. Ubi kuning memiliki kandungan Vitamin A sebanyak lebih dari 450% dari dosis yang kamu perlukan dalam sehari. Sedangkan ubi ungu merupakan suplemen anti penuaan yang ampuh.

Ubi ungu memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin C di dalamnya tidak mudah rusak karena panas, sebab vitaminnya terlindung oleh pati dan zat tepung dalam ubi ungu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen.

Ubi ungu juga mengandung mangan, asam pantotenat, vitamin B6, potasium, serat pangan, niacin, vitamin B1, vitamin B dan fosfor. Antosianin yang terdapat pada kulit ubi ungu juga baik untuk menurunkan kadar gula darah pasien diabetes.

 

8. Ciplukan

via wikimedia.org

Dikenal di luar negeri dengan nama yang enggak kalah imutnya yaitu pichuberry, buah ciplukan yang berwarna kuning dan berukuran kecil ini adalah superfood yang dapat ditemukan di Indonesia.

Ciplukan kaya akan vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit. Selain itu, ciplukan juga mengandung vitamin C dan B12. Penelitian membuktikan kalau ciplukan mampu mengurangi efek peradangan serta memiliki sifat anti-kanker.

 

9. Kelor

via wikimedia.org

Walaupun dunia enggak selebar daun kelor, namun ternyata daun kelor dibutuhkan dunia. Tanaman yang daunnya sudah terkenal dari dulu untuk melancarkan ASI ini di luar negeri ternyata terkenal sebagai suplemen makanan super dan bahan perawatan kecantikan.

Di India tanaman ini digunakan sebagai bahan ramuan obat untuk lebih dari 300 macam penyakit. WHO bahkan menyarankan daun kelor sebagai solusi gizi buruk pada balita dan anak di negara-negara berekonomi lemah. Hal ini karena daun kelor kaya akan fitonutrien, vitamin, dan dan antioksidan yang bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan mencegah inflamasi.

Kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin K, vitamin B kompleks, dan beragam mineral dalam kelor dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Minyak moringa yang terbuat dari ekstrak minyak pohon kelor bahkan mengandung kolagen empat kali lebih banyak daripada wortel.

 

10. Sukun 

via pxhere.com

Sukun di luar negeri lebih dikenal dengan nama breadfruit. Enggak heran karena sukun goreng yang biasa kita temukan di abang-abang gorengan ini memang rasanya sangat mengenyangkan dan gurih. satu buah berukuran besar bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat satu keluarga yang terdiri dari 5 orang.

Selain itu, sukun mengandung protein super yang jauh lebih baik daripada sumber protein nabati lain. Sukun diperkaya dengan serat, antioksidan, vitamin, kalsium, zat besi, potassium, dan mineral. Hebatnya lagi, sukun katanya dinominasikan sebagai sumber energi super di masa depan!

Nah, pastinya kamu familiar dengan superfood asli Indonesia di atas bukan? Dari daftar di atas, mana yang paling sering konsumsi? Yuk share komentar kamu di kolom di bawah ini.


 

Leave a Reply