7 Tips Membangun Tim yang Solid dan Efektif

Bekerja dalam tim tentu berbeda dengan bekerja sendiri. Selain terdapat berbagai keahlian juga terdapat berbagai karakter yang perlu dikelola bersama. Itu sebabnya diperlukan kerjasama antar anggota tim yang solid dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Tentunya ini adalah tantangan bagi setiap anggota tim termasuk kamu. Biar kamu bisa bekerja sama dengan baik dan membantu terbangunnya tim yang solid, baca 7 tips untuk membangun tim yang solid dan efektif berikut ini:

1.     Memiliki visi yang sama

via pixabay.com

Suatu misi tentunya akan berhasil jika orang-orang yang bekerja di dalamnya memiliki visi yang sama. Dengan menyamakan visi maka setiap orang akan termotivasi untuk memenuhi tujuan bersama tersebut. Dengan memiliki visi yang jelas maka strategi yang dipilih akan sesuai dengan kebutuhan.

 

2.     Saling memahami dan mendukung

via pixabay.com

Adanya berbagai karakter orang di dalam suatu tim dapat menimbulkan gesekan. Hal ini bisa dikarenakan perbedaan pendapat atau kepentingan. Tapi tentunya hal ini dapat diredam dengan adanya saling pengertian dan mencoba untuk memahami orang lain. Saling mendukung tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diantara anggota tim.

 

3.     Mendengarkan dan observasi

via pixabay.com

Akan sulit untuk memahami orang lain jika kita tidak mau mendengarkan dan melakukan observasi di sekeliling kita. Kunci untuk membuat tim yang solid adalah, kita harus siap mendengarkan masukan, kritikan dan juga keluh kesah orang lain. Selain itu dengan melakukan obervasi juga dapat membantu kita memahami keadaan sekitar kita.

 

4.     Bertanggungjawab terhadap peran masing-masing

via pixabay.com

Di dalam tim setiap orang memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Oleh karena itu setiap orang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan perannya dengan sebaik mungkin. Hargai peran dan tanggung jawab rekan kerja atau karyawanmu agar enggak terjadi konflik.

 

5.     Team building

via pixabay.com

Sebuah tim yang solid dan efektif harus dibangun dan enggak bisa timbul dengan sendirinya. Oleh karena itu harus diadakan aktivitas-aktivitas yang dapat membuat para anggota tim mengenal satu sama lain, menimbulkan rasa memiliki di setiap anggota tim, dan membuat network yang dapat meningkatkan performa tim.

 

6.     Evaluasi

via pixabay.com

Kegiatan evaluasi sangat penting. Hal ini dapat membantu atasan dan anggota tim mengetahui kelebihan dan kekurangan dari proses kerja yang sedang berlangsung. Hal ini juga bisa membantu para anggota tim melakukan brainstorming untuk memperlancar proses kerja selanjutnya.

 

7.     Merayakan keberhasilan bersama

via pixabay.com

Setiap keberhasilan yang didapatkan atas usaha bersama sudah sepatutnya dirayakan bersama-sama karena setiap anggota tim memiliki andil dalam keberhasilan tersebut. Perayaan dapat menjadi salah satu motivasi tim untuk melakukan lebih baik lagi kedepannya.

Tim yang berhasil adalah tim yang solida dan efektif. Apakah kamu memiliki tips lainnya untuk membentuk tim yang solid dan efektif?


 

Leave a Reply